Sponsors Link

Kenapa Orang Kristen Dilarang Makan Darah? Simak Jawabannya Disini!

Sponsors Link

Tradisi makanan yang mengandung darah saat ini masih banyak dikonsumsi orang Kristen. Padahal hal ini mengandung pro dan kontra. Namun tidak banyak umat Kristen yang mengetahui kenapa orang Kristen dilarang makan darah. Bahkan sebagian berpikir bahwa dalam Perjanjian Baru telah disebutkan bahwa tidak ada makanan haram dalam Kristen untuk dimakan oleh orang Kristen. Semua jika didoakan terlebih dahulu maka boleh dikonsumsi secara maksimal. Oleh sebab itu sebaiknya pahami informasi yang penting ini, simak berikut ini beberapa informasi berkaitan dengan kenapa orang Kristen dilarang makan darah. Simak jawabannya disini yang lebih jelas dan Alkitabiah.

Darah simbol nyawa

Ulangan 12:23 ” Tetapi jagalah baik-baik, supaya jangan engkau memakan darahnya, sebab darah ialah nyawa, maka janganlah engkau memakan nyawa bersama-sama dengan daging.”

Dalam ayat di atas disebutkan bahwa darah merupakan simbol dari nyawa. Sehingga secara tidak langsung jika makan darah maka sama halnya dengan melakukan pembunuhan terhadap nyawa yang hidup. Karena itu Allah tidak suka manusia mengonsumsi darah, supaya membantu menjauhkan dari macam-macam dosa menurut Alkitab yang tidak berkenan di hadapan Allah. Karena itu sangat penting mengutamakan Roh Kudus saat hendak memutuskan sesuatu, sebaiknya selalu utamakan manfaat berdoa bagi orang Kristen sebelum makan makanan yang disajikan.

Tidak diperkenankan pada Hukum Taurat di masa Perjanjian Lama

Imamat 7:26-27 “Demikian juga janganlah kamu memakan darah apapun di segala tempat kediamanmu, baik darah burung-burung ataupun darah hewan. Setiap orang yang memakan darah apapun, nyawa orang itu haruslah dilenyapkan dari antara bangsanya.”

Dalam ayat di atas juga dikatakan bahwa dalam masa Perjanjian Lama, jika ada yang makan darah maka Allah akan marah atau murka. Allah bisa melenyapkan orang yang tidak taat tersebut. Karena itu menghindari makan darah sebenarnya merupakan salah satu bentuk ketaatan secara tidak langsung. Terutama jika bicara pada masa Perjanjian Lama. Dimana umat Kristen sebisa mungkin tidak melanggar tujuan Hukum Taurat yang diberikan Tuhan untuk menciptakan kehidupan yang harmonis dan lebih baik.

Tidak baik untuk kesehatan

Selain dari yang disebutkan pada Alkitab, sebenarnya saja dalam ilmu kesehatan konsumsi darah juga kurang baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu ada baiknya berdoa dahulu jika memutuskan hendak konsumsi darah hewan. Misalnya dalam suatu perjamuan keluarga yang berhubungan dengan adat. Cara berdoa dalam Roh akan membantu menguduskan makanan yang akan dikonsumsi sehingga berkenan pada Allah dan tidak perlu melanggar ketetapan Allah atau berbuat dosa. Dengan demikian maka hidup kita tetap menyenangkan hati Allah.

Itulah beberapa informasi penting kenapa orang Kristen dilarang makan darah. Terutama jika masih berpegang pada ketetapan Tuhan pada Hukum Taurat dan melihat pada Perjanjian Lama. Memang makan darah pada dasarnya sudah bukan asal mula dosa menurut Alkitab. Tetapi sebaiknya minta hikmat dari karunia Roh Kudus apakah hal ini bisa dilakukan ataukah tidak. Sehingga hidup kita sebagai umat Kristen senantiasa menyenangkan hati Tuhan melalui perbuatan dan sikap yang benar dalam memilih di kehidupan sehari-hari.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kristen