Kisah Abraham Dan Sarah Berdasarkan Alkitab

√ Quality Checked Pass quality & checking

Abraham merupakan salah satutokoh penting dalam Agama Islam, Kristen, dan juga Yahudi. Di dalam Alkitab punAbraham cukup sering disebutkan. Setali tiga uang dengan Abraham, Sarah punjuga salah satu tokoh yang penting dalam Alkitab. Sosok Abraham dan Sarah sendirimemang masuk ke dalam tokoh yang bersejarah dari beberapa lintas agama.

Abraham yang dianggapsebagai bapak Rohani dari berbagai kelompok Yahudi dan Sarah sebagai istrinyayang shaleh membuat pasangan ini cukup dijadikan pedoman hidup para umat. Untukmengetahui seperti apa kisah hidup Abraham dan Sarah, berikut ulasannya.

1. Latar Belakang

Abraham sendiri bernama asliAbram yang berasal dari bahasa Ibrani. Arti nama Abram adalah “Bapa yangterpuji”. Didalam alkitab, tepatnya surat Kejadian 17-5 Abraham ditetapkan sebagaibapak besar untuk semua bangsa. Dia adalah adank dari Terah dan berasal dariUr-Kasdim. Saat itu, Abraham lahir ketika Terah berusia 130 tahun. BerdasarkanLegenda dari bangsa Yahudi, Abraham telah lahir ketika masa kekuasaan Nimrodatau Namrudz.

Sedangkan untuk Sarahmemiliki nama asli Sarai yang juga berasal dari bahasa Ibrani. Arti berdasarkanBahasa Ibrani adalah “Putri”. Untuk  asal-usul Sarah sendiri memang memilikibeberap versi. Contohnya, untuk versi Abraham, Sarah merupakan saudaranya namunbeda ibu. Hal itu dituliskan pada Surat Kejadian 20:12. Akan tetapi, di ayatlainnya seperti Kejadia 11:29, Sarah merupakan sosok yang mirip dengan Yiskayang merupakan anak dari Haran.

2. Keluar dari Ur Kasdim

Di dalam Alkitab telahdikisahkan bahwa Terah harus membawa beberaoa keluarganya seperti Abraham, Lot,dan juga Sarah dari Ur-Kasdim. Hal tersebut dilakukan karena Tuhanmemerintahkan mereka untuk pergi ke suatu “Negeri yang ditunjukan padamu”. PadaSurat Kejadian 11 31-32 dijelaskan bahwa nama tanah yang dijanjikan Tuhan ituadalah Harran yang letaknya ada di negara Turki bagian tenggara.

Saat Abraham sudah berusia75 tahun, mereka kembali pergi meninggalkan Harran dan menuju tempat yang jugaatas perintah Tuhan. Nama tempat tersebut adalah Kanaan. Akan tetapi, di sana telahterjadi paceklik yang cukup hebat, yakni bencana kelaparan. Oleh karena itu,Abraham, Sarah, dan rombongan lainnya mengungsi ke Mesir.

3. Singgah di Mesir

Di Mesir, kehidupan Abrahamdan Sarah cukup terlunta-lunta. Apalagi saat penggawa istana yang saat itudipimpin oleh Firaun mengetahui kecantikan Sarah membuat mereka cukup heboh. Sampaiakhirnya kabar tersebut sampai pada telinga Firaun.

Karena penasaran, Firaun memanggilSarah dan Abraham ke istananya. Saat itu Abraham memberitahukan ke sarah agardia mengaku sebagai saudaranya. Hal ini ditakutkan Sarah akan dibunuh apabilaFiaru tahu dia istrinya. Ketika mengetahui paras Sarah yang sangat cantik,Firaun pun berencana menikahinya, sedangkan Abraham diberikan harta yangbanyak.

Akan tetapi, pada saatFiraun terkena penyakit lumpuh. Karena kejadian tersebut Firaun pun mengetahuijika Sarah adalah Istri Abraham. Akhirnya Firaun pun mengembalikan kembali sarahpada Abraham dan mengusirnya  kembali keKanaan. Sebagai hadiah terakhir, Firaun memberikan budak seorang perempuan yangbernama Hagar. Semua kejadian Abraham dan Sarah di Mesir bisa dibaca pada suratKejadian 12:10-20.

4. Hagar dan Ismael

Sarah saat itu tidak bisamengandung anak, Sarah pun memberikan Hagar sebagai selir atau Istri Abraham.Oleh sebab itu, Abraham termasuk ke dalam tokoh Alkitab yangberpoligami. Sampai akhirnya Hagar hamil sehingga Hagar terlihat jauh lebihmulia dibandingkan Sarah. Hal itu memicu amarah Sarah. Akibatnya, dia menindasHagar sehingga dia melarikan diri.

Namun, ditengah pelariannya,Hagar didatangi oleh malaikat agar dia sebaiknya kembali sekaligus memberikanpenjelasan pada Abraham dan sarah tentang pesan Tuhan. Isi pesannya adalahTuhan akan memperbanyak keturunannya Abraham. Saat anak dari Hagar lahir, makaharus diberi nama Ismael. Ketika Abraham sudah berusia 86 Tahun, Ismael lahir. Berbagaikejadian antara Hahar, Ismael, Sarah dan Abraham bisa dibaca pada suratKejadian 16: 1-16.

Demikianlah kisah Abarahamdan Sarah berdasarkan Alkitab. Di dalam artikel ini kita bisa lihat seperti apakehidupan Abaraham dan Sarah semasa hidupnya. Untuk Anda yang masih penasarandengan Abraham dan Sarah, bisa dibaca artikel tentang Karakter Abarahamdalam Alkitab, alkitabtentang Abraham, keteladananAbraham, dan masih banyak lagi. Semoga Anda selalu diberikan kesehatanselalu.

fbWhatsappTwitterLinkedIn