Sponsors Link

Lahir Kembali Menurut Alkitab: Arti, Makna dan Pandangannya

Sponsors Link

Di dalam Kristen banyak dikenal konsep-konsep keagamaan. Diantaranya seperti konsep persepuluhan, cara menghitung persepuluhan hingga konsep lahir kembali. Tentu yang dimaksud lahir kembali di sini bukan reinkarnasi seperti yang ada pada agama Hindu dan Buddha. Memahami konsep lahir kembali tentu harus didasarkan pada pemahaman tentang Alkitab, agar apa yang kita pelajari tidak menjadi aliran sesat dalam agama Kristen. Lalu apa arti, makna dan pandangannya lahir kembali menurut Alkitab? Berikut adalah penjelasannya.

ads

Pengertian “Lahir Kembali” dalam Agama Kristen

Agama Hindu dan Buddha memandang kelahiran kembali atau reinkarnasi sebagai kejadian lahirnya individu setelah mati ke dalam wujud yang berbeda. Reinkarnasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia juga bisa berarti penjelmaan kembali ke dalam tubuh lain setelah mati. Berbeda dengan agama Hindu dan Buddha, agama Kristen menganggap kelahiran kembali sebagai memulai hidup yang baru. Kelahiran kembali adalah karya Roh Kudus, yang dengannya kita mengalami perubahan hati. Mungkin lebih cocok disebut “dilahirkan kembali dari atas” (Yohanes 3:7), “dibangunkan” (Efesus 2:1), “Kristus nyata di dalam kamu” (Galatia 4:19), “pembaharuan budi” (Roma 12:2), permandian” (Titus 3:5).

Bukti-bukti dari kelahiran kembali adalah pengakuan dosa, kesedihan dan pertobatan, iman, kasih dan mengabdi kepada Allah. Dalam kelahiran kembali kita terima dari Allah, sedangkan dalam pertobatan kita kembali kepada Allah. Orang perlu dilahirkan kembali supaya dosa-dosa mereka diampuni dan bisa terkoneksi kembali dengan Allah. Bagaimana cara untuk dapat dilahirkan kembali? Efesus 2:8-9 menjelaskan “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.”Seseorang yang telah “diselamatkan” artinya telah dilahirkan kembali, rohaninya diperbaharui, dan statusnya sudah menjadi anak Allah.

Ayat Alkitab Tentang Dilahirkan Kembali

Alkitab selain memuat ayat Alkitab tentang multikulturalisme, ayat Alkitab tentang kepura-puraan, ayat Alkitab tentang orang licik, juga memuat tentang dilahirkan kembali.

  1. Yohanes 3:7 : Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali.
  2. Efesus 2:1 : Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu.
  3. Galatia 4:19 : Hai anak-anakku, karena kamu aku menderita sakit bersalin lagi, sampai rupa Kristus menjadi nyata di dalam kamu.
  4. Roma 12:2 : Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.
  5. Titus 3:5 : Pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh pemandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus.
  6. 2 Korintus 5:17 : Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.
  7. 1 Petrus 1:3 : Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan.
  8. Yohanes 1:12 : Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang diperanakkan bukan dari daging atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.

Demikianlah penjelasan mengenai arti, makna dan pandangannya lahir kembali menurut Alkitab. Berdasarkan pemaparan di atas, dapat diketahui bahwa yang dimaksud “lahir kembali” bukan dalam hal jasmaniah tetapi rohaniah. Seseorang dapat dilahirkan kembali melalui pertobatan yang sungguh-sungguh.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kristen