Sponsors Link

6 Makna Doa Aku Percaya Bagi Umat Kristiani Dalam Kehidupannya

Sponsors Link

Salah satu rangkaian unsur-unsur liturgi doa yang didoakan oleh orang Katolik yaitu termasuk doa Aku Percaya. Sering kali dalam ibadah mingguan atau pada saat liturgi tertentu maka diadakan rangkaian doa dan salah satu yang didoakan tersebut termasuk doa Aku Percaya. Akan tetapi walau sering kali diucapkan dan didoakan, ada banyak umat Katolik sebenarnya masih belum tahu benar apa yang menjadi makna doa Aku Percaya. Sebagian hanya menganggap bahwa doa untuk pemberian sakramen ekaristi ini hanya sekedar rangkaian doa yang harus didoakan saat tertentu saja. Sebagian lagi yang memahami tentu sudah paham akan maknanya dan mengapa umat Katolik hendaknya mengucapkan doa tersebut dengan sungguh dari dalam hati. Oleh sebab itu untuk lebih jelasnya, simak berikut ini beberapa makna doa Aku Percaya yang sering kali didoakan oleh umat Katolik.

ads

1. Iman Terhadap Yesus

Doa ini mengandung iman terhadap Tuhan Yesus. Terbukti dari bagian pertama dimana umat Katolik diminta untuk mengucapkan “Aku percaya akan Allah, Bapa yang Maha Kuasa, pencipta langit dan bumi. Dan akan Yesus Kristus, PuteraNya yang tunggal, Tuhan kita.” Sehingga dalam doa ini umat Allah diminta untuk mengakui tidak hanya Bapa tetapi termasuk Tuhan Yesus juga. Oleh sebab itu dalam berdoa Aku Percaya ada iman kepada Tuhan Yesus yang diucapkan dengan sungguh-sungguh.

2. Kebesaran Allah

Doa Aku Percaya juga bermakna akan kebesaran Allah yang tidak ada duanya. Di dalam kalimat doa tersebut dikatakan betapa Allah merupakan sang Pencipta utama yang bekerja untuk penciptaan manusia maupun penciptaan langit dan bumi. Sehingga tampak jelas dari kebesaran Allah yang dinyatakan dan diakui oleh umatNya. Oleh sebab itu salah satu makna dalam doa ini termasuk percaya akan Allah yang Maha Besar dan berkuasa baik di atas langit maupun di bawah bumi dan tidak ada nama lain selain dari Tuhan sendiri yang mampu menaklukkan dunia.

3. Janji Keselamatan

Makna doa Aku Percaya berikutnya yaitu mengandung janji keselamatan dalam Alkitab yang diberikan Allah melalui putraNya yaitu Tuhan Yesus yang telah bersedia mengorbankan diri di kayu salib demi menebus dosa manusia. Oleh sebab itu dalam doa ini memberikan makna cinta kasih Allah yang besar kepada manusia sehingga mengorbankan Tuhan Yesus untuk membantu manusia lepas dari dosa dan maut. Inilah bukti cinta Allah yang terbesar dan tanpa disadari ternyata dalam doa ini diberikan secara jelas bahwa kasih itu terwujud melalui pengorbanan Allah.

4. Kebangkitan Tuhan

Makna berikutnya di dalam doa ini yaitu adanya pengakuan dan pemberitahuan bahwa Tuhan Yesus telah bangkit mengalahkan maut. Di dalam salah satu kalimat doa tersebut dikatakan bahwa “Yang turun ketempat penantian, pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati.” Sehingga hal ini menunjukkan besarnya kuasa Allah yang bisa mengalahkan maut melalui kebangkitanNya. Sungguh tidak ada Allah lain di dunia yang bisa melakukan hal tersebut. Dan hanya kuasa daripada Tuhan sendiri yang mencintai umatNya sehingga memberikan kebangkitan tersebut sebagai penebusan asal mula dosa menurut Alkitab yang dilakukan oleh manusia.

5. Roh Kudus

Doa Aku Percaya juga bermakna mempercayai Roh Kudus. Karena dalam doa ini ditekankan kata “Aku percaya akan Roh Kudus” yang berarti mengakui kehadiran Roh Kudus dalam setiap harinya hidup sebagai umat percaya. Roh Kudus ini yang memberikan kepemimpinan dalam hidup kita untuk selalu melakukan apa yang benar dan apa yang dikehendaki oleh Allah. Oleh sebab itu melalui doa ini maka umat Allah secara tidak langsung diajak untuk mengakui kehadiran karunia Roh Kudus dalam hidup mereka. Melalui penyertaan Roh Kudus ini maka umat Tuhan melakukan apa yang berkenan kepada Allah.

6. Kehidupan Kekal

Sponsors Link

Selanjutnya makna doa Aku Percaya termasuk yaitu percaya pada kehidupan kekal yang telah dijanjikan oleh Tuhan. Karena pada penggalan doa tersebut dikatakan dengan jelas bahwa “Aku percaya akan Roh Kudus, Gereja Katholik yang Kudus, Persekutuan para Kudus, pengampunan dosa, kebangkitan badan, kehidupan kekal. Amin” Sehingga dengan memperkatakan doa tersebut maka umat Tuhan secara tidak langsung beriman pada kehidupan kekal seperti yang telah dijanjikan Tuhan di dalam Alkitab dan firmanNya. Karena itu hendaknya umat Tuhan senantiasa bertekun dalam doa untuk menanti pengharapan akan hidup yang kekal tersebut nantinya.

Itulah beberapa makna doa Aku Percaya yang sering kali tidak dipahami dengan baik oleh umat Tuhan. Sebagian orang memang memilih hanya berdoa tanpa tahu maknanya. Padahal ternyata di dalam manfaat berdoa bagi orang Kristen tersebut terkandung makna besar yang menjadi inti iman kita kepada Allah. Oleh karena itu setelah memahami maknanya, ada baiknya untuk berdoa dengan sungguh. Imani setiap perkataan kita saat berdoa kepada Allah. Terutama saat berdoa Aku Percaya. Pasti saat iman kita diperkatakan melalui doa maka ada kuasa cara sukses menurut Kristen yang terjadi dalam hidup kita. Iman kita akan semakin diteguhkan di dalam Tuhan Yesus. Sehingga dengan demikian hidup kita menjadi pribadi baru yang makin dekat dengan Allah dan kasihNya. Amin.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Doa