Sponsors Link

5 Makna Telur Paskah Bagi Umat Kristen Mulai Dari Kebangkitan Hingga Pencerahan

Sponsors Link

Banyak orang yang mempertanyakan apa sebenarnya makna telur Paskah bagi umat Kristen. Tentunya tidak ada jawaban yang paling tepat untuk hal tersebut. Karena jika ditinjau lebih lanjut, rupanya tradisi telur Paskah ini bukan sesuatu yang tertulis di dalam Alkitab. Sehingga merayakan Paskah tidak harus selalu identik dengan adanya telur Paskah. Hal ini adalah suatu hal yang menarik, untuk lebih jelasnya, sebaiknya simak berikut ini beberapa informasi yang berkaitan dengan makna telur Paskah bagi umat Kristen.

ads

Asal Usul dan Sejarah

Ada berbagai cerita dan sejarah akan asal dari telur Paskah ini. Tetapi yang paling banyak dikisahkan yaitu asal usul perayaan telur Paskah dari Raja Edward di Inggris pada tahun kurang lebih 1300an. Di satu sisi ada pula sejarah yang mengatakan bahwa telur Paskah ini berasal dari tradisi di Amerika Serikat yang mana pada saat Paskah selalu dibarengi oleh migrasi burung undan. Sehingga secara tidak langsung burung-burung tersebut meninggalkan banyak telur di berbagai tempat.

Makna Kiasan Telur Paskah 

Walaupun memang tidak merupakan salah satu hal yang ada tertulis di dalam Alkitab, bukan berarti merayakan Paskah dengan tradisi menghias telur ini adalah sesuatu yang buruk. Sebenarnya tidak ada yang buruk dengan hal tersebut. Malahan sebenarnya dalam telur Paskah ini ada beberapa makna yang bisa didapat secara tidak langsung oleh umat Kristen seperti berikut ini.

  • Kebangkitan Tuhan Yesus, ini adalah cerminan bahwa telur Paskah membawa kabar baik bagi umat Kristen yang berkaitan erat dengan kebangkitan Tuhan Yesus sendiri. Oleh sebab itu sebaiknya umat Kristen mengucap syukur akan adanya hal tersebut di masa lampau, yaitu 2000 tahun yang lalu. Dimana Tuhan telah bangkit mengalahkan maut dan menjadi pemenang atas semua asal mula dosa menurut Alkitab. Sehingga dengan demikian maka semua umat Kristen dapat beroleh hidup yang kekal.
  • Hidup baru, makna telur Paskah ini juga dapat berupa hidup yang baru sesuai dengan apa yang Tuhan Yesus berikan melalui penyalibanNya. Dimana umat Kristen memperoleh berkat dan kasih karunia berupa hidup baru di dalam Tuhan. Umat Kristen tidak lagi dikuasai oleh dosa tetapi telah dimenangkan berkat kasih dari Allah sendiri. Seperti ada firman Tuhan berikut ini Roma 6:14 “Sebab kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu tidak berada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia”.
  • Pengorbanan yang membahagiakan, itulah telur yang melambangkan pula pengorbanan banyak hal. Mulai dari kelahiran yang muncul dari telur tersebut yang membutuhkan pengorbanan untuk dapat menetaskan dan melalui berbagai proses sebelum mendapatkan kebahagiaan. Sama halnya dengan Tuhan Yesus yang telah mengorbankan diriNya. Semua berawal dari kisah sengsara, namun pada akhirnya karunia Roh Kudus menuntun untuk memberikan kebahagiaan yaitu berupa kemenangan dari maut.
  • Pemulihan, yang mana telur juga melambangkan pemulihan sejati yang datang dari Allah sendiri. Dimana umat Kristen yang banyak melakukan dosa dipulihkan dari penyaliban Yesus sendiri. Pada dasarnya telur ini digunakan sebagai lambang pergantian dari musim dingin menjadi musim semi. Demikian juga dalam Paskah maka merupakan anugerah masa pemulihan dari yang buruk menjadi hidup yang lebih baik. Oleh sebab itu sudah sepantasnya seluruh umat Allah bersukacita atas prinsip kasih tentang Alkitab yang diberikan Tuhan melalui semangat Paskah tersebut.
  • Pencerahan, dimana telur menjadi lambang pencerahan, karena melalui lambang telur ini maka hidup baru telah diberikan. Suatu permulaan yang baru telah terjadi melalui telur yang merupakan lambang kehidupan. Berkat dan kasih setia Tuhan yang telah menuntun umat Kristen untuk meraih kemenangan yang sejati dan memberikan pencerahan akan jalan janji keselamatan dalam Alkitab yang kekal. Oleh sebab itu Paskah beserta tri hari suci yang mengikutinya, hendaknya menjadi perenungan yang utama bagi umat Kristen. Karena dalam hari ini umat Kristen telah dimerdekakan.

Makna Paskah Yang Sesungguhnya

Sekalipun Paskah selalu membahagiakan dengan tradisi telur Paskah bersamanya. Yang terpenting bagi umat Kristen yaitu memahami dan mengerti apa saja makna dari Paskah itu sesungguhnya. Termasuk memahami bahwa peristiwa ini merupakan peringatan besar penyaliban Yesus yang telah berkorban di kayu salib bagi umat manusia. Sehingga dengan demikian maka semua orang beroleh keselamatan di dalam namaNya. Hal ini yang sebaiknya tetap diingat dan dijadikan inti utama semangat dalam perayaan Paskah yang sejati.

Itulah beberapa informasi yang menyatakan apa sebenarnya makna telur Paskah bagi umat Kristen. Sudah jelas bahwa merayakan Paskah dengan telur ini sebenarnya hanya suatu tradisi yang tidak terhubung dengan Alkitab ataupun ayat dan firman Tuhan manapun. Namun perayaan Paskah dan telur ini merupakan tambahan suasana dan keceriaan tersendiri bagi beberapa orang. Oleh sebab itu hal ini juga bukan suatu yang dilarang atau tidak diperkenankan. Selama umat Kristen memahaminya dengan bijak dan tidak menjatuhkan mereka dalam macam-macam dosa menurut Alkitab apapun. Yang paling penting yaitu memaknai rangkaian Paskah itu sendiri, termasuk makna tri hari suci serta inti dari penebusan dosa yang dilakukan Yesus bagi umat manusia.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kristen