Sponsors Link

5 Manfaat Doa Salam Maria Bagi Umat Katolik yang Beriman Hatinya

Sponsors Link

Banyak umat Katolik yang memahami bagaimana cara yang baik untuk berdoa Salam Maria. Akan tetapi sayang jika tidak banyak yang mengerti dengan benar apa saja manfaat doa Salam Maria. Terutama jika cara berdoa rosario dengan mendoakan Salam Maria hanya sekedar mengikuti liturgi gereja pada ibadah mingguan. Tentunya ada banyak umat Katolik yang kurang paham benar makna dan manfaat dari mendoakan doa tersebut. Oleh sebab itu sebaiknya pahami dengan baik mengapa umat Katolik mendoakan Salam Maria dalam runutan doa-doanya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat doa Salam Maria bagi umat yang mendoakannya.

1. Membawa Pengharapan

Dalam berdoa Salam Maria salah satu yang manfaatnya yaitu untuk membantu umat Katolik dalam melabuhkan pengharapannya. Terutama harapan kepada Allah yang didoakan melalui Bunda Santa Perawan Maria. Oleh sebab itu berdoa cara beribadah agama Katolik dengan jalan mendoakan Salam Maria menjadi salah satu simbol masih ada pengharapan dalam kesesakan bagi setiap umat yang percaya akan kasih karunia Allah. Seperti halnya dalam kehidupan Bunda Maria yang menjadi refleksinya, maka doa ini merupakan akar pengharapan iman umat Katolik. Oleh sebab itu sebaiknya selalu bertekun dalam doa saat berada dalam kesesakan merupakan hal yang pentung untuk dilakukan.

2. Menguatkan Iman

Doa Salam Maria juga memberikan manfaat berupa penguatan akan iman kepada Allah. Karena pada dasarnya beriman pada Yesus berarti beriman pada semua aspek kehidupan Allah di dalam Alkitab. Demikian halnya dengan mempercayai Bunda Maria sebagai Bunda Allah. Maka dengan berdoa Salam Maria merupakan salah satu refleksi dari iman kepada Yesus untuk mempercayai janji keselamatan dalam Alkitab yang telah diberikan Allah. Oleh sebab itu jika merasa goyah iman maka sebaiknya berdoalah Salam Maria supaya dapat membantu mengingat kembali pada Putra Yang Kudus yaitu Tuhan Yesus dengan perantaraan Bunda Maria.

3. Memberi Pengharapan

Berdoa Salam Maria juga membawa manfaat untuk memberikan pengharapan pada umat yang beriman. Hal ini karena di dalam doa tersebut mengandung makna yang dalam akan mempercayai keselamatan yang telah terjadi melalui Penyaliban Yesus melalui Putra Allah yang lahir dari Santa Perawan Maria. Mengucapkan doa untuk mempercayai Bunda Maria sebagai Bunda Allah secara tidak langsung mengakui bahwa Tuhan Yesus lahir ke dunia mengambil rupa manusia untuk menyelamatkan orang percaya dari sifat dosa menurut Alkitab. Oleh sebab itu berdoa Salam Maria secara tidak langsung membantu umat Katolik untuk memiliki pengharapan akan janji yang diberikan Allah melalui Tuhan Yesus. Penyertaan Allah yang tidak akan ada putusnya merupakan salah satu harapan dari setiap umat yang percaya kepadaNya.

4. Memuliakan Bunda Allah

Manfaat doa Salam Maria berikutnya yaitu untuk memuliakan Bunda Allah yaitu Santa Perawan Maria. Semua agama tentu setuju bahwa ibu merupakan pribadi yang mulia dan tidak tergantikan. Demikian halnya Bunda Maria yang merupakan ibu Tuhan Yesus saat lahir di dunia. Maka kedudukannya sebagai seorang ibu yang dipilih Allah sebagai perawan tak bercela patut untuk dimuliakan. Tercatat dalam Alkitab bahwa semasa hidupnya Bunda Maria melakukan apa yang baik dan berkenan di hadapan Allah. Oleh sebab itu Allah menyukai dia dan memilih dia sebagai perantara untuk kelahiran Yesus. Dalam kehidupan umat Katolik, sudah sepantasnya memberikan penghormatan kepada Bunda Maria atas perbuatannya yang mencerminkan cara doa dikabulkan menurut iman Kristen yang besar kepada Allah. Oleh sebab itu ketaatan yang dilakukan Bunda Maria patut untuk diteladani. Melalui Doa Salam Maria maka kita akan selalu diingatkan akan ketaatan yang dijalankan oleh Bunda Maria tersebut.

5. Mendekatkan Diri Pada Allah

Berdoa Salam Maria juga mampu membawa manfaat untuk membawa kita semakin dekat dengan Allah. Karena bagaimanapun rupanya, maka doa merupakan salah satu bentuk komunikasi umat Allah dengan Tuhan. Sehingga saat berdoa Salam Maria juga menjadi salah satu sarana dan prasarana umat Katolik untuk mendekatkan diri lebih lagi kepada Tuhan. Dengan lebih tekun berdoa maka iman kita akan dikuatkan dan kepercayaan kita kepada Allah akan makin tajam untuk diasah. Oleh sebab itu berdoa Salam Maria juga merupakan unsur penting dalam bagian liturgi doa umat Katolik. Dengan perantaraan doa tersebut, maka umat Katolik akan jauh lebih dekat kepada Tuhan dan berupaya memaknai maksud Tuhan melalui doa tersebut. Sehingga dengan demikian maka tercipta hubungan yang makin erat antara umat dengan Allah melalui doa yang dipanjatkan berupa Doa Salam Maria tersebut.

Itulah beberapa manfaat doa Salam Maria. Hendaknya sebagai umat Katolik jika berdoa tidak hanya berpegang pada cara berdoa yang benar saja, tetapi juga tentang bagaimana mendapatkan manfaat yang maksimal dari cara berdoa yang benar tersebut. Sehingga nantinya dalam doa Salam Maria yang dipanjatkan tidak hanya sekedar berdoa, tetapi membawa pembaharuan positif dari hidup kita sebagai orang percaya. Jika perlu maka dengan mengerti makna dan manfaat doa tersebut, dapat membawa contoh perilaku sebagai terang dan garam dunia seperti yang Allah inginkan terjadi di dalam hidup kita. Amin.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Doa