Mengapa Bayi Yesus Ditidurkan di Palungan

√ Quality Checked Pass quality & checking

Jika kita membaca Alkitab,pastinya menemukan tulisan bahwa Yesus dilahirkan dan juga dibesarkan padasebauh palungan. Tentunya, kita pun bertanya-tanya mengapa Yesus harud tidur didalam palungan? Bukankah Dia itu Anak Allah? Apabila kita menganalisis lagitentang kelahiran Yesus, maka tempatnya di palungan bukanlah sebuah kebetulanbelaka.

Kota tempat kelahiran Yesus,yakni di Betlehem sudah direncanakan oleh Allah. Apalagi Allah memiliki tujuanlain tentang kelahiran, nasib, dan alasan datangnya Yesus di tempat tersebut. Makadari itu, untuk mengetahuinya lebih dalam, berikut beberapa alasan Bayi Yesusditidurkan di palungan.

1.Gambaran manusia tidak menerima Kehadiran Anak Allah

Kota Betlehem oada saat itusudah penuh sesak. Akibatnya banyak penginapan sudah penuh. Saat itu Mariatengah meringis kesakitan karena sedang hamil. Sayangnya tidak ada penduudkyang mau menerima wanita hamil tersebut. Padahal terlepas dari ketidaktahuanpara penduduk tersebut, bisa kita lihat bahwa mereka tidak peduli dengan Mariayang tengah mengandung anak yang kelak menjadi Tuhan.

Jadi, Yesus lahir dipalungan karena saat itu manusia sudah tidak memiliki hati nurani. Manusiasudha tidak memiliki perasaan dan juga menolak kedatangan Yesus hanya karenaalasan sibuk. Kelahiran Yesus sendiri bisa dikatakan sebuah tragedi tersendiridi dalam umat manusia. Bisa dibayangkan seperti apa sedihnya hati Yusuf karenatempat kelahrannya ditolak dan tidak dipedulikan oleh kaumnya sendiri.

2.Gambaran Yesus  termasuk ke dalam kaum buangan

Menurut beberapa tafsiran,para gembala saat berteduh bersama Yesus merupakan kaum orang-orang terbuang. Merekajuga adalah salah satu kelompok yang tidak memiliki status sosial di dalammasyarakat. Jadi, Yesus pun termasuk ke dalam orang-orang yang terbuang saatditempatkan pada palungan.

Di dalam Mat 8:20 Yesus punberkata bahwa Serigala yang mempunyai liang dan burung pun memiliki sarang. Akantetapi anak manusia tidka mempunyai tempat untuk meletakan kepalanya. Pernyataantersebut seperti menunjukan bahwa kehidupan-Nya itu identik dengan orang-orangyang terbuang.

Bahkan, kematian-Nya punharus dengan cara yang tragis dengan disalib seperti seorang penjahat. Itupun belumditambah denga penguburannya yang harus pinjam ke Yusuf Arimatea. Perlu dipahamibahwa Yusuf Arimarea bukanlah keluarga dari Yesus. Maka dari itu, dari ini sajakita bisa simpulkan bahwa Yesus termasuk ke dalam orang-orang yang terbuang.

3. Palungan adalah Misteri untuk Maria

Pada saat para gembalamenceritakan semua yang telah dikatakan malaikat, Maria merenungkan kembali. ResponMaria berbeda dengan respon orang lain. sebab, orang biasa mungkin akanterdengar aneh dan juga tidak masuk akal. Akan tetapi, Maria justru menyimpankata-kata tersebut dan bahkan merenungkannya.

Dia pun terus bertanya-tanyatentang bayi ini akan menajdi apa. Malaikat Gabriel pun mengatakan pada Mariayang juga tercantum pada surat Luk 1:32-33. Isinya sendiri adalah Tuhanmemberikan karunia pada Dia dengan sebuah tahta. Tahta di sini berarti juga sebuahraja. Selain itu, Dia juga akan menjadi seorang raja para keturunan Yakub sampaiseumur hidup. Kerajaan-Nya pun tidak akan berkesudahaan.

Maka dari itu, kelahiranYesus Kristus pada palungan membuat Maria merenungkan sebuah teka-teki tentang-Nya.Apakah benar Dia menjadi juru selamat? Apa benar juga jika Yesus akan menjadiseorang Raja? Hal itu dikarenakan sejak kelahirannya pun sudah berbeda dengananak-anak yang lain.

Demikianlah beberapa alasanbayi Yesus ditidurkan di palungan. Dari ulasan di atas kita bisa melaihat bahwakelahiran Yesus sendiri sudha memiliki banyak cobaan yang berat. Makna kelahiranYesus Kristus pun bisa kita ambil pelajarannya bahwa seorang anak Tuhansekalipun tidak begitu diistimewakan. Meskipun begitu, Dia tetap ditakdirkanakan menjadi seorang Tuhan yang akan membimbing para umatnya ke jalan yangbenar.

Anda bisa membaca referensilainnya mengenai Yesus Kristus lainnya seperti mengapaYesus lahir di kandang Betlehem, nabi yangmeramalkan kelahiran Yesus dalam perjanjian Lama, ayat tentangkelahiran Yesus di perjanjian lama maupun baru, Faktakelahiran Yesus, dan masih banyak lagi. Semoga Anda semua ada dlaamperlindungan Tuhan dan selalu diberikan kesehatan selalu. Tuhan akan selalumemberkati Anda semua.

fbWhatsappTwitterLinkedIn