Sponsors Link

Mengapa Orang Kristen Tidak Boleh Merokok? Ketahui Alasan dan Sebabnya

Sponsors Link

Sering kali ada banyak pertanyaan mengapa orang Kristen tidak boleh merokok. Hal ini sering menjadi kontroversi antara sesama umat Kristen. Sebagian berkata boleh dan sebagian teguh mengatakan dilarang. Akan tetapi masih banyak juga yang belum jelas dan paham mengapa hukum merokok menurut Kristen ini sebaiknya dipatuhi dan tidak dilakukan orang Kristen. Oleh sebab itu jika ingin tahu berikut ini beberapa alasan mengapa orang Kristen tidak boleh merokok. Sebaiknya ikuti anjuran tersebut dan usahakan untuk menghindarinya. Dengan beberapa alasannya sebagai berikut:

ads

1. Tubuh Adalah Bait Roh Kudus

1 Korintus 6:19 “Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri.”

Dari Alkitab dikatakan bahwa tubuh manusia merupakan bait dari Roh Kudus. Karena itu perbuatan umat Tuhan harus sesuai dengan buah-buah Roh Kudus supaya dapat bertumbuh positif dan tidak mudah terjerat oleh rayuan iblis. Oleh sebab itu sebaiknya hindari saja merokok karena belum tentu baik hasilnya. Sebaiknya lakukan kegiatan positif lain untuk menyenangkan hati Tuhan. Jika tidak yakin dengan apa yang dilakukan sebaiknya selalu utamakan manfaat berdoa bagi orang Kristen dahulu supaya tidak salah dalam melangkah dan mengambil keputusan akan apa yang hendak diperbuat.

2. Menjadi Terang

Yesaya 60:1 “Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.”

Kewajiban anak Tuhan tentunya memberikan contoh perilaku yang baik pada sesamanya. Oleh sebab itu sudah menjadi tanggung jawab untuk memberikan contoh perilaku sebagai terang dan garam dunia dalam segala perbuatan. Oleh sebab itu jika tidak merokok tentu akan dapat menjadi contoh yang baik untuk sesama yang lain. Sehingga ada baiknya berpikir bijaksana sebelum memutuskan untuk merokok. Lebih baik jika dihindari supaya tidak terjerumus dalam masalah lain dan jatuh dalam sifat dosa menurut Alkitab.

3. Tidak Baik Untuk Kesehatan

1 Korintus 10:23 “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.”

Dalam ayat Alkitab di atas sudah jelas memberikan informasi bahwa segala sesuatu memang boleh dilakukan. Namun sepanjang hal itu baik dan membantu seseorang untuk bertumbuh. Lain halnya jika tidak baik maka sebaiknya dihindari saja. Sama halnya dengan merokok, jika tidak baik efeknya maka sebaiknya dihindari saja. Sehingga dengan demikian maka dapat menyenangkan hati Allah. Selalu mohon pimpinan Allah dan berpegang pada peranan Roh Kudus dalam gereja supaya lebih bijaksana dalam kehidupan saat memutuskan segala sesuatu.

Itulah beberapa alasan mengapa orang Kristen tidak boleh merokok. Dari segi kesehatan tentu merokok menimbulkan banyak masalah dengan kesehatan mulai dari paru-paru, serangan kanker hingga aneka infeksi pernapasan. Sementara dari sisi Alkitabiah, merokok memang sejatinya sama halnya merusak tubuh yang telah dikaruniakan oleh Allah dan tidak sesuai tuntunan tujuan karunia Roh Kudus. Oleh sebab itu sebaiknya usahakan untuk tidak melakukan hal tersebut. Akan lebih baik jika mengganti kebiasaan buruk ini dengan hal lain yang berguna. Sehingga mampu menyenangkan hati Tuhan dan secara tidak langsung menjadi contoh yang baik untuk sesama yang ada di luar Tuhan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kristen