Mengapa Yesus Disalib Bersama Dua Penjahat

√ Quality Checked Pass quality & checking

Peistiwa penyaliban Yesusmerupakan sesuatu yang cukup menyedihkan bagi kita. Meskipun begitu, kita jugatidak bisa memungkiri bahwa Yesus harus menerima itu semua karena untuk menebusberbagai dosa-dosa manusia. Oleh karena itu, ada suatu hari bersejarah yangdisebut dengan Good Friday atau jikaditerjemahkan sebagai Jumat Agung.

Namun tahukah Anda bahwaYesus disalib tidaklah sendirian. Pada saat itu, beliau disalib bersama dengandua orang lagi. Mungkin saja kita terkaget-kaget karena dua orang yang beramadengan Yesus saat itu adalah seorang penjahat. Hal ini terdapat di dalam suratLuk 23:39-43 yang berbunyi:

“Seorang penjahat yang telah digantung itu menghujat diasambil berkata, bukankah engkau merupakan Kristus? Selamatkanlah Diri-Musendiri dan juga Kami! (39) Akan tetapi, ada seseorang yang menegur dia danjuga berkata: Tidakkah engkau juga takut pada Allah? Sedangkan engkau punmenerima hukuman yang persis sama? (40) Kita memang layak dihukum karena kuta menerimabalasan yang setimpal.Namun orang ini tidak melakukan kesalahan. (41) Ia punberkata bahwa Yesus, ingatlah denganku jika Engkau datang sebagai seorang Raja.(42) Yesus pun berkata bahwa sesungguhnya hari ini engkau juga akan ada bersamadenganku di dalam Firdaus. (43)”.

Di dalam ayat tersebut, kitabisa simpulkan bahwa penjahat pun bingung mengapa Yesus disalib bersamaandengannya. Untuk itu, marai kita bahas apa yang menjadi dasar Yesus disalibbersamaan dengan dua penjahat.

1. Sudah ditakdirkan sejak lama

Yesus Kristus telahditakdirkan akan mengalami berbagai perjalanan berat selama hidupnya. Hal tersebuttercantum dalam surat Yes 53:12b yang berbunyi:

“Dia terhitung di antara pemberontak-pemberontak.”

Aya diatas seolah-olah telahmenggambarkan bahwa Yesus akan ditakdirkan bersama dengan para pemberontak ataupara penjahat. Padahal di dalam pikiran kita pun saat Yesus akan disalib,mungkin jauh lebih masuk akal jika Dia bersama dua muridnya.

2.Dianggap sebagai penjahat paling keji

Pada saat eksekusi Yesusdilakukan, posisinya justru ada dibagian paling tengah. Berdasarkan aturan yangberlaku pada zaman itu, posisi tengah merupakan tempat untuk eksekusi penjahatpaling kejam atau penjahat yang memiliki catatan yang sanagt berbahaya. Hal tersebutmenjadi gambaran bagaimana Yesus Kristus rela mengorbankan dirinya untukkepentingan umat.

Sementara itu, keduapenjahat yang sama-sama disalib sering melakukan perbuatan cela pada Yesus. Lebihbanyaknya mereka melontarkan hinaan dan juga umpatan pada Yesus. Hal itudisebutkan pada surat Mat 27:44.

“Bahkan seorang penyamun-penyamun tersebut yang telahdisalibkan montarkan celaan kepada dia”.

Pada awalnya penjahattersebut selalu mencela Yesus Kristus. Akan tetapi, berkat keteladanan Yesus, Adaseorang penjahat yang akhirnya mau bertobat. Hal tersebut dilakukan dengan caramenegur satu penjahat. Hal ini juga disebutkan dalam surat Luk 23:40-41.

3.Menyadarkan bahwa kematian bukan akhir dari segalanya

Setelah penjahat tersebutmulai bertobat, ada kata-kata terakhir yang cukup menrik yakni, “ingatlah akanaku”. Dari pernyataan itu dapat mengisyaratkan bahwa penjahat tersebut percayabahwa ada kehidupan lain setelah kematian. Hidup tidak hanya soal lepasnya jiwadengan raga saja. Penjahat tersebut menyadari bahwa sebelum menghembusak  nafas terakhir, dia ingin membuat permohonauntu selalu diingat Yesus Kristus.

4.Menyadarkan bahwa orang berdosa akan dihukum

Seperti yang sudahdisebutkan sebelumnya bahwa orang-orang penjahat tersebut menyadari bahwa diaberdosa dan pantas untuk diberikan hukuman. Dari pernyataan tersebut jugamengisyaratkan bahwa orang yang melakukan dosa akan dihukum sesuai denganperbuatannya.

5.Memberikan kepercayaan pada Yesus sebagai penyelamat

Penjahat itu pun berkatabahwa ia ingin dikenang oleh Yesus. Hal itu menandakan bahwa penjahat tersebutsangat yakin bahwa Yesus bisa menkadi penyelamatnya di kemudian hari. Padahal oranglain saat itu pun belum tentu percaya dengan Yesus sejak kejadian penyalibanini.

Demikianlah alasan Yesusdisalib bersama dua penjahat. Dari hal ini kita bisa melihat lagi peristiwaajaib yang terjadi saat Yesus disalibkan. Hal tersebut sekali lagi melihatadanya Mujizat Yesusyang ditampakan secara nyata. Anda juga bisa membaca lagi mengapa Yesus harusbangkit, dan juga tergenapinya 3janji keselamatan dalam Alkitab. Semoga Anda terus diberikan keberkahandari Tuhan.

fbWhatsappTwitterLinkedIn