Sponsors Link

9 Arti dan Makna Minggu Adven

Sponsors Link

Adven sendiri dari bahasa Latin yaitu, adventus yang artinya adalah kedatangan. Maka dari itu arti dari pada masa adven adalah  masa dimana untuk menunggu ke datangan Tuhan Yesus. Adven tersebut berlangsung selama 4 minggu, dan setiap minggu di tandai dengan Minggu Adven Pertama (I) sampai dengan Minggu Adven Ke – Empat (IV). (Baca juga: Karakter Kristus)

ads

Tradisi adven ini pada awalnya bermula di Perancis. Dimana pada saat itu masa Adven adalah masa persiapan untuk menyambut Hari Raya Epifani, suatu perayaan untuk menyambut hari pembatisan calon warga gereja. Jadi pada saat itu masa Adven ini menjadi mirip dengan masa – masa Prapaskah, dimana adalah untuk mengutamakan pada doa dan puasa yang berlangsung selama tiga minggu lalu diperpanjang untuk selama 40 hari, jumlah hari sama di mana pada saat Tuhan Yesus berpuasa.  (baca juga: Manfaat berdoa bagi orang Kristen)

Tradisi Dalam Acara Ibadah Adven

Tradisi ini pun terus berlanjut hingga pada tahun 380 hingga 381 dimana Konsili lokal Saragossa, Spanyol pada saat itu menetapkan tiga minggu sebagai masa puasa untuk menyambut hari raya Epifani. Setelah mengambil dari beberapa peraturan Prapaskah, Konsili lokal Macon, Perancis, lalu menetapkan mulai dari tanggal 11 November hingga ke hari natal, yaitu 25 Desember, semua umat kristiani harus berpuasa setiap hari senin, rabi dan jumat. Keputusan ini ditetapkan pada tahun 581. Lama-kelamaan, praktek dan peraturan ini pun mulai menyebar ke wilaya perseketuaan Inggris. Sedangkan untuk di Roma sendiri masa masa Adven belum ada sampai pada abad keenam, dan setelah masa masa adven ini dianggap hanya sebagai masa masa persiapan untuk menyambut perayaan Natal dengan praktek untuk puasa yang jauh lebih ringan dari pada ketentuan yang sebelumnya.

Gereja – gereja pada masa itu mulai secara bertahap untuk membakukan perayaan Adven. Salah satu tradisi sakramen yang di sebutka dengan The Gelasian Sacramentary, tradisi yang dibuat oleh Paus St. Gelasius I  adalah untuk melaksanakan Liturgi Adven selama lima minggu berturut – turut atau lima Hari Minggu.  Semenjak saat itu dan mulai memasuki abad ke – 7, praktek adven sudah mulai di ikuti banyak orang. Dan Paus Gregorius Agung mulai berkuasa, kemudian masa perayaan adven pun ditetapkan untuk selama 4 minggu dan diisi dengan puasa. Dan mulai dari abad ke sembilan, gereja – gereja katolik di seluruh dunia telah menetapkan Minggu Adven Pertama sebagai awal tahun penanggalan Gereja. (Juga baca : Etika Kristen)

Makna Korona Adven atau Lingkaran Adven

Jadi sebenarnya tradisi adven ini tidak berasal dari Gereja Katolik Roma, tetapi merupakan tradisi yang berasalh dari Gereja Timur untuk mempersiapkan  Epifani, yang pada waktu jatuh pada tanggal 6 Januari. Gereja timur menganggap perisitiwa itu sebagai peristiwa natal karen pada saat itu Yesus yang masih dalam masa kanak-kanak dikunjungi oleh orang majus dari timur. Mereka semua merayakan nya dengan sangat meriah. Pada tradisi Katolik, masa adven sangat di hayati dengan di lakukannya  ibadat bersama dan puasa. Kemudian gereja – gereja juga mulai terdapat simbol-simbol untuk masa adven yang disebut dengan Korona Adven atau lingkaran Adven. Awal mula pembuatan Korona Adven berasal dari negara bagian Eropa Utara, khususnya Skandinavia. (baca juga: Poligami menurut Alkitab)

Korona Adven atau lingkaran adven adalah lingkaran yang  diuntai dengan daun-daun pinus atau cemara dan diatasnya dipasang empat buah lilin, yaitu tiga buah lilin yang berwarna ungu dan satu buah lilin yang berwarna merah atau pink. Selain itu lingkaran adven juga masih diberi asesoris lain seperti pita yang berwarna ungu dan merah. (Juga baca : Penyaliban Yesus)

Lalu apa  makna  sebenarnya dari pada Korona Adven tersebut? Masing – masing dari simbol – simbol pada Korona Adven atau lingkaran adven memiliki arti dan makna minggu adven yaitu:

Sponsors Link

1. Korona Adven

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, korana adven adalah berbentuk suatu lingkaran. Bentuk lingkaran ini sendiri memiliki makna tersendiri karena lingakara adalah suatu bentuk tidak memliki awal atau pun akhir. Sehingga lingkaran ini memilki makna dan melambangkan Tuhan yang abadi dan kekal, Sang alpha dan Omega, tanpa awal dan akhir. Dimana para umat kristen juga diajak untuk merenungkan bagaimana kehidupan kita di bumi sekarang ini dan untuk ikut serta mengambil bagian,dalam rencana keselamatan Allah yang kekal dan abadi, seperti kehidupan yang kekal dan abadi pada kerjaan surga. (Baca juga: HAM menurut iman Kristen)

2. Daun – daun 

Lingkaran Adven ini selalu di hiasi dengan berbagai macam  tumbuh-tumbuhan  dan daun – daunan yang segar. Hal ini melambangkan sang Kristus yang datang untuk memberi kehidupan baru bagi semua orang di bumi melalui derita sengsara, wafat dan kebangkitan-Nya. Tumbuh – tumbuhan dan daun – daunan yang berwarna hijau juga merupakan symbol yang melambangkan harapan. Warna hijau juga melambangkan keabadian jiwa. Tidak sembarang daun – daunan atau pun tumbuh – tumbuhan yang dipilih, biasanya yang dipilih adalah daun –  daun dari pohon pinus atau cemara di karenkan kedua pohon ini tidak dapat putus. Dimana hal itu melambangkan Kristus yang telah wafat dan bangkit kembali untuk hidup selama nya. Daun cemara dan pinus di kenal untuk tidak gampang rontok dan selalu berwarna hijau walaupun di musim gugur atau musim salju yang dingin. Hal itu juga sama denga sang Kristus yang telah datang ke dunia dan memberikan kehidupan yang abadi dan tahan akan cobaan bermacam-macam musim yang juga melambangkan tantangan pada kehidupan duniawi. (baca juga: Perbedaan perjanjian lama dan perjanjian baru)

ads

Artikel Terkait:

3. Warna ungu dan merah

Tiga buah lilin berwarna ungu dan satu buah lilin berwarna merah muda juga menjadi simbol dari pada korona adven. Warna ungu sendiri melambangkan pertobatan dan keprihatinan, persiapan dan kurban. Warna ungu banyak di gunakan pada saat masa Prapaskah, terutama untuk warna pakaian pada saat liturgi. Sedangkan warna merah atau warna merah muda melambangkan cinta kasih, dan simbol warna ini lebih menekan pada masa Minggu Adven Ketiga. (baca juga: Arti persepuluhan)

4. Lilin

Makna dari pada simbol lilin ini sendiri adalah terangTerang atau cahaya itu sendiri melambangkan Yesus Kristus. Dimana sang Kristus datang ke dunia dengan penuh cahaya untuk menaklukan kuasa kuasa gelap di bumi ini, dan juga untuk menunjukkan jalan kebenaran kepada kita semua. Penyalaan lilin ini sendiri di nyalakan satu buah setiap minggu, dimana lilin yang berwarna merah di nyalakan pada minggu ke tiga minggu adven yang melambangkan suka cita dan cinta kasih. Penyalaan lilin secara bertahap merupakan pengaruh dari pada tradisi Yahudi, yaitu perayaan Hanukkah yang dirayakan selama delapan hari, dimana delapan buah lilin dinyalakan satu per satu setiap hari yang juga melambangkan kesiapan kita untuk menyambut datangnya sang Kristus. (baca juga: Makna pentakosta bagi orang Kristen)

5. Lagu Gloria

Salah satu simbol dari pada Korona Adven ini adalah dengan di nanyikan nya kemuliaan Allah atau Gloria. Nyanyian yang sama yang di kumandangkan para malaikat – malaikat pada saat kelahiran Yesus Kristus. Lukas 2 : 14  : Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya . (Baca juga: Cara bertobat orang Kristen)

Makna Empat Minggu Adven, yang perli anda ketahui sebagai berikut:

  1. Minggu Adven I- Minggu Adven pertama diisi dengan sikap kita dalam menantikan kedatangan sang juru selamat, Yesus Kristus yang kedua kali nya dalam membebaskan semua dosa – dosa umat manusia. Pembacaan Alkitab pada masa Minggu adven I diambil dari Perjanjian Lama yaitu : Kitab Yesaya dan Kitab Yeremiah. (Baca juga: Gereja Sebagai Tubuh Kristus)
  2. Minggu Adven II – Minggu Adven ke dua diisi dengan pertobatan untuk menuju awal yang baru yaitu, langit dan bumi yang baru setelah kedatangaan Yesus Kristus untuk ke dua kali nya  yang di peruntukan bagi segala bangsa, seluruh umat manusia, sesuai dengan keadilanNya. Pembacaan Alkitab pada masa Minggu adven II diambil dari Perjanjian Lama yaitu : Kitab Yesaya dan Kitab Maleaki.  (Baca juga: Penciptaan Manusia)
    Sponsors Link

  3. Minggu Adven III- Minggu Adven ke tiga diisi dengan ajakan  bagi seluruh umat kristiani untuk mempersiapkan diri pribadi dan  menyambut kedatangan Tuhan. Pembacaan Alkitab pada masa Minggu adven I diambil dari Perjanjian Lama yaitu : Kitab Yesaya dan Kitab Zefanya. (Baca juga: Pengertian Dosa Menurut Alkitab)
  4. Minggu Adven IV- Minggu Adven ke tiga diisi dengan fokus yang mengarah kepada kelahiran Yesus Kristus. Pembacaan Alkitab pada masa Minggu adven I diambil dari Perjanjian Lama yaitu : Kitab Yesaya, Kitab Mikha dan Kitab 2 Samuel. (Baca juga: Tanda-Tanda Kiamat Menurut Kristen)

Artikel lainnya:

Demikianlah tradisi – tradisi dan arti dan makna minggu adven. Setiap dari perayaan dari masa – masa adven itu sendiri memilki makna tersendiri dan melambangkan kehidupan Putra Tunggal Allah, Yesus Kristus di dunia hingga derita dan kesengsaraan nya, wafat dan bangkit kembali. Ajakan bagi kita semua pada saat memasuki masa Adven adalah untuk memasuki masa adven dengan penuh kerinduan hati akan sang juru selamat dan dengan pertobatan, sehingga kita semua menjadi semakin layak untuk menyambut kedatangan Yesus Kristus yang ke dua.  Semoga artikel arti dan makna minggu adven bermanfaat. Tuhan memberkati.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 20th, September 2017 / 07:21 Oleh :
Kategori : Renungan Harian