Sponsors Link

Munafik Menurut Alkitab: Arti dan Pandangannya

Sponsors Link

Dalam beberapa bahasa, kata ”munafik” yang diambil dari kata Yunani hypokrites berarti aktor yang biasanya memakai topeng. Mereka bisa merasa sedih, marah, dan benci. Banyak yang menjadi korban dari kemunafikan ini, menjadi menderita dan sangat sedih. Itu sebabnya, kita akan cari tahu arti dan pandangan orang yang munafik menurut alkitab:

  • Mereka memamerkan ”keadilbenaran. 

Ciri-ciri orang yang munafik menurut alkitab, yang pertama adalah seseorang suka memamerkan keadilbenaran mereka di depan umum. Namun tidak sadar, bahwa sebenarnya mereka adalah orang munafik. Padahal, alkitab jelas memberikan penjelasan tentang karakter kristen sejati yang bantu kita jadi tahu, apakah seseorang itu munafik atau tidak. Dan yang terutama bantu kita mengoreksi diri sendiri yang sesungguhnya, apakah kita orang yang munafik atau tidak.

  • Mereka suka mengkritik

Seseorang bisa disebut munafik jika dia suka mengkritik kesalahan orang lain, padahal kesalahannya sendiri lebih besar. Ciri-ciri orang yang munafik menurut alkitab, itu berarti mereka yang suka mengkritik orang lain, entah karena tindakan, atau perkataan orang lain yang menurut mereka salah, padahal mereka tidak sadar, mereka masuk dalam ciri-ciri orang sombong menurut kristen yang lama-lama akan menghanyutkan mereka, dan membuat mereka akan di binasakan, karena kesombongan mereka yang suka mengkritik dan sikap munafiknya.

  • Mereka punya maksud tersembunyi

Orang yang munafik, awalnya kelihatan seperti ingin mengetahui suatu kebenaran. Namun, ternyata ada maksud tersembunyi, bahwa mereka suka mencari kesalahan orang lain, dan ingin agar kesalahan itu, membuat orang itu jadi salah. Ini termasuk dalam ayat alkitab tentang orang bermuka dua, yang suka mencari kesalahan orang lain, namun tidak menyadari kesalahannya sendiri. Ini adalah ciri-ciri orang yang munafik menurut alkitab yang patut kita ketahui.

  • Tidak beriman sewaktu menghadapi kesulitan.

Iman adalah aspek yang juga penting dalam hidup kita. Kita bisa tahu bahwa perbuatan tanpa iman menurut Alkitab yang bantu kita punya iman yang benar dalam kehidupan kita, sehingga tidak menjadi orang yang munafik. Untuk itu, jika kita hanya akan taat dan setia kepada Allah, hanya saat kita mendapat kehidupan yang baik, dan di berkati Allah namun tidak taat atau setia lagi, setelah mendapat kesusahan, itu artinya kita adalah manusia yang munafik. Ciri-ciri orang yang munafik menurut alkitab ini, berarti, yang hanya mau setia kepada Allah, saat bahagia. Itu sebabnya, kita perlu hati-hati dalam hal ini juga.

  • Bermuka dua

Ciri-ciri orang yang munafik menurut alkitab lainnya adalah, yang bermuka dua. Mereka kelihatannya melakukan hal yang baik, dan sikapnya sangat baik di depan orang-orang. Namun, karena dia terbukti munafik, dia menunjukkan sikap yang sebenarnya setelah di belakang orang tersebut.

  • Suka menyalahkan orang lain

Orang yang munafik, berarti juga orang suka melihat kesalahan orang lain, bahkan tidak menyadari kesalahan dan kekurangan dirinya sendiri. Ini juga termasuk dalam beberapa ayat alkitab tentang ngomongin orang, karena itu berarti juga orang yang munafik. Orang yang munafik, suka mencari-cari dan menyalahkan orang lain, atas suatu perbuatan, dan lupa bahwa dia pun punya banyak kekurangan yang sebenarnya jauh lebih banyak daripada orang lain. Ciri-ciri orang yang munafik menurut alkitab ini, juga berarti dalam beberapa bidang kehidupan, mereka tidak mau bertanggungjawab pada suatu masalah, namun memilih orang lain untuk menyalahkan mereka, dan mulai melemparkan masalahnya kepada orang lain.

  • Pura-pura mengasihi

Saat kita tahu, ada orang yang pura-pura mengasihi kita, kita jadi tahu bahwa dia adalah orang yang munafik. Namun mungkin, saat kita mengecewakan nya, dia langsung bereaksi dan tidak mau lagi bergaul dengan kita. Bukannya memperbaiki hubungan yang kurang baik itu, ciri-ciri orang yang munafik menurut alkitab, adalah orang yang munafik membuat sikapnya terlihat jelas.

  • Menutup kemunafikannya

Mereka sangat menaati hal-hal kecil dari Hukum, tetapi mengabaikan perkara-perkara yang lebih berbobot, seperti keadilan, belas kasihan, dan kesetiaan. Sebagai orang munafik, penampilan luar mereka kelihatan, sebagai orang yang beriman dan bersih. Namun di dalamnya mereka penuh dengan hal-hal yang tidak baik. Ciri-ciri orang yang munafik menurut alkitab ini, seperti kuburan yang dilabur putih, indah di luar, mereka kelihatan adil-benar, tetapi di dalamnya mereka ”penuh kemunafikan dan pelanggaran hukum.

  • Suka bohong

Orang yang munafik, pasti juga adalah orang yang suka menyombongkan dirinya, terutama sikap suka berbohong. Ini pasti sering kita temui, mereka pura-pura dalam menjalani kehidupan mereka, dan berbohong kepada banyak orang tentang keadaan mereka yang sebenarnya, sehingga mereka menjadi munafik. Ada ayat alkitab tentang kepura-puraan, sehingga kita bisa terhindar dari sikap yang tidak selaras dengan Allah ini.

  • Tidak tulus

Ciri-ciri orang yang munafik menurut alkitab juga berarti orang yang tidak pernah tulus dalam melakukan perbuatannya. Ini berarti mereka selalu berbuat atau melakukan sesuatu, hanya karena ada sesuatu yang di inginkan atau karena ada imbalan nya. Itu sebabnya, ada ayat alkitab tentang kejujuran yang bantu kita tahu, bahwa seseorang yang tulus, berarti orang yang tulus dan tidak munafik.

  • Bertentangan dengan kata-katanya

Ciri-ciri orang yang munafik menurut alkitab, cenderung akan berkata berlebihan sehingga kata-kata dan perbuatannya tidak akan selaras atau bisa menyimpang. Itu sebabnya, orang munafik akan di ketahui dari kata-katanya yang besar, namun tidak selaras dengan perbuatannya yang sebenarnya.

  • Suka pamer

Orang yang memberikan bantuan dengan memamerkannya secara mencolok, yang berdoa dan berpuasa supaya dilihat orang, dan yang mengkritik kesalahan orang lain, adalah ciri-ciri orang yang munafik menurut alkitab. Yang artinya, mereka melakukan sesuatu, hanya karena suka pamer. Namun, tidak hidup selaras dengan hal itu.

  • Ramal palsu

Ciri-ciri orang yang munafik menurut alkitab, juga berarti suka meramalkan sesuatu hal, namun ternyata itu adalah sebuah kepalsuan. Mereka percaya bahwa apa yang mereka pikirkan itu, benar dan selaras dengan kenyataan yang ada. Namun, itu adalah sebuah kepalsuan yang terbukti.

  • Perhitungan

Ciri-ciri orang yang munafik menurut alkitab, adalah orang yang selalu perhitungan. Mereka tidak pernah memberi sesuatu karena ketulusan hati, namun menginginkan sesuatu yang lebih baik. Mereka cenderung pura-pura, dan ingin menerima yang lebih dari seseorang tersebut.

  • Kasih sayang yang pura-pura

Kasih sayang yang kita tunjukkan kepada sesama atau orang lian, itu hendaknya tidak karena kepura-puraan semata, hanya karena kewajiban atau karena seseorang telah baik terhadap kita. Namun itu seharusnya tulus dari hati kita.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kristen