Nabi Nabi Pada Masa Pembuangan Berserta Perannya

√ Quality Checked Pass quality & checking

Kondisi para umat Israelatau yehuda di masa pembuangan sangatlah menyedihkan. Hal itu bisa terjadikarena mereka sangat terpukul dan merasakan kehilangan segalanya. Baik itukehilangan harta, maupun kehilangan haknya. Keadaan semacam itu telah dikatakanEtienne Charpienter. Kehancuran kota Yerusalem membuat umat Israel merasakankehilangan besar terhadap Allah.

Meskipun begitu, Allahmengutus para nabi untuk menyampaikan berita pelepasan akan keputusasaan untukumat israel yang mengalami perbudakan. Nabi-nabi ini hadir ketika zamanpembuangan terjadi. Selain itu, para nabi ini juga membawa pengaruh terhadapaspek-aspek keagamaan seperti Yudaisme, synagoge, dan terakhir adalah Zionisme.Untuk mengetahui siapa sajakah nabi tersebut, inilah ulasannya.

1. Yesaya

Nama Nabi yang pertamamuncul ketika terjadi pembuangan adalah Yesaya. Nabi Yesaya merupakan salahsatu tokoh Alkitabyang memiliki pandangan bahwa penderitaan bukanlah hukuman yang berat dariTuhan. Hal itu dikatakan selama hukuman dipandangn dalam bentuk pelanggaranyang telah dilakukan sebelumnya.. gambaran penderitaan rohani dari umat Israelpada zaman pembuangan dan juga hasrat yang berapi-api telah dijabarkan padaMazmur 137.

Isi surat tersebut lebihkurang seperti ini. “ Di bagian tepi sungai-sungai daerah Babel, di sana kitaduduk dan juga menangis. Jika kita mengingat Sion, maka Pohon-pohon gandarusamenggantungkan kecapi kita. Di sana lah orang-orang menahan kita serta memintakita mendengarkan nyanyian. Orang-orang yang telah menyiksa kita memintadinyanyikan dengan penuh suka cita”.Dari surat Mazmur 137 tersebut, kita dapatmelihat betapa kejam dan juga pilunya penderitaan yang dirasakan umat Israelsaat itu.

Perlu Anda ketahui bahwaNabi Yesaya merupakan anak dari seseorang yang namanya Amos. Dia memiliki istridan juga dua orang anak. Digambarkan Nabi Yesaya menulis kitab-kitab pada saatkehidupan raja Uzia, Yotam, Ahaz, dan terakhir Hizkia. Saat itu, kitab-kitabbuatan Yesaya menerangkan beberapa hal tentang Israel. Contoh-contoh isi subtema dala Kitab Yesaya antara lain:

  • Penyembahan terhadap berhalasebelum terjadinya pembuangan
  • Janji terhadapkeadaan yang baru
  • Penghukuman Allahuntuk umat-umat pilihan
  • Penglihatan secara easkatologis
  • Zion yang telahdibangun kembali

Jenis kitab-kitab lainnyayang ditulis oleh nabi Yesaya antara lain kehidupan raja Uzia, dan Raja-rajaIsrael serta Yehuda. Hal tersebut telah ditulis pada 2Taw: 26:22 dan 2Taw 32:22.

2. Yehezkiel

Nabi kedua yang muncul padasaat pembuangan adalah Yehezkiel. Nabi Yehezkiel termasuk ke dalam nabi yangmeramalkan kelahiran Yesus. Pada saat itu, Nabi Yehezkiel serta para nabilainnya juga mengajak umat-umat Israel untuk membacakan ulang berbagai tradisilama sehingga dapat menemukan solusi untuk kehidupan beriman. Bait Allah danjuga para korban merupakan perkara masa lampau. Meskipun begitu, masih ada kemungkinandapat bertemu dengan hari Sabat untuk dapat menyembah Allah.

Berdasarkan C. Vriezen, adahal yang menarik tentang Nabi Yehezkiel dan Yesaya, yakni saat periodepembuangan tersebut merupakan suatu puncak perkembangan rohani Bangsa Israel.Masa awal pembaharuan justru terletak pada pengalaman rihani Yesaya dan diajugalah yang meneruskan pembaharuan tersebut pada kaum-kaum yang terbuang.

Ketika  masa-masa penderitaan yang dialami para umatIsrael terjadi, di saat itulah mereka benar-benar membutuhkan pertolonganAllah. Kritikan nabi yang telah disampaikan terhadap agama Yahudi pada saatsebelum terjadinya masa pembuangan terus dipelajari, lalu diterima, danterakhir dimanfaatkan.

Nabi Yehezkiel pernahditahan sekitar tahun 597 SM. Saat itu, dia bersama raja Yoakhin telah dibuang keBabilonia. Meskipun begitum Nabi Yehezkiel masih terus melayani sampai tahun kedua puluh tujuh  dari masa-masapembuangan, yakni sekitar tahun 571 SM. Pada saat Daniel bekerja di istanaraja, Nabi Yehezkiel masih melayani rakyat Yehuda yang masih dalam masapembuangan.

Itulah nabi-nabi pada masa pembuangan dan juga perannya. Daribeberapa cerita yang sudah dipaparkan di atas, kita bisa melihat bahwa Allahmenurunkan sosok penting ketika para umat Yehuda membutuhkannya. Di sana jugakita harus memahami arti bersyukur didalam Alkitab sehingga kita senantiasa berada dalam lindungan-Nya. Anda jugasebaiknya pelajari ciri-ciri nabipalsu dalam Alkitab sehingga Anda bisa lebih paham lagi. Semoga artikel inibisa memberikan manfaat.

fbWhatsappTwitterLinkedIn