Sponsors Link

6 Nabi yang Meramalkan Kelahiran Yesus Dalam Perjanjian Lama

Sponsors Link

Ada banyak orang Kristen yang mendengarkan kisah mengenai nabi yang meramalkan kelahiran Yesus. Hal ini karena sejak dari semula Allah telah memberikan petunjuk kepada manusia akan kedatangan juru selamat sebagai cara memperoleh keselamatan menurut iman Kristen yaitu melalui putraNya Tuhan Yesus Kristus. Namun masih juga ada banyak orang yang tidak mempercayai hal tersebut dan berkilah akan karunia yang diberikan oleh Allah tersebut. Termasuk hingga saat ini masih banyak umat Kristen yang kurang memahami akan hal tersebut. Oleh sebab itu sebaiknya simak berikut ini informasi mengenai nabi yang meramalkan kelahiran Yesus sejak awal terutama dari masa Perjanjian Lama.

ads

 1. Yesaya

Nabi Yesaya merupakan salah satu dari tokoh-tokoh Alkitab yang bernubuat dan memberitahukan akan kedatangan Mesias yaitu Tuhan Yesus. Dalam kitab Yesaya telah diberikan petunjuk mengenai kelahiran Yesus nantinya yang akan membawa keselamatan bagi mereka yang percaya kepadaNya. Oleh sebab itu Nabi Yesaya merupakan salah satu nabi di Perjanjian Lama yang dipakai Allah untuk memberitakan tentang Yesus Kristus.

2. Yeremia

Nabi yang meramalkan kelahiran Yesus berikutnya yaitu melalui keteladanan Yeremia. Dalam kitabnya di Perjanjian Lama, telah diberikan berita bahwa kelak akan datang seorang juru selamat yang akan membawa perjanjian baru dengan Bangsa Israel dan membawa penebusan bagi umat manusia. Oleh karena itu nabi Yeremia merupakan salah satu nabi yang dipakai Allah untuk memberitakan kedatangan Mesias. Dalam kitab yang telah ditulis dalam Yeremia diceritakan bagaimana nantinya Tuhan Yesus merupakan penyelamat yang menyatakan janji keselamatan bagi mereka yang dikasihi oleh Allah. Oleh sebab itu sejak masa Perjanjian Lama sudah banyak yang mengetahui akan kelahiran Tuhan Yesus nantinya. Hanya saja sebagian masih belum percaya dan tidak mengindahkan hal tersebut.

3. Mikha

Selanjutnya yang memberitakan tentang kelahiran Yesus lebih jelas yaitu Nabi Mikha. Karena dalam kitabnya dituliskan secara detail bagaimana nantinya Allah akan menyelamatkan manusia dari cengkeraman sifat dosa menurut Alkitab melalui kelahiran putraNya yang tunggal yaitu Tuhan Yesus Kristus. Akan tetapi tentunya masih banyak yang tidak mempercayai nubuatan tersebut. Sehingga tidak banyak yang paham akan nubuatan Nabi Mikha akan keselamatan yang dijanjikan oleh Allah. Hanya mereka yang percaya saja yang memegang janji akan kedatangan penyelamat di masa Perjanjian Baru. Akan tetapi walaupun demikian Nabi Mikha tidak pernah takut dan gentar dalam membawakan firman Allah serta nubuatan mengenai Mesias yang akan lahir ke dunia tersebut.

4. Bileam

Salah satu nabi berikutnya yang dipakai Allah sebagai pewarta dari kedatangan Tuhan Yesus ke dunia yaitu Nabi Bileam. Dalam kitab di Bilangan dijelaskan bagaimana kisah tentang tokoh Alkitab yang rendah hati yang satu ini. Serta termasuk bagaimana Bileam dipakai Allah untuk memberitakan keselamatan yang akan datang melalui kedatangan Tuhan Yesus ke dunia. Sehingga umat Allah akan diselamatkan dan tidak perlu khawatir akan dosa yang mencengkeram mereka sejak jaman nenek moyang yaitu dosa Adam dan Hawa. Oleh sebab itu umat Kristen patut bersyukur karena kasih karunia Allah yang diberikan melalui kelahiran Yesus dan telah dinyatakan sejak awal mula. Sehingga bisa banyak orang yang diselamatkan Allah melalui Tuhan Yesus.

5. Daniel

Selanjutnya ada pula nabi Daniel yang berulang kali menceritakan dan mengkisahkan karunia Allah terhadap umat kesayanganNya melalui juru selamat yang akan lahir ke dunia dan membawa sukacita penyelamatan yang sempurna dari Allah. Hal ini terlihat dari nubuatan dan perkataan Daniel pada banyak orang mengenai rencana kedatangan Mesias ke dunia tersebut. Namun memang masih banyak yang tidak percaya akan perkataan Nabi Daniel. Namun demikian dalam kasih karunia Allah yang sempurna, Daniel terus memberitakan kedatangan Allah ke dunia melalui kelahiran Yesus. Hal inilah salah satu contoh kesetiaan dalam Alkitab dari Nabi Daniel dalam memperkatakan nubuatan Allah kepada umat manusia.

Sponsors Link

6. Yehezkiel

Berikutnya yang juga dipakai Allah untuk memberitakan kelahiran Yesus yaitu Nabi Yehezkiel. Dalam firman dan kitab yang tertulis pada Perjanjian Lama dikisahkan bagaimana Yehezkiel dipakai Allah untuk memberitakan persiapan kedatangan Tuhan Yesus ke dunia. Walaupun ada banyak umat Allah yang tidak mempercayai nubuatan tersebut, akan tetapi Nabi Yehezkiel tetap memperkatakan kebenaran tersebut. Karena itulah Tuhan memberkati kehidupan Nabi Yehezkiel dengan berlipat kali ganda karena kegigihannya dalam memperkatakan firman dan nubuatan dari Allah. Melalui Nabi Yehezkiel nama Tuhan Allah telah dipermuliakan karena ia patuh pada tuntunan Roh Kudus termasuk memberitakan keselamatan yang datang dari Allah melalui kelahiran Tuhan Yesus nantinya.

Itulah beberapa nabi yang meramalkan kelahiran Yesus terutama dari masa Perjanjian Lama. Oleh sebab itu tidak heran jika sebelum Tuhan Yesus dilahirkan maka banyak yang sudah mengetahui akan terjadinya hari tersebut. Kelahiran Tuhan Yesus tentunya memberi makna tersendiri bagi sebagian umat Allah. Terutama yang memegang janji keselamatan dalam Alkitab yang akan dilakukan melalui pengorbanan dalam penyaliban Yesus. Oleh sebab itu hendaknya kita selalu bersyukur atas kasih karunia tersebut. Sehingga saat ini kita umat Kristen memperoleh karunia berupa keselamatan dan kehidupan yang kekal. Amin.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Kristen