Sponsors Link

Nama Efraim Menurut Alkitab: Arti, Makna dan Pandangannya

Sponsors Link

Sering kali umat Kristen mendengar kata Efraim di berbagai misa atau khotbah. Namun ada banyak yang tidak menyadari atau memahami apa sebenarnya arti, makna dan pandangannya nama Efraim menurut Alkitab. Oleh sebab itu sangat penting bagi umat Allah untuk belajar lebih dalam akan firman Tuhan. Sehingga mengerti dengan jelas mengenai maksud yang ingin Allah sampaikan mengenai suatu hal. Termasuk apa itu Efraim dan bagaimana sejarah penulisan Alkitab maupun kisah yang berkaitan dengan Efraim tersebut. Untuk umat Allah yang tertarik mengetahui hal ini lebih jelasnya, simak berikut ini arti, makna dan pandangannya nama Efraim menurut Alkitab.

Arti Nama Efraim Menurut Alkitab

Sebenarnya nama Efraim ini bukan nama yang jarang didengar. Bagi yang suka membaca firman Allah atau mendengarkan khotbah dengan seksama pasti sudah pernah mendengar kata ini. Menurut Alkitab artinya sebagai berikut:

Kejadian 41″52″Dan kepada anaknya yang kedua diberinya nama Efraim, sebab katanya: “Allah membuat aku mendapat anak dalam negeri kesengsaraanku.”

Efraim ini jika dilihat dari sejarah di Alkitab adalah anak dari Yusuf. Dikatakan seperti pada ayat di atas bahwa Efraim dilahirkan saat Yusuf masih berada di Mesir atau sebelum bangsa Israel menuju ke tanah perjanjian. Disini Allah bermaksud menggenapi janji Tuhan bagi orang percaya termasuk menghibur hati Yusuf dengan memberinya keturunan, salah satunya yaitu Efraim. Karena saat itu Yusuf jauh dari keluarganya, maka kehadiran anak di dalam hidupnya tentu memberikan penghiburan dan sukacita tersendiri.

Dari sejarah dan kisah tersebut maka cukup jelas bahwa Efraim ini bisa diartikan sebagai penghiburan di masa kejayaan Yusuf sendiri. Menurut Alkitab, Efraim adalah anak terakhir sebelum datang masa kelaparan hebat di tanah Mesir hingga Kanaan yang kemudian memimpin Yusuf dapat bertemu kembali dengan keluarganya. Sehingga ketika Efraim dilahirkan, maka dapat diartikan pula sebagai berkat dari Allah atas keteladanan dan kesabaran Yusuf dalam melalui hidupnya untuk tetap bersandar pada Allah. Karena sejatinya Allah tidak pernah melupakan umat kesayanganNya dan selalu memberikan berkat serta kasih karunia yang besar bagi orang yang Allah kasihi. Demikian pula karakter Yusuf dalam Alkitab, yang sangat dikasihi Allah pada masa itu.

Makna Nama Efraim Menurut Alkitab

Selain dari kisah yang telah dituliskan di atas, ada banyak lagi kisah dimana Alkitab menceritakan tentang nama Efraim. Salah satunya yaitu sebagai berikut:

Yosua 16:4″Demikianlah bani Yusuf, yakni suku Manasye dan suku Efraim, menerima milik pusaka”
Bilangan 26:28″Keturunan Yusuf, menurut kaum mereka, ialah orang Manasye dan orang Efraim.”

Pada intinya, Alkitab menekankan bahwa Efraim ini keturunan Yusuf. Sehingga merupakan bagian dari tokoh-tokoh Alkitab dan memberikan makna sejarah yang penting jika dirunut silsilah dari Bangsa Israel sendiri. Janji Allah juga digenapi melalui lahirnya Efraim, karena nantinya Efraim sendiri menjadi suku yang besar dan tidak terhitung jumlahnya. Sehingga sudah jelas, bahwa makna Efraim ini sangat besar. Terutama berkaitan dengan janji keselamatan yang Allah berikan pada umat yang dikasihiNya.

Pandangannya Nama Efraim Menurut Alkitab

Apabila dilihat lebih jauh mengenai pandangan Alkitab terhadap suku Efraim ini, selanjutnya ada banyak yang dikisahkan. Lebih dahulu sebaiknya simak beberapa ayat berikut ini untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas.

Yosua 17:17″Lalu berkatalah Yosua kepada keturunan Yusuf, kepada suku Efraim dan suku Manasye: “Engkau ini bangsa yang banyak jumlahnya dan mempunyai kekuatan yang besar; tidak hanya satu bagian undian ditentukan bagimu,”

Yeremia 31:20″Anak kesayangankah gerangan Efraim bagi-Ku atau anak kesukaan? Sebab setiap kali Aku menghardik dia, tak putus-putusnya Aku terkenang kepadanya; sebab itu hati-Ku terharu terhadap dia; tak dapat tidak Aku akan menyayanginya, demikianlah firman TUHAN”

Yohanes 11:54″Karena itu Yesus tidak tampil lagi di muka umum di antara orang-orang Yahudi, Ia berangkat dari situ ke daerah dekat padang gurun, ke sebuah kota yang bernama Efraim, dan di situ Ia tinggal bersama-sama murid-murid-Nya.”

Seperti yang ada pada ayat di atas, dikisahkan di Perjanjian Lama bahwa selanjutnya Efraim ini menjadi suku yang besar dan tidak terhitung jumlahnya. Sehingga secara tidak langsung dapat kita lihat penggenapan ayat Alkitab tentang keturunan yang dinyatakan oleh Allah melalui Efraim. Bahkan di Perjanjian Baru dikatakan bahwa nama Efraim ini menjadi nama sebuah kota untuk mengenang Efraim sendiri. Hingga hari ini kata dan nama Efraim juga masih banyak kita dengar di kalangan umat Kristen sebagai suatu nama yang dimaksudkan baik untuk mengingat penggenapan janji Allah pada Bangsa Israel. Oleh sebab itu mengenakan nama Efraim ini baik adanya.

Itulah sekilas tentang arti, makna dan pandangannya nama Efraim menurut Alkitab. Hendaknya sebagai umat Kristen kita menekankan kerinduan untuk lebih memahami apa maksud Allah akan suatu hal yang disampaikan melalui firmanNya. Oleh sebab itu selalu ingat untuk cara berdoa dalam Roh serta meminta Allah pimpin hidup kita supaya sejalan dengan kehendakNya. Sehingga kita mengetahui apa yang menjadi keinginan Allah di dalam hidup kita orang percaya. Dengan demikian maka kita akan memuliakan Allah serta menyatakan kebaikanNya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kristen