Sponsors Link

Nama Eunike Menurut Alkitab: Arti, Makna dan Pandangannya

Sponsors Link

Banyak orang Kristen yang memiliki nama Eunike sering kali belum mengerti benar apa arti, makna dan pandangannya nama Eunike menurut Alkitab. Sebagian dari mereka berpikir bahwa hal ini hanya sebuah nama saja yang terdengar cantik untuk anak wanita. Padahal lebih dari itu, apalagi Tuhan selalu punya maksud dari setiap perkara. Termasuk latar belakang nama Eunike ini dan apa artinya. Oleh sebab itu sebaiknya orang tua yang hendak memberikan nama untuk anaknya melakukan cara berdoa yang benar dahulu. Sehingga tidak salah langkah dalam memilihkan nama nantinya. Termasuk jika memiliki anak perempuan dan hendak diberikan nama Eunike ini. Ketahui lebih lanjut tentang arti, makna dan pandangannya nama Eunike menurut Alkitab seperti yang dijelaskan di bawah ini.

ads

Arti Nama Eunike Menurut Alkitab

Nama Eunike ini sebenarnya merupakan salah satu dari nama tokoh-tokoh Alkitab. Bagi yang belum pernah tahu, Eunike ini dikisahkan dan disebutkan hanya sekali saja di Perjanjian Baru. Namun jika dilihat secara lebih jelas, maka arti nama tersebut cukup indah. Lihatlah bagaimana nama ini disebut pada Perjanjian Baru di Alkitab.

2 Timotius 1:1-5, 1:1 Dari Paulus, rasul a Kristus Yesus oleh kehendak Allah b untuk memberitakan janji tentang hidup dalam Kristus Yesus, 1:2 kepada Timotius, anakku yang kekasih: kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Kristus Yesus, Tuhan kita, menyertai engkau.

Ucapan syukur dan nasihat untuk bertekun

1:3 Aku mengucap syukur kepada Allah, yang kulayani dengan hati nurani yang murni seperti yang dilakukan nenek moyangku. Dan selalu aku mengingat engkau dalam permohonanku, baik siang maupun malam. 1:4 Dan apabila aku terkenang akan air matamu yang kaucurahkan, aku ingin melihat engkau kembali supaya penuhlah kesukaanku. 1:5 Sebab aku teringat akan imanmu yang tulus ikhlas, yaitu iman yang pertama-tama hidup di dalam nenekmu Lois dan di dalam ibumu Eunike dan yang aku yakin hidup juga di dalam dirimu.

Kisah Para Rasul 16:1 “Paulus datang juga ke Derbe dan ke Listra. Di situ ada seorang murid bernama Timotius; ibunya adalah seorang Yahudi dan telah menjadi percaya, sedangkan ayahnya seorang Yunani.”

Dari sepenggal ayat di atas sudah jelas bahwa Eunike ini memiliki arti berupa kemenangan iman atau ketulusan iman yang dalam. Hal ini tersirat melalui bagaimana Paulus mengingat iman Eunike yang tulus dan ikhlas sehingga di masa berikutnya ia memiliki anak-anak yang takut akan Tuhan juga. Sehingga dalam kehidupan Timotius sebagai salah satu anaknya, memiliki sejarah tercatat pula di dalam Alkitab sebagai salah satu tokoh Kristen yang memperjuangkan kebenaran akan iman kepada Yesus Kristus.

Makna Nama Eunike Menurut Alkitab

Selain daripada arti yang dikatakan di atas, kata Eunike ini juga memberikan banyak makna. Tidak banyak wanita yang disebutkan namanya dalam Alkitab terutama yang bukan nabi atau penguasa atau pernah melakukan sesuatu yang besar. Lain halnya Eunike yang sebenarnya hanya seorang ibu dari Yahudi namun takut akan Tuhan. Sehingga dari hal yang kecil ini Tuhan mengingat nama tersebut dan membuatnya ternama hingga masa sekarang.

Inilah salah satu makna yang baik dari nama tersebut, yaitu keteguhan iman yang besar. Yang kadang kala tidak mudah ditemukan pada orang-orang di jaman tersebut. Dimana sebagian besar merasa takut mengakui Allah. Namun tidak demikian dengan Eunike yang mendidik keluarga terutama anak-anaknya untuk senantiasa percaya akan Allah dan menantikan janji keselamatan dalam Alkitab yang akan diberikan.

Pandangan Nama Eunike Menurut Alkitab

Nama Eunike ini di Alkitab juga mendapatkan pandangan yang cukup baik. Terlihat dari bagaimana pujian dilontarkan oleh Paulus sendiri pada Timotius. Sehingga dari sini banyak orang Kristen yang pada jaman itu mengakui kebesaran serta ketulisan iman dari Eunike dalam membesarkan anak-anaknya pada rasa takut akan Allah serta mengimani Allah. Tertulis juga bahwa pada awalnya Eunike ini disebutkan seorang Yahudi. Dimana jelas dari garis keturunannya ada keturunan umat pilihan Allah. Ini menandakan pandangan yang dalam dari kisah tersebut, bagaimana Allah selalu menjaga anak cucu mereka yang takut akan Allah. Dari sini Allah memberikan pandangan pada orang Kristen secara umum bahwa bagi siapa yang mempertahankan iman dengan baik, maka seluruh keluarganya juga akan diberikan kesempatan untuk diselamatkan.

Oleh sebab itu hal ini bisa menjadi pelajaran berharga bagi umat Kristen untuk tetap mempertahankan rasa cinta dan taat pada Tuhan. Pertahankan iman akan keselamatan yang akan diberikan Allah melalui penyaliban Yesus. Sehingga pada waktunya nanti maka umat Kristen mampu menjadi pemenang dan memperoleh hidup yang kekal. Itulah tadi arti, makna dan pandangannya nama Eunike menurut Alkitab. Tentu setelah mengetahui makna baik di balik nama tersebut, orang tua akan merasa lebih lega jika memberikan nama tersebut untuk buah hatinya. Selalu percaya bahwa pertolongan karunia Roh Kudus dalam kehidupan kita sangat besar artinya. Termasuk saat mendampingi para orang tua dalam memilihkan nama terbaik bagi putra putrinya. Sehingga kelak, anak tersebut dapat menjadi kebanggaan yang mampu melaksanakan makna garam dan terang dunia.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kristen