Sponsors Link

Nama Ezra Menurut Alkitab: Arti, Makna dan Pandangannya

Sponsors Link

Sering kali orang Kristen kurang memahami akan arti, makna dan pandangannya nama Ezra menurut Alkitab. Terutama seringnya umat Kristen melihat nama tersebut hanyalah sematan pada seorang anak sehingga belum tentu memiliki arti khusus. Namun lain halnya pada tokoh-tokoh Alkitab yang namanya dituliskan dalam buku firman Allah tersebut. Karena pada dasarnya setiap kali ada nama yang tertulis di dalamnya, tentu mengandung arti dan makna yang penting. Demikian halnya dengan nama Ezra sebagai salah satu tokoh Alkitab yang rendah hati. Jika ingin tahu lebih jelasnya, simak berikut ini arti, makna dan pandangannya nama Ezra menurut Alkitab.

Arti Nama Ezra Menurut Alkitab

Apabila dirunut lebih lanjut berdasarkan apa yang tertulis di Alkitab, maka sebelum mengetahui arti nama tersebut, sebaiknya pahami kisah Ezra. Karena dari sini akan didapatkan pengertian yang baik mengenai apa sebenarnya arti nama tersebut di Alkitab. Lebih jelasnya dikatakan pada firmanNya seperti berikut ini:

Nehemia 8:2 “Lalu pada hari pertama bulan yang ketujuh itu imam Ezra membawa kitab Taurat itu ke hadapan jemaah, yakni baik laki-laki maupun perempuan dan setiap orang yang dapat mendengar dan mengerti.”

Ezra 7:21 “Kemudian aku, raja Artahsasta, telah mengeluarkan perintah kepada semua bendahara di daerah seberang sungai Efrat, begini: segala yang diminta dari padamu oleh imam Ezra, ahli Taurat Allah semesta langit, haruslah dilaksanakan dengan seksama.”

Dari firman yang dituliskan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ezra ini adalah seorang nabi di jaman Perjanjian Lama. Sehingga penyematan dan pemberian nama tersebut sama halnya memberikan arti yang cukup baik. Yaitu bisa diartikan sebagai hamba pilihan Tuhan atau nabi pilihan Allah. Dengan kata lain artinya bisa juga menjadi seseorang yang dipilih Allah secara khusus untuk mengabarkan kasih karuniaNya. Tidak hanya itu saja, tetapi nabi ini selalu diperlengkapi dengan kuasa termasuk mengurapi menurut Alkitab. Sehingga memberikan nama Ezra artinya memberikan kuasa sebagai hamba pilihan Allah yang mampu melakukan banyak perkara di kehidupannya. Oleh sebab itu nama ini adalah nama yang tidak untuk dipermainkan, namun doakan dahulu sebelum memberikan nama Ezra pada anak.

Makna Nama Ezra Menurut Alkitab

Tidak hanya memiliki arti yang cukup penting, tetapi nama Ezra ini juga memiliki makna yang cukup dalam. Banyak orang Kristen mungkin telah membaca kitab Ezra yang mencerminkan tokoh Alkitab yang tidak berputus asa ini, tetapi bisa jadi tidak memahami dengan benar kisah dan makna yang terkandung di dalamnya. Supaya lebih ringkasnya, simak beberapa ayat yang tertulis pada Perjanjian Lama berikut ini.

Nehemia 8:4 “Ezra, ahli kitab itu, berdiri di atas mimbar kayu yang dibuat untuk peristiwa itu. Di sisinya sebelah kanan berdiri Matica, Sema, Anaya, Uria, Hilkia dan Maaseya, sedang di sebelah kiri berdiri Pedaya, Misael, Malkia, Hasum, Hasbadana, Zakharia dan Mesulam.

Nehemia 8:9 “Lalu Nehemia, yakni kepala daerah itu, dan imam Ezra, ahli kitab itu, dan orang-orang Lewi yang mengajar orang-orang itu, berkata kepada mereka semuanya: “Hari ini adalah kudus bagi TUHAN Allahmu. Jangan kamu berdukacita dan menangis!”, karena semua orang itu menangis ketika mendengar kalimat-kalimat Taurat itu.”

Nehemia 12:1 “Inilah para imam dan orang-orang Lewi yang berangkat pulang bersama-sama Zerubabel bin Sealtiel dan Yesua: Seraya, Yeremia, Ezra.”

Dari ayat-ayat di atas beberapa kali disebutkan mengenai ahli kitab. Sehingga secara jelas terlihat bahwa Ezra ini seseorang yang paham benar akan taurat dan firman Allah. Bahkan dikatakan bahwa Ezra ini seorang ahli kitab. Sehingga jelas sekali maknanya bahwa nama Ezra sendiri berarti seseorang yang diberikan karunia Roh Kudus berupa hikmat pemahaman akan firman Allah. Sesuai dengan sebutan ahli kitab itu sendiri yang berarti orang-orang yang mengerti maksud dan kehendak Allah seutuhnya.

Pandangan Nama Ezra Menurut Alkitab

Perhatikan pula ayat berikut ini yang memberikan pandangan lebih dalam mengenai nama Ezra. Sehingga kita mengetahui lebih jelas bagaimana sebenarnya Ezra ini saat pada masanya.

Ezra 7:10 “Sebab Ezra telah bertekad untuk meneliti Taurat TUHAN dan melakukannya serta mengajar ketetapan dan peraturan di antara orang Israel.”

Dari ayat tersebut dikatakan bahwa memang Ezra ini termasuk tekun mengetahui apa yang Allah inginkan dalam hidup orang percaya. Ia dengan sabar mencari tahu apa yang menjadi keinginan Allah. Selain itu Ezra juga mengajarkan apa yang dia pahami pada orang lain di sekitarnya. Lebih tepatnya mengajarkan firman Allah termasuk apa saja ketetapan yang Allah berikan serta aturan apa saja yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan.

Itulah tadi sebagian dari arti, makna dan pandangannya nama Ezra menurut Alkitab Dari penjelasan di atas tentunya akan memberikan pemahaman yang lebih baik dan jelas pada para umat Kristen. Sehingga nantinya saat hendak menyematkan nama tersebut pada anaknya, ada doa ucapan syukur menurut Kristen Protestan dan pengharapan yang baik di dalam hal tersebut. Sehingga bukan saja nantinya nama Tuhan dipermuliakan melalui anak yang diberikan nama ini, namun juga kehidupannya bisa dipenuhi dengan buah-buah Roh Kudus.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kristen