Sponsors Link

5 Nilai Yang Dapat Diteladani Dari Ester Bagi Kehidupan Orang Percaya

Sponsors Link

Sebagai salah satu tokoh Alkitab yang tidak berputus asa, tentunya sebagai orang Kristen kita bisa dapat dengan mudah mendapatkan nilai yang dapat diteladani dari Ester. Ya, siapa yang tidak mengenal Ester, salah satu tokoh Alkitab yang rendah hati di Perjanjian Lama yang kisahnya tertuang di satu kitab. Oleh karena perbuatan dan tingkah laku Ester yang menyenangkan hati Tuhan, maka tentunya Tuhan memberikan kasih yang berlebih pada kehidupan Ester dan mengangkatnya. Jika ingin tahu lebih dalam tentang nilai yang dapat diteladani dari Ester ini, simak beberapa poin berikut.

1. Jujur

Hal pertama yang bisa diambil hikmah dari kisah Ester ini yaitu kejujuran yang diberikan oleh Ester. Dia tidak ingin melihat sesuatu yang tidak benar di mata Tuhan terjadi begitu saja, sehingga Ester berani mengemukakan kejujuran sepenuhnya. Hal ini yang merupakan salah satu bentuk pencerminan buah-buah Roh Kudus di dalam kehidupan orang percaya.

2. Takut Akan Tuhan

Kemudian nilai yang dapat diteladani dari Ester berikutnya yaitu takut akan Tuhan. Ester tidak tergoda untuk menyembah Allah yang lain pada jamannya. Namun dia tetap percaya hanya kepada Allah saja dan senantiasa takut akan Dia. Tentunya ini hal yang paling penting saat percaya kepada Tuhan dan mengikut Dia.

3. Tekun Berdoa

Ester juga tekun berdoa kepada Tuhan, apapun pergumulan yang dirasakan Ester, maka dia akan datang di kaki Tuhan dan mengucapkan keluh kesahnya sepenuh hati hanya kepada Allah. Disini adalah contoh yang baik, dimana bukan orang lain yang dipercaya, tetapi hanya Tuhan saja yang dipercaya Ester bisa melakukan segala perkara.

4. Penuh Iman Percaya

Sesuai nilai di atas, Ester penuh iman dan percaya kepada Tuhan. Sehingga pada akhirnya Tuhan memberikan kasih yang berlebih pada hidup Ester dan memberikan berkat yang lebih besar lagi. Apabila kita lihat kisah Ester dan merunut mengenai arti nama Ester menurut Alkitab ini, maka tampak jelas dimana Ester tidak sedikitpun berpaling dari Allah dan hanya mengandalkan Allah saja.

5. Berani Berpuasa

Hal terakhir yaitu keberanian keputusan yang diambil Ester untuk berdoa dan berpuasa selama tiga hari lamanya. Tentu bukan waktu yang sebentar, namun Ester percaya bahwa dengan cara menjalankan puasa Esther maka Tuhan akan mengindahkan dan mengabulkan doanya. Oleh sebab itu Ester tidak mudah putus asa dan percaya sepenuhnya bahwa Tuhan akan mendengarkan dia. Iman itu bukan hanya diucapkan, tetapi dilakukan oleh Ester.

Itulah beberapa nilai yang dapat diteladani dari Ester oleh setiap orang Kristen. Hendaknya dalam pergumulan hidup kita jangan lupa untuk selalu berdoa sehingga Tuhan senantiasa dekat dengan kita serta memberikan penyertaan dengan perantaraan karunia Roh Kudus di dalam hidup kita. Dengan demikian tentu tidak ada yang tidak mungkin. Yang paling terutama teladani sikap dan iman yang dimiliki oleh Ester. Tuhan sendiri telah berkorban mencintai kita melalui penyaliban Yesus ribuan tahun yang lalu, maka kini waktunya untuk kita umatNya yang membalas cinta kasihNya tersebut melalui ketaatan dan takut akan Dia.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Etika dan Moral