Sponsors Link

Bolehkah Orang Kristen Masuk Masjid? Apakah Dosa atau Tidak?

Sponsors Link

Indonesia mengakui adanya enam agama resmi termasuk Kristen Protestan dan Katolik serta Islam yang memiliki ciri-ciri sendiri seperti ciri-ciri agama Kristen Protestan. Karena Indonesia dipenuhi oleh orang Islam secara mayoritas, kita dapat melihat masjid sebagai gedung ibadah mereka dimana-mana. Ada begitu banyak masjid yang dibangun di sekitar kita. Banyaknya orang Islam di Indonesia pun seringkali memberikan dorongan untuk melakukan berbagai aktivitas di dalam masjid seperti kumpul reuni atau rapat dan kegiatan lainnya.

ads

Orang Kristen Masuk Masjid Menurut Islam

Kita tahu bahwa masjid merupakan gedung ibadah bagi orang Islam. Lalu, bolehkah orang Kristen masuk masjid? Apakah dosa atau tidak? Ada begitu banyak pertanyaan yang sering kali muncul di antara kita sebagai orang Kristen. Berikut beberapa penjelasan mengenai hukum orang Kristen masuk masjid juga orang-orang dari agama lainnya menurut para ulama sebagai tokoh agama Islam.

  • Orang Islam tidak memperbolehkan orang Kristen masuk masjid manapun

Ada beberapa ulama yang tidak membolehkan orang Kristen masuk masjid. Mereka mendasarkan ini pada firman yang tertulis dalam QS. At-Taubah : 18 yang berbunyi “Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir..” Namun, para ulama yang memberikan pendapat ini memberikan beberapa pengecualian bagi orang-orang Kristen yang memiliki kepentingan khusus bagi masjid. Contohnya adalah tokoh bangunan yang bertugas untuk ikut membangun masjid. Karena orang tersebut membantu masjid, maka orang tersebut, meskipun seorang Kristen, akan tetap diperbolehkan masuk masjid.

  • Orang Kristen masuk masjid diperbolehkan jika ingin masuk Islam

Selain itu, muncul pendapat lainnya dari beberapa ulama. Mereka membolehkan orang Kristen masuk masjid jika mereka ingin masuk Islam. Mereka dapat terlebih dahulu mengenali budaya Islam, cara beribadah, dan lain sebagainya. Namun, ada syarat yang harus dipenuhi. Orang Kristen masuk masjid baru diperbolehkan jika mendapatkan izin dari salah satu orang Islam pada masjid tersebut. Hal ini memberikan indikasi bahwa orang Kristen masuk masjid adalah orang Kristen yang akan segera pindah agama sesuai hukum pindah agama dalam Kristen.

  • Ada pendapat orang Kristen masuk masjid boleh asal bukan Masjidil Haram

Namun, ternyata, ada pula beberapa ulama yang membolehkan orang Kristen masuk masjid selama itu bukan Masjidil Haram di Mekkah. Mereka mendasarkan hal ini pada firman yang tertulis dalam QS. At-Taubah : 28 yang berbunyi “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya orang-orang yang musyrik itu najis. Karena itu, janganlah mereka mendekati Masjidil Haram sesudah tahun ini (tahun 9 H).

Para ulama ini pun akhirnya memutuskan tidak melarang orang Kristen masuk masjid dengan alasan apapun. Bagi mereka yang terpenting adalah orang Kristen ataupun agama lainnya tidak masuk Masjidil Haram. Meski begitu, ternyata saat ini sudah ada orang Kristen yang masuk ke Masjidil Haram.

Orang Kristen Masuk Masjid Menurut Kristen

Para ulama sendiri masih memberikan berbagai perbedaan pendapat mengenai orang Kristen masuk masjid. Lalu, bagaimana pendapat para tokoh agama Kristen? Berikut beberapa penjelasan orang Kristen masuk masjid menurut Kristen.

  • Gedung bukanlah tempat kudus yang hanya bagi sekelompok orang

Gedung baik itu gereja, masjid, atau apapun itu hanyalah sebuah bentuk fisik yang dibangun oleh manusia. Oleh karena itu, tidak ada satu gedungpun yang benar-benar kudus sehingga hanya dapat dimasuki oleh sebagian orang tertentu. Apalagi jika pada tempat itu, tidak ada kehadiran Allah Yang Maha Kudus. Kita tidak dapat menentukan suatu tempat sebagai tempat yang khusus bagi orang-orang kudus dan mana tempat yang dapat dimasuki oleh siapapun.

Sponsors Link

Kita tahu pada Perjanjian Lama, Alkitab menceritakan bahwa hanya para imam yang bertugas yang dapat memasuki Bait Allah. Namun, hal ini malah membuat orang Israel mengagungkan Bait Allah sebagai gedung, tanpa mengagungkan Allah. Ini yang membuat orang Israel perlahan-lahan mulai memasuki masa keterpurukan. Pada saat Yesus akhirnya membawa keselamatan pun, kita tahu tirai pemisah dalam Bait Allah terbelah dua. Ini memberikan pengertian bahwa gedung tersebut dapat dimasuki oleh siapapun. Prinsip ini seharusnya berlaku bagi gedung apapun, termasuk masjid sekalipun.

  • Orang Kristen harus dapat menghargai pendapat orang lain

Namun, orang Kristen dituntut memiliki kasih bagi siapapun, termasuk kepada orang Islam seperti yang tertulis dalam prinsip kasih tentang Alkitab. Kasih dapat kita tunjukkan dengan menghargai pendapat mereka. Jika memang mereka menolak kehadiran kita di dalam masjid, kita tidak perlu memaksakan pendapat kita. Kita hargai pendapat mereka dengan mengikuti aturan tersebut.

Kita tidak memasuki masjid sesuai keinginan mereka meski kita tahu bahwa sebenarnya kita boleh-boleh saja berdasarkan ajaran Kristen. Dengan begitu, kita memberikan contoh mengasihi dengan tulus dan penuh hormat. Kita juga memberikan contoh bagaimana kita memberikan toleransi yang baik kepada sesama kita dari agama yang berbeda. Jika kita tetap memaksa, kita sebenarnya sedang menolak larangan menghina agama lain dalam Injil.

Sponsors Link

  • Masuk masjid bukanlah sebuah dosa bagi orang Kristen

Dengan penjelasan sebelumnya, Kristen memberikan pendapat bahwa orang Kristen masuk masjid bukanlah sebuah dosa. Kita bebas masuk ke masjid ataupun gedung ibadah lainnya. Namun, kita harus dapat menghargai apa yang diminta oleh orang-orang yang memang memiliki kepentingan dalam gedung tersebut, termasuk masjid. Kita pun sebenarnya tidak memiliki kepentingan yang benar-benar khusus yang dapat memaksa kita memasuki masjid.

Hal yang dosa sebenarnya jika orang Kristen masuk masjid untuk mengimani agama Islam dan berpindah dari agama Kristen. Itu bukanlah menunjukkan bentuk toleransi, tetapi malah menunjukkan ketidaksetiaan kepada Allah sesuai ayat Alkitab tentang pindah agama. Itulah beberapa penjelasan tentang bolehkah orang Kristen masuk masjid. Sebagai orang Kristen, kita tentu paham bahwa kita tidak perlu membeda-bedakan gedung.

Orang Kristen boleh saja masuk masjid dan orang Islam ataupun agama lain pun boleh saja masuk gereja. Namun, kita perlu menghargai teman-teman kita yang beragama Islam. Jika mereka memang keberatan kita masuk masjid, kita tidak perlu memaksakan diri. Selain itu, kita juga tidak diperbolehkan masuk masjid dengan alasan pindah agama. Seharusnya, kita yang membantu orang untuk melakukan cara masuk Kristen. Segala kemuliaan bagi nama Tuhan. Tuhan memberkati.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kristen