Sponsors Link

Bolehkah Orang Kristen Mengucapkan Assalamualaikum? Apakah Dosa atau Tidak?

Sponsors Link

Kita hidup di negara Indonesia yang merupakan negara demokrasi yang memilliki banyak keberagaman. Negara ini memiliki penduduk dengan berbagai macam latar belakang, suku, bahasa, dan juga agama. Dengan keberagaman tersebut, Indonesia pun memiliki beberapa hal untuk menjadi persatuan, termasuk dalam bahasa khususnya ucapan salam. Indonesia mengenal ucapan ‘Halo’, ‘Hai’, ‘Selamat pagi/siang/sore/malam’, dan banyak ucapan lainnya yang dapat dipakai oleh semua orang. Namun, Indonesia pun hidup dengan mengamalkan Pancasila. Sila pertama Pancasila mengatakan ‘Ketuhanan yang Maha Esa’. Dalam impelementasinya, penduduk Indonesia diminta untuk menjadi pribadi yang taat beragama. Oleh karena itu, tidak jarang kita melihat orang yang mengucapkan salam sesuai yang dianjurkan agama masing-masing.

Kita paling umum mendengar orang Islam lebih memilih untuk mengucapkan Assalamualaikum. Beberapa orang Kristen sering mengucapkan Shalom sebagai salam. Banyak pula ucapan salam lainnya yang diucapkan oleh agama lainnya yang diakui di Indonesia. Sebagai mayoritas, ucapan Assalamualaikum sangat sering terdengar. Hal ini kemudian menjadi sebuah kebiasaan bahkan bagi orang non-Islam seperti kita orang Kristen. Ketika kita mengangkat telepon, banyak dari kita yang ikut mengucapkan Assalamualaikum sebagai pembuka pembicaraan. Atau ketika kita ingin masuk ke rumah orang, kita mengucapkan Assalamualaikum. Hal ini kemudian dianggap sebagai sebuah hal yang lumrah. Namun, dengan panasnya isu agama saat ini, banyak orang kemudian mempertanyakan tentang peristiwa ini. Sebenarnya bolehkah orang Kristen mengucapkan Assalamualaikum?

Orang Islam menganggap bahwa ucapan tersebut merupakan ucapan milik orang Islam sehingga menjadi sebuah bentuk hinaan ketika orang non-Islam mengucapkannya. Kita pun sering memberikan pembelaan dengan menganggap itu adalah tindakan yang sesuai dengan hukum kasih dalam Alkitab. Kita merasa perlu untuk menghargai status mereka sebagai orang Islam sehingga kita pun memberikan salam sesuai hukum mereka. Terjadilah berbagai pertentangan. Dalam Islam sendiri muncul beberapa pendapat yang berbeda-beda. Lalu, bagaimana dengan cara menyikapi kebudayaan yang sesuai dengam iman Kristen dalam hal ini? Apakah Kristen memperbolehkan umatnya mengucapkan Assalamualaikum? Apakah mengucapkan Assalamualaikum menjadi sebuah dosa bagi orang Kristen? Berikut beberapa penjelasan mengenai bolehkan orang Kristen mengucapkan Assalamualaikum.

  • Islam memperbolehkan orang Kristen mengucapkan Assalamualaikum

Alquran menyatakan “Waidza khuyyitum bitakhiyyatin fakhayyu biakhsana minha au ruddhuha”. Pernyataan ini berarti ketika orang non-Islam mengucapkan salam kepada umat Islam, salam tersebut merupakan salam yang baik. Umat Islam pun diperbolehkan untuk membalas salam yang kita berikan. Meskipun begitu, ada pula hadits dalam Islam yang melarang orang non-Islam, termasuk orang Kristen mengucapkan Assalamualaikum. Oleh karena itu, dalam Islam sendiri masih ada perdebatan mengenai hal ini.

Namun, jika kita melihat contoh di negara Palestina, ada banyak, bahkan hampir semua, orang Kristen mengucapkan Assalamualaikum. Mereka mempertimbangkan bahwa ucapan tersebut bukan diucapkan berdasarkan agama, tetapi berdasarkan kependudukan di Palestina. Tidak ada perdebatan mengenai ucapan Assalamualaikum di Palestina.

  • Ucapan salam tidak membuat kita semakin jauh dengan Allah

Pertanyaan mengenai orang Kristen mengucapkan Assalamualaikum seringkali muncul karena ketakutan akan iman diri sendiri. Kita seringkali merasa takut jika ucapan tersebut membuat kita jauh dari Allah. Kita takut ucapan tersebut mengganggu cara memelihara iman menurut agama Kristen yang selama ini sudah kita lakukan. Namun, kita juga takut kalau dianggap tidak menghargai orang Islam di sekitar kita.

Tentu hal ini dapat kita atasi dengan meneguhkan iman kita. Ketika kita sungguh-sungguh teguh di dalam Allah, kita tentu mengerti apa yang Allah inginkan. Sudah jelas Allah tidak pernah menyalahkan kita ketika kita mengucapkan salam pada siapapun dalam bahasa apapun. Lagipula, ucapan Assalamualaikum bukanlah suatu pernyataan iman Islam, itu merupakan sebuah salam.

Assalamualaikum merupakan sebuah salam dalam agama Islam seperti Shalom dalam agama Kristen. Tentu kita tidak merasa kesal apalagi marah ketika ada orang non-Kristen yang mengucapkan Shalom kepada kita. Itu adalah hal yang biasa, bahkan kita mungkin merasa senang karena dihargai sebagai seorang Kristen. Kita juga tidak pernah menganggap semua orang yang mengucapkan Shalom merupakan orang Kristen. Oleh karena itu, kita dapat memperlakukan ucapan Assalamualaikum sama seperti ucapan Shalom.

[Adsense-B]

  • Orang Kristen harus mendahulukan kasih

1 Korintus 13:13 Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

1 Yohanes 4:16 Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.

Kejadian 1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

Sebagai seorang Kristen, tentu kita sudah belajar banyak hal tentang kasih. Kasih merupakan nilai paling utama di dalam cara hidup orang Kristen yang benar, bahkan hukum kasih merupakan hukum yang paling terutama. Di antara ketiga hal yaitu iman, pengharapan, dan kasih pun, kasih menjadi yang paling besar. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita mendahulukan kasih di atas segala sesuatu. Apalagi kita, manusia, diciptakan menurut gambaran Allah dan Yohanes menggambarkan Allah sebagai kasih. Kita pun seharusnya dipenuhi oleh kasih, baik kepada Allah maupun kepada sesama kita.

Ketika kita mengerti bahwa kasih harus ada dalam diri kita, tentu kita mengerti mengenai orang Kristen mengucapkan Assalamualaikum. Assalamualaikum adalah salam yang penuh kasih. Ketika kita mengucapkannya dengan kesungguhan hati, itu berarti kita pun telah mengucapkan dan menyebarkan kasih kepada sesama kita. Namun, hal yang dosa adalah ketika kita mempermainkan ucapan tersebut dan menghilangkan makna Assalamualaikum yang sebenarnya. Tidak sepatutnya bagi kita untuk mempermainkan sebuah salam.

  • Orang Kristen seharusnya tidak menjadi batu sandungan bagi orang lain

1 Korintus 8:9 Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan menjadi batu sandungan bagi mereka yang lemah.

1 Korintus 8:13 Karena itu apabila makanan menjadi batu sandungan bagi saudaraku, aku untuk selama-lamanya tidak akan mau makan daging lagi, supaya aku jangan menjadi batu sandungan bagi saudaraku.

1 Korintus 10:23 “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.

Selain kasih, Allah pun meminta kita untuk menjadi perpanjangan tangan-Nya membagikan berkat bagi sesama. Kita memiliki tugas orang Kristen sebagai garam dan terang dunia yang berdampak bagi orang di sekitar kita. Oleh karena itu, kita harus memberikan dampak yang baik, termasuk kepada orang non-Kristen. Dalam hal ini, kita sering mengingatnya sebagai tidak menjadi batu sandungan bagi orang lain. Artinya, tindakan kita, ucapan kita, perilaku kita, jangan sampai membuat seseorang menjadi jauh dari Allah ataupun menjadi kecewa. Begitu pula dengan orang Kristen mengucapkan Assalamualaikum. Mungkin Allah memang memberikan kebebasan kepada kita. Kita tidak diwajibkan mengucapkan Assalamualaikum ketika bertemu dengan orang Islam karena masih ada ungkapan salam lainnya.

Namun, kita pun tidak dilarang untuk mengucapkannya. Kita sendiri yang harus berhati-hati dalam mengucapkannya. Jika orang Islam yang kita tuju merasa tidak senang atau terganggu, sebaiknya kita tidak mengucapkan Assalamualaikum. Namun, jika kita tahu bahwa orang yang kita tuju tidak merasa masalah bahkan merasa senang dengan hal itu, tidak masalah juga bagi kita untuk mengucapkan Assalamualaikum kepada mereka. Ingatlah bahwa segala sesuatu mungkin diperbolehkan, tetapi tidak segala sesuatu berguna dan membangun.

  • Mengucapkan Assalamualaikum bukanlah sebuah dosa bagi orang Kristen

Jadi, menurut penjelasan-penjelasan tersebut, orang Kristen mengucapkan Assalamualaikum tidaklah dosa. Namun, kita harus memiliki kebijaksanaan dalam mengucapkannya terutama kepada orang Islam. Jangan sampai kita malah menjadi batu sandungan. Kita seharusnya menjadi pribadi yang membawa damai sejahtera dan bukannya kekacauan. Ingatlah bahwa niat baik kita belum tentu dipandang sama dan dimengerti oleh orang lain. Kita harus memiliki dan melakukan ciri orang bijak menurut Alkitab.

Itulah penjelasan mengenai orang Kristen mengucapkan Assalamualaikum. Memang benar bahwa Assalamualaikum tak lebih hanyalah sebuah salam dengan bahasa Arab yang umum dipakai oleh orang Islam. Assalamualaikum juga bukan merupakan pernyataan iman. Sehingga, orang Kristen mengucapkan Assalamualaikum tidaklah berdosa. Orang tersebut tidak menyangkal keberadaan Allah Tritunggal hanya karena mengucapkan Assalamualaikum kepada sesama kita.

Namun, ada satu hal yang perlu kita ingat bahwa segala sesuatu yang diperbolehkan belum tentu berguna atau membangun. Kita mungkin boleh saja mengucapkan Assalamualaikum, tetapi jika hal tersebut tidak membangun, tidak perlu lah kita mengucapkannya. Misal, ketika kita mengucapkan Assalamualaikum sebagai lelucon, sebaiknya kita menahan diri dan tidak mengucapkannya. Mungkin orang Islam di sekitar yang mendengar tidak akan merasa senang. Kasus lainnya ketika kita diminta memberikan pidato salam pembuka, tidaklah masalah bagi kita untuk mengucapkan Assalamualaikum jika memang banyak target pendengar merupakan orang Islam.

Ingatlah untuk terus meminta Roh Kudus memberikan kebijaksanaan kepada kita. Kita harus berhati-hati sebelum mengambil tindakan apapun. Kita juga harus berhati-hati dalam berkata-kata. Oleh karena itu, teruslah membaca firman Allah agar kita selalu mengerti kehendak Allah. Kita pun dapat menjadi semakin peka akan kerinduan Allah dan tahu mana yang baik dan tidak. Kiranya segala kemuliaan bagi nama Allah. Tuhan memberkati.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kristen