Pandangan Kesurupan Menurut Kristen dan Alkitab

Kesurupan merupakan keadaan atau suatu kondisi seseorang yang bertingkah diluar kewajaran karena kekuatan supranatural seperti kemasukan setan, iblis, jin maupun makhluk tak kasat mata lainnya. Di Indonesia sendiri fenomena kesurupan bukanlah hal yang aneh lagi. Bahkan di beberapa stasiun televisi cukup sering menampilkan adegan orang yang mengalami kesurupan.

Fenomena semacam itu biasanya sudah dipercaya olhe masyarakat, khususnya untuk Umat Islam. Bahkan beberapa cara untuk menangkal kesurupan pun memakai tata cara Islam. Nah, kira-kira bagaiman dari sudut pandang umat Kristen? Apakah kesurupan juga dipercaya dalam Agama Kristen dan Alkitab? Untuk mengetahuinya berikut ulasannya.

1. Kesurupan dari sisi Kristen

Berdasarkan Merrill F. Unger, kerasukan setan disebut juga dengan demon possession atau memiliki arti “Dimiliki Setan”. Definisi luas dari demon possesion adalah keadaan saat satu atau banyak roh jahat maupun setan yang menempati tubuh seseorang. Baik itu dapat mengendalikan secara total maupun tidak.

Sementara itu, makna kesurupan menurut C. Fred Dickason, merupakan sebuah kepasifan maupun sebuah kontrol yang disebabkan oleh setan karena sudah tinggal dalam diri seseorang. Hal tersebut memanifestasikan akibat-akibat dalam berbagai macam keanehan. Baik itu, secara fisik maupun secara mental.

Dari berbagai definisi yang telah diungkapkan bisa kita simpulkan bahwa di dalam ajaran Kristen, kesurupan tidak jauh berbeda maknanya dengan  versi Islam, yakni dirasuki oleh roh ataupun setan.

2. Gejala terjadinya kesurupan

Jika kita lihat dari ayat Alkitab untuk orang kesurupan, ada beberapa ciri atau gejala yang memungkinkan seseorang terkena atau mengalami kesurupan. Beberapa gejala tersebut ada di dalam surat Markus 5 sebagai berikut.

  • Orang tersebut ditempati oleh roh jahat. Hal tersebut tercantum pada Ay.2
  • Terdapat kekuatan fisik yang diluar kewajaran.
  • Tidak terkendali dan bahkan menajdi buas
  • Personalitinya menajdi terpisah
  • Nada suaranya yang berubah
  • Adanya kekuatan okultis.

Selain itum di dalam Markus 5, tanda seseorang mengalami kesurupan bisa terlihat adanya gejala yang mirip dengan cacat tubuh. Contohnya adalah sebagai berikut.

  • Gejala yang hampir mirip dengan epilepsi.
  • Mengalami bisu
  • Matanya buta
  • Kondisi punggung yang terlihat bongkok

Dari pemaparan tersebut, kita bisa memahami jika tanda sesorang mengalami kesurupan tidak selalu dalam keadaan supranatural ataupun gejala yang menghebohkan lainnya. Beberapa gejala yang mirip dengan cacat bisa diartikan seseorang tersebut mengalami kesurupan.

3. Pandangan dari Alkitab

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa adanya kuasa kegelapan dan juga beberapa kesaksian beberapa orang tentang dikuasai oleh roh jahat membuat fenomena kesurupan dari sisi Alkitab dan umat Kristen benar-benar ada. Tentunya roh jahat ini tidak menyerang seseorang secara tiba-tiba. Ada beberapa hak yang diberikan oleh leluhur yang menggunakan sebuah perjanjian-perjanjian okultisme serta celah dosa.

Di dalam Markus 1:23-24 pun menjelaskan.

“Pada saat di rumah peribadatan, ada seseorang yang telah kerasukan berbagai roh jahat. Orang tersebut kemudian berteriak “Apa urusan-Mu ? Hai Yesus orang Nazaret? Engkau ingin membinasakan kami? Aku mengetahui  Engkau, Yang kudus dari Allah“.

Dari isi surat tersebut kita bisa melihat bahwa orang-orang yang sedang beribadah pun bisa terkena kesurupan oleh roh jahat. Meskipun begitu, perlu Anda pahami bahwa roh manusia tidak dapat dimiliki oleh roh jahat. Jiwa di dalam raga seseorang itu sedang ditawan. Sedangkan tubuhnya justru dikuasai oleh roh jahat. Ha ini dapat Anda lihat ketikan adanya ilmu santet maupun teluh.

Demikian pandangan kesurupan dari sisi Umat Kristen dan Alkitab. Fenomena semacam ini memang memiliki makna yang tidak jauh berbeda dari umat beragama lainnya. Maka dari itu, sebaiknya Anda sering-sering beribadah dan minta perlindungan kepada Yesus Kristus agar bisa terhindar dari kesurupan.

Anda bisa mempelajari cara mengusir setan dalam agama Kristen dengan mudah, dan juga cara berdoa dalam roh. Apabila Anda memahami tahapan-tahapannya, maka Anda bisa terhindar dari kemungkinan terkena kesurupan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan karunia Roh Kudus di dalam hidup. Tujuan karunia Roh Kudus bisa membantu orang terbebas dari kesurupan dan bisa kembali hidup normal kembali.

Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat dan karunia dari Tuhan kepada Anda semua.