Sponsors Link

5 Penyebab Jemaat Sering Pindah Gereja Yang Sebaiknya Dipahami Gembala

Sponsors Link

Sering kita lihat jemaat silih berganti pindah dari satu gereja ke gereja yang lain. Hal ini membuat banyak yang bertanya apa yang menjadi penyebab jemaat sering pindah gereja. Terutama jika hal ini terjadi terus menerus dan perputaran jemaat dalam suatu gereja cukup tinggi. Bisa jadi ada masalah yang terjadi di dalamnya. Oleh sebab itu bila ingin tahu lebih jelasnya, berikut ini beberapa penyebab jemaat sering pindah gereja.

1. Pindah Alamat

Cukup wajar jemaat memutuskan untuk pindah tempat ibadah karena harus berpindah rumah atau alamat. Sehingga supaya lebih dekat dan mudah dalam beribadah maka akhirnya memutuskan untuk pindah. Hal ini cukup umum dan wajar. Terutama jika harus berbeda kota dan propinsi. Berpindah gereja karena perpindahan rumah atau alamat ini mau tidak mau tidak dapat dihindari.

2. Kecewa

Beberapa penyebab yang jarang terjadi tetapi bisa berakibat fatal yaitu karena kecewa terhadap gereja. Entah dalam pelayanan maupun dalam hal yang lainnya. Misalnya kecewa terhadap gembala atau sesama pekerja Tuhan yang lainnya. Oleh sebab itu sebaiknya para pekerja dan pelayan memahami tugas seorang pemimpin gereja yang sepenuhnya. Sehingga jemaat merasa nyaman dan tidak merasa kecewa pada keputusan yang diambil oleh gembalanya di gereja tersebut.

3. Berselisih

Penyebab jemaat sering pindah gereja berikutnya bisa jadi karena sering berselisih paham dengan jemaat yang lain. Oleh sebab itu sangat penting bisa bersikap sabar antara satu jemaat dengan jemaat yang lain. Sehingga tidak terjadi salah paham. Lebih penting lagi saling mengasihi dan memaafkan kesalahan orang lain. Melalui prinsip kasih tentang Alkitab ini tentu dapat membuat jemaat merasa tetap betah beribadah di gereja yang sama dalam jangka panjang. Hal inilah pentingnya menjaga perasaan orang lain di sekitar kita, supaya tidak membawa pada efek lain yang kurang baik.

4. Tidak Cocok

Beberapa jemaat ada pula yang merasa kurang cocok dengan aliran yang dianut oleh gereja tertentu. Hal ini sebaiknya perlu untuk didoakan lebih lanjut supaya bisa mendapatkan hikmat yang tepat. Karena pada dasarnya semua gereja adalah sama sepanjang memberitakan penyaliban Yesus dan firman Tuhan. Dimanapun kita beribadah sepanjang bisa bertumbuh dan menghasilkan buah-buah Roh Kudus maka tentu tempat tersebut adalah gereja yang tepat.

5. Pernikahan

Penyebab lainnya yaitu bisa karena adanya syarat pernikahan kristen. Dimana salah satu pasangan umumnya pihak wanita mengikuti gereja pasangannya. Sebenarnya hal ini bukan kesalahan atau jenis-jenis dosa dalam Alkitab, sepanjang tetap beribadah kepada Tuhan. Oleh sebab itu hal ini adalah hal yang dapat dimaklumi jika jemaat pindah gereja untuk mengikuti pasangannya.

Itulah beberapa penyebab jemaat sering pindah gereja yang sering kali terjadi secara umum. Tentu bukan hal yang aneh jika memutuskan untuk pindah dari satu gereja ke gereja yang lain. Hanya saja apabila terjadi berulang kali dan terus menerus maka bukan hal yang tepat untuk dilakukan. Oleh sebab itu sebaiknya lakukan cara berdoa yang benar dan minta hikmat maupun pimpinan peran Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya. Sehingga dengan demikian

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kristen