Sponsors Link

Perbedaan Baptis Katolik dan Protestan yang Mudah Dipahami

Sponsors Link

Sering kali banyak orang awam kurang memahami apa saja perbedaan baptis Katolik dan Protestan. Padahal keduanya cukup besar perbedaannya. Namun ada banyak yang tidak mengetahui hal tersebut karena terbatasnya informasi mengenai cara serta syarat-syarat untuk baptisan Kristen ataupun dalam baptisan Protestan. Oleh sebab itu tidak ada salahnya mencoba untuk mengetahui dimana letak perbedaan keduanya. Untuk lebih jelasnya, bagi yang ingin tahu bagaimana sebenarnya, berikut ini perbedaan baptis Katolik dan Protestan.

Baptis Katolik

Dalam Katolik, umumnya simbol sakramen baptis ini dilakukan saat seorang anak baru saja dilahirkan. Sehingga anak dibaptis saat masih bayi dan dilakukan sakramen baptis percik pada dahinya. Inilah salah satu perbedaan yang sangat nyata. Karena di Katolik hanya ada baptis percik serta dilakukan di usia masih bayi. Lain halnya bagi yang ingin masuk ke dalam agama Katolik, maka bisa saja dibaptis kapan saja dan tetap dengan metode baptis percik tersebut. Sehingga sakramen baptis pada Katolik tidak terhalang usia dan waktu, boleh dilakukan kapan saja dan siapa saja yang ingin mengikut Tuhan dan mengikut ajaran agama Katolik secara sungguh-sungguh. Selanjutnya nantinya di saat seorang anak menginjak usia 14 tahun maka diberikan sakramen Krisma sebagai penguatan dari iman yang mereka percaya dari baptisan di masa kecilnya.

Baptis Protestan

Berbeda dengan baptis pada Kristen Protestan. Salah satu hal yang menjadi perbedaan baptis Katolik dan Protestan yaitu pada cara maupun makna baptisan kudus bagi orang percaya itu sendiri. Jika di Katolik hanya mengenal baptis percik, maka di dalam Protestan ada yang dikenal dengan baptis percik namun ada juga yang dikenal dengan baptis selam. Sehingga ada dua macam baptisan yang umum dilakukan. Beberapa gereja Kristen melakukan baptisan percik namun beberapa melakukan baptisan selam. Lebih tepatnya baptisan selam ini banyak dilakukan oleh gereja Kristen Pantekosta yang percaya bahwa baptisan sejati harus sesuai Alkitab dan firman Tuhan yaitu dengan cara menenggelamkan orang tersebut di dalam air. Sehingga muncul baptis selam dalam agama yang satu ini. Tentunya perbedaan baptis selam dan baptis percik secara mendasar juga pada usia pelakunya, dimana baptis selam ini hanya diberikan untuk mereka yang berusia 12 tahun ke atas. Sementara bagi anak yang berusia kurang dari 12 tahun hanya diserahkan saja pada Tuhan melalui gereja. Dengan penyerahan anak kepada Tuhan, maka tentu tujuan karunia Roh Kudus akan menuntun anak tersebut untuk mengenal Tuhan lebih dekat serta mengasihi Allah sepenuhnya.

Itulah perbedaan baptis Katolik dan Protestan yang mendasar. Tentunya bukanlah suatu masalah dalam hal baptis tersebut jika ada perbedaan antara Katolik dan Protestan. Sebaiknya semua dikembalikan pada Tuhan dan firman kebenaranNya. Sehingga yang paling penting yaitu iman akan janji keselamatan dalam Alkitab yang diberikan oleh Tuhan dan kewajiban orang percaya untuk menerima baptisan sebagai tanda iman dan percayanya pada Allah. Sehingga dengan demikian maka kita dimateraikan menjadi milik Allah dan merupakan bagian dari mereka yang beroleh hidup yang kekal, amin!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kristen