Sponsors Link

7 Perbedaan GBI dan GPDI Yang Dapat Jelas Dilihat

Sponsors Link

Masih banyak orang Kristen yang merasa bingung jika dihadapkan pada perbedaan GBI dan GPDI. Karena tentu sebagai sama-sama gereja Kristen banyak yang beranggapan bahwa keduanya sama saja. Bahkan bagi kebanyakan orang awam tidak tahu menahu akan keduanya pasti tidak akan mengerti akan perbedaan tersebut. Sehingga sering kali banyak yang menganggap semua sama dan yang penting berakar pada satu Alkitab. Hal inilah yang penting diketahui oleh umat Kristen. Terutama jika merencanakan akan beribadah dan bertumbuh di gereja yang mana. Yang terbaik berdoa supaya tujuan karunia Roh Kudus memimpin dan menunjukkan gereja yang paling tepat untuk kita beribadah. Namun sebagai informasi umum, berikut ini perbedaan GBI dan GPDI yang hendaknya diketahui umat Kristen.

ads

1. Bangunan Gereja

Perbedaan pertama yaitu pada jenis bangunan gereja. Karena antara GBI dan GPDI memiliki ciri bangunan gereja yang khas. Oleh sebab itu keduanya walau sama tetapi jika dilihat secara lebih detail memiliki perbedaan. Apabila dilihat GPDI lebih berbentuk gereja pada umumnya tetapi GBI biasanya menggunakan gedung pertemuan.

2. Lokasi Ibadah

Demikian halnya lokasi ibadah yang digunakan oleh kedua gereja tersebut. Kebanyakan GPDI telah memiliki lahan untuk beribadah secara resmi dan membangun gereja secara nyata di atasnya. Akan tetapi jika diperhatikan GBI umumnya memiliki lokasi ibadah yang berpindah-pindah atau tidak pada satu lokasi lahan. Kebanyakan mengadakan ibadah di gedung pertemuan umum seperti misalnya di pusat perbelanjaan atau gedung perkantoran.

3. Liturgi

Dari segi liturgi keduanya juga sedikit berbeda. Terutama untuk perbedaan pujian dan penyembahan dalam liturgi tidak mutlak sama. Oleh sebab itu sebaiknya ikuti liturgi yang diarahkan semaksimal mungkin.

4. Gembala

Adapun selanjutnya perbedaan GBI dan GPDI juga pada gembala. Ada perbedaan pastor dan pendeta pada kedua gereja tersebut. Umumnya masing-masing memiliki sekolah Alkitab sendiri sehingga memiliki banyak pelayan Tuhan yang didatangkan dari sekolah masing-masing.

5. Persekutuan

Dari segi persekutuan maka sebutan di GBI dan GPDI juga sedikit berbeda. Umumnya setiap gereja memang memiliki julukan yang tidak sama. Namun pada dasarnya sama-sama berkonsep ayat Alkitab tentang komsel untuk membangun jemaat.

6. Pengajaran

Dari segi pengajaran sebenarnya bersumber pada Alkitab yang sama. Hanya metodenya saja yang berbeda sesuai perbedaan Alkitan protestan dan katolik. Misalnya di GBI terdapat Sekolah Orientasi Melayani bagi para pekerja gereja. Sedangkan di GPDI memiliki program pengajaran dengan sistem dan nama yang berbeda.

7. Syarat Administrasi

Untuk syarat administrasi misalnya syarat pemberkatan nikah di GBI juga umumnya tidak sama persis. Terutama untuk sesi konseling sebelum pernikahan yang jumlah dan konsepnya tidak sama antara GBI dan GPDI. Ada yang 1 bulan, 3 bulan, tergantung pada kebijakan gereja tersebut.

Itulah beberapa perbedaan GBI dan GPDI secara garis besar. Memang pada dasarnya hampir sama dan keduanya memiliki fundamental aliran perbedaan gereja kharismatik dan pentakosta. Akan tetapi sesuai dengan penjelasan di atas, ada beberapa hal yang berbeda terkait sistem dalam gereja itu sendiri. Sebaiknya perhatikan dengan baik dan tetapkan hati jika ingin berjemaat di salah satu gereja tersebut. Sehingga nantinya lebih mudah menerima sistem sikap-sikap liturgi yang digunakan termasuk apa saja yang sebaiknya dilakukan untuk mengikuti kegiatan gereja seutuhnya. Tuhan memberkati.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Gereja