Sponsors Link

6 Perbedaan GPIB dan GKI Yang Wajib Umat Kristiani Ketahui

Sponsors Link

Saat ini ada banyak cara hidup gereja modern Kristen dan organisasinya yang berdiri di Indonesia. Dan sering kali masih banyak umat Kristen sendiri tidak memahami mutlak seperti misalnya perbedaan GPIB dan GKI. Tentu keduanya sama-sama gereja yang resmi dan bernaung di bawah lembaga agama Kristen Indonesia secara resmi. Akan tetapi jika dilihat lebih mendalam, keduanya memiliki beberapa perbedaan baik secara organisasi maupun perbedaan ibadah dan kebaktian dan komunitasnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa perbedaan GPIB dan GKI yang sebaiknya kita ketahui.

1. Sejarah Nama Gereja

Secara nama keduanya memiliki singkatan dan arti yang berbeda. GPIB merupakan singkatan dari Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat. Sedangkan GKI merupakan singkatan dari Gereja Kristen Indonesia. Keduanya memiliki sejarah pendirian dan latar belakang gereja masing-masing. Sehingga hal ini yang menjadi salah satu pembedanya.

2. Sejarah Organisasi

Dari segi organisasi maka sudah jelas bahwa GPIB dinaungi oleh Gereja Protestan di Indonesia. Sementara jika dirunut lebih detail, GKI berasal dari gabungan gereja hokian yang kemudian melebur menjadi satu sinode di Indonesia.

3. Ibadah Dan Liturgi

Secara konsep ibadah dan liturgi, sebenarnya baik GPIB dan GKI merupakan salah satu gereja yang menjalankan perbedaan gereja Lutheran dan Calvinis. Karena keduanya berdasarkan pada aliran Yohanes Calvin. Akan tetapi detail liturgi ibadahnya memiliki ciri sendiri karena aturan dari ketetapan masing-masing organisasi.

4. Komunitas

Jika dipandang dari komunitasnya, maka para jemaat gereja GPIB maupun GKI memiliki komunitas yang sedikit berbeda. Sebagai gereja yang awalnya hokian, tentu di GKI lebih banyak jemaat dengan mayoritas suku Cina yang berdiam di Jawa. Sedangkan GPIB memiliki lebih banyak jemaat dari suku yang tersebar di Indonesia. Walaupun dalam perkembangannya di masa sekarang ini kedua gereja tersebut sebenarnya memiliki jemaat yang hampir sama. Karena saat ini baik GPIB dan GKI dapat dikatakan sudah tersebar hingga ke seluruh Indonesia.

5. Misionari

Jalan misionari yang dinaungi oleh kedua gereja tersebut juga berbeda. Di GPIB lebih dikenal dengan sebutan Departemen Teologi GPIB. Sementara di GKI sebagai salah satu peninggalan reformasi gereja berfokus pada pelayanan pendidikan sehingga saat ini menaungi berbagai macam yayasan sekolah Kristen mulai dari tingkat TK hingga universitas.

6. Pengakuan Iman

Baik dari GPIB maupun GKI memiliki dasar pengakuan iman sendiri-sendiri. Sehingga satu sama lain memiliki pembacaan pengakuan iman yang berbeda. Akan tetapi inti dari pengakuan iman tersebut tetap bersumber pada Allah yang sama. Sama-sama mengakui Tuhan Yesus sebagai juruselamat pribadi. Perbedaannya terletak pada kata-kata dan point-point pengakuan iman yang tertulis secara detail dan lengkap.

Itulah beberapa perbedaan GPIB dan GKI. Pada dasarnya semua gereja adalah baik selama mengakui penyaliban Yesus dan mengajak umatNya untuk tetap setia mengikut Allah. Oleh sebab itu dimanapun kita beribadah sebaiknya yang terutama adalah melalui cara berdoa yang benar supaya yakin dapat berkembang dan bertumbuh dalam komunitas gereja tersebut. Baik beribadah di GPIB maupun GKI, keduanya sama baiknya dan bertujuan pada Allah maupun penggenapan janji keselamatan dalam Alkitab yang telah diberikanNya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gereja