Sponsors Link

5 Perbedaan Kristen Pantekosta dan Protestan Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Banyak yang mengetahui bahwa aliran agama Kristen ada bermacam-macam seperti Katolik, Protestan, Pantekosta atau Pentakosta, Kharismatik dan banyak lagi. Walaupun aliran dari agama kristen itu sendiri terbagi menjadi beberapa macam, ajaran dari semua aliran agama Kristen tersebut ada lah sama, yaitu percaya bahwa Yesus Kristus adalah sebagai Putra Tunggal Allah yang di utus ke bumi untuk menyelematkan semua umat manusia, dengan menderita tersiksa, di salibkan dan yang kemudian bangkit lagi pada hari ke tiga.

ads

Semua aliran agama kristen mengajarkan dan percaya pada dasar yang sama yaitu alkitab. Namun tetap saja hal tersebut tidak membuat tidak ada perbedaan mulai dari kecil hingga sesuatu yang cukup signifikant terhadap semua aliran aliran dari agama Kristen. Seperti misalnya dengan agama Kristen Katolik, dimana semua umat kristen katolik percaya dengan Bunda Maria selain Yesus Kristus Sendiri,  sedangkan pada kristen Prostestan, seluruh umatnya hanya percaya dengan Yesus Kristus Sendiri. Sebelum kita melihat perbedaan Kristen Pantekosta dan ciri-ciri agama Kristen Prostestan, mari kita lihat apa yang di maksud dengan kristen Pantekosta dan Kristen Protestan.

Apakah itu Kristen Pantekosta

Kristen Pantekosta atau yang biasanya disebut dengan aliran pentakosta adalah sebuah aliran dari agama kristen yang menekan pada kasih dan karunia karunia dari Roh Kudus. Aliran dari Kristen Pantekosta atau pentakosta ini sangatlah mirip dengan aliran karismatik. Akan tetapi aliran perbedaan kristen Pantekosta dan Protestan muncul lebih dulu sebelum muncul nya aliran kristen Karismatik, Inilah bentuk ciri-ciri dari Kristen dalam Pentakosta, sebagai berikut:

  • Salah satu ciri paling yang paling utama yang membedakan Kristen aliran Pentakosta dengan kristen aliran lainnya adalah penekanannya pada Roh Kudus.
  • Salah satu contoh nya adalah penekanan pada kemampuan untuk berbahasa Roh yang juga disebut dengan glossolalia.
  • Dimana kemampuan untuk bahasa roh adalah suatu bukti nyata dari baptisan Roh Kudus, hal tersebut juga di sebutkan dalam ayat Alkitab sebagai berikut yang di tulis pada kitab 1 Korintus pasal 14 ayat 2, Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh,  tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada AllahSebab tidak ada seorangpun yang mengerti bahasanya; oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia.

Banyak dari tujuan kita ke Gereja yang beraliran pentakosta percaya bahwa jika umatnya belum bisa untuk berbahasa roh maka hal tersebut berarti mereka belum menerima berkat dari Roh Kudus. Hal ini di karenkan umat kristen pentakosta percaya dengan berbahasa roh maka mereka dapat berkomunikasi langsung dengan Tuhan. Walaupun begitu, banyak kalangan umat dengan aliran kristen pentakosta yang menolak ide bahwa jika ada umat yang tidak bisa berbahasa Roh maka mereka tidak bisa di selamatkan. Aliran kristen Pentakosta sendiri muncul pertama kali pada tahun 1906 oleh Edward Lee. Dimana pengalamannya di kuasai oleh Roh Kudus dan berbahasa roh diberitakan pada halaman pertama koran lokal di Los Angeles, Amerika.

Beberapa minggu setelah koran tersebut terbit, Edward Lee lalu menyewa sebuah gedung yang tidak di gunakan lagi sebagai tempat beribadah and tempat mengucapkan puji syukur kepada Tuhan bersama dengan pengikutnya yang lain. Akan tetapi, Edward Lee tidak bisa di sebutkan secara pasti sebagai pelopor kristen aliran Pentakosta, hal ini dikarenakan istilah Pentakosta sendiri telah di gunakan pertama kali pada tahun 1867 yaitu dengan istilah Pentakostal. Awal penggunaan istiliha ini adalah ketika para umat kristen waktu itu mengadakan pertemuan untuk perkemahan khusus kristen dengan memberikan catatan khusus yang berbunyi bahwa mereka mengudang semua umat kristen tapi mementingkan aliran nya dan bersama – sama akan mewujudkan baptisan pentakosta oleh Roh Kudus.

Perbedaan Kristen Pentakosta dan Protestan sendiri adalah dari cara di lakukannya pembaptisan. Dimana pembaptisan menurut aliran pentakosta dilakukan dalam tiga tahap yaitu sebagain berikut

  • Pembaptisan awal adalah pembatisan untuk menjadi satu dengan Yesus Kristus. Hal ini terjadi pada saat umat kristen Pentakosta telah memilih untuk mengikuti jalan Yesus dan percaya bahwa Yesus adalah Putra Tunggal Allah
  • Pembaptisan yang kedua adalah pembatisan dengan air. Hal ini sama dengan semua umat Kristen seperti yang di sebut pada alkitab.
  • Pembaptisan terakhir adalah hal yang unik dan hanya di ikuti oleh kristen pentakosta. Dimana yang terakhir adalah pembaptisan melalui Roh Kudus. Hal ini di tandakan dengan bisanya umat tersebut bahasa Roh.
Sponsors Link

Apakah itu Kristen Prostestan

Berbeda dengan ajaran aliran Kristen Pentakosta ataupun Pantekosta yang berasal dari ajaran ajaran alkitab dan lebih menekankan pada kasih karunia Roh Kudus. Aliran agama Kristen Protestan berawal dari prostes para umat Kristen menolak ajaran dari Kristen Katolik. Kristen Prostestan sendiri berawal dari protes Marthin Luther pada tahun 1517. Dorongan awal dari reformasi kristen protestan ini sendiri berawal dari segi doktrin, politik dan eklesiologi.

Walaupun di sebutkan Marthin Luther sebagai pelopor gerakan yang menjadi awal pertumbuhan Kristen Protestan, akan tetapi yang sebenarnya terjadi adalah telah banyak gerakan gerakan yang terjadi sebelum di mulainya gerakan olen Marthin Luther, dimana gerakan gerakan tersebut di lakukan pertama kali nya di kalangan gereja katolik. Contohnya seperti gerakan yang  terjadi di Perancis pada pertengahan abad ke dua belas dan di bawah pimpinan Peter Waldo dan kemudian di ikuti oleh beberapa negara di benua eropa lainnya seperti Italia, Bohemia atau yang sekarang di kenal dengan Ceko dan Uruguay.

ads

Lain halnya dengan Kirsten Pentakosta, Kristen Protestan sendiri terdiri oleh  banyak denominasi – denominasi seperti, Baptis, Metodisme, Anglikan, Anabaptis, Lutheranisme, Prebisterian dan Reformed. Masing masing denominasi tersebut memiliki ajaran yang berbeda – beda pula dan jauh dari seragam. Namun, walaupun ajaran dari masing masin denominasi Kristen Protestan banyak yang berbeda beda, Kristen Prostestan memiliki tiga ajaran utama yang seragam dalam seluruh denominasi kristen protestan. Ketiga aliran tersebut adalah :

  • Sola gratia adalah ajaran yang menyatakan bahwa keselamatan merupakan anugerah dari tuhan dan manusia tidak dapat menyelamatkan dirinya sendiri.
  • Sola fide adalah ajaran yang menyatakan bahwa keselamatan yang datang hanya melalui iman di dalam Yesus sebagai putra tunggal Allah, bukan melalui perbuatan baik.
  • Sola scriptura adalah ajaran yang menyatakan bahwa bahwa Alkitab adalah sumber otoritas final bagi semua umat Kristen.

Untuk jumlah umat kristen protestan sendiri jika di bandingkan dengan Kristen Pentakosta cukup signifikan. Untuk di indonesia sendiri berikut adalah jumlah umat kristen protestan berdasarkan provinsi :

  1. Aceh : 1,12%
  2. Sumatera Utara : 27,03%
  3. Sumatera Barat : 1,43 %
  4. Riau : 8,76 %
  5. Jambi : 2,66 %
  6. Sumatera Selatan : 0,97 %
  7. Bengkulu : 1,65 %
  8. Lampung : 1,51 %
  9. Kep. Babel : 1,80 %
  10. Kep. Riau : 11,17 %
  11. DKI Jakarta : 7,54 %
  12. Jawa Barat : 1,81 %
  13. Jawa Tengah : 1,77 %
  14. DI Yogyakarta : 2.53 %
  15. Jawa Timur : 1,70 %
  16. Banten : 2,53 %
  17. Bali : 1,66 %
  18. NTB : 0,31 %
  19. NTT : 34,74 %
  20. Kalimantan Barat : 11,38 %
  21. Kalimantan Tengah : 15,97 %
  22. kalimantan Selatan : 1,32 %
  23. Kalimantan Timur : 9,50 %
  24. Sulawesi Utara : 63,60 %
  25. Sulawesi Tengah : 16,98 %
  26. Sulawesi Selatan : 7,63 %
  27. Sulawesi Tenggara : 1,84 %
  28. Sulawesi Barat : 14,21 %
  29. Gorontalo : 1,59 %
  30. Maluku : 41,40 %
  31. Maluku Utara : 24,90 %
  32. Papua Barat : 53,77 %
  33. Papua : 65,48 %

Aliran agama kriten protestan mulai masuk ke Indonesia sendiri pada zaman penjajahan belanda, di mana rata – rata penganut agama kristen yang beralirang protestan di indonesia sendiri di sebutkan memliki keturunan berdarah Belanda atau pun Jerman.

Kristen Pantekosta dan Protestan Menurut Alkitab

Sponsors Link

Dari penjelasan di atas, kita telah mengetahui apakah itu Kristen Pantekosta atau yang biasa yang di sebut dengan Kristen Pentakosta dan Kristen Protestan, mari kita lihat beberapa perbedaan yang signifikan antara Kristen Pantekosta dan Kristen Protestan, sebagai berikut:

  1. Perbedaan pertama yang paling signifikan antara perbedaan Kristen Pantekosta dan protestan adalah Kristen Pantekosta lebih menekan pada Roh Kudus dan pada kasih karunia Roh Kudus. Sedangkan pada kristen protestan tidak ada penekanan pada roh kudus
  2. Perbedaan kedua adalah pada kristen protestan percaya bahwa ajara alkitab sebagai otoritas final, sedangkan pada kristen pantekosta, ajaran alkitab dan juga termasuk dengan ajaran gereja dari Alkitab tersebut
  3. Perbedaan ketiga dari kriten pentakosta dan kristen protestan adalah dengan banyaknya denominasi dari kristen protestan tetapi tidak dengan kristen pentakosta
  4. Perbedaan keempat adalah umat kristen pentakosta lebih mengutamakan pada bahasa roh dimana umat kristen protestan tidak utamakan  untuk bisa berbahasa roh.
  5. Perbedaan keempat adalah pada gereja dengan aliran kristen protestan pendeta gereja atau pun otoritas gereja memilki otoritas pada gereja.

Demikanlah beberapa perbedaan pada aliran Kristen Protestan and Kristen Pantekosta. Walaupun ada perbedaan di antara aliran agama Kristen seperti, Kristen Protesten, Kristen Pantekosta dan Kristen Katolik, lalu di tambah dengan beberapa denominasi lainnya dari Kristen Protestan, semua aliran dari ajaran agama Kristen selalu berpegang teguh pada ajaran Alkitab dan Ajaran Yesus Kristus, dimana semua umat kristen percaya akan Yesus Kristus sebagai Putra Tunggal Allah dan sebagai juru selamat bagi seluruh umat manusia.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 21st, October 2017 / 07:01 Oleh :
Kategori : Kristen