Sponsors Link

4 Perbedaan Laki-Laki dan Perempuan Menurut Alkitab yang Penting Untuk Diterapkan

Sponsors Link

Ada beberapa firman Allah yang menjelaskan tentang perbedaan laki-laki dan perempuan menurut Alkitab. Oleh sebab itu cukup penting bagi umat Kristen untuk menyadari kodrat masing-masing yang telah diberikan oleh Allah pada kehidupannya seperti misalnya kedudukan perempuan dalam Alkitab. Karena saat ini ada banyak orang yang kurang bisa bersyukur atas karunia Allah pada hidup mereka. Sehingga tak jarang kita temui laki-laki maupun perempuan yang ingin berubah gender. Tentunya hal ini tidak sesuai dengan firman Allah. Termasuk juga cukup penting bagi umat Tuhan memahami asal usul manusia menurut agama Kristen termasuk kodrat masing-masing sesuai jenis kelaminnya. Oleh sebab itu supaya memahami lebih jelas, berikut ini beberapa perbedaan laki-laki dan perempuan menurut Alkitab.

ads

1. Perempuan diciptakan karena laki-laki, bukan sebaliknya

1 Korintus 11:9 “Dan laki-laki tidak diciptakan karena perempuan, tetapi perempuan diciptakan karena laki-laki. “

Dalam ayat di atas disebutkan bahwa pada mulanya dalam proses penciptaan manusia. Allah menciptakan laki-laki lebih dahulu dan kemudian mengambil tulang rusuknya untuk dijadikan perempuan. Oleh sebab itu harus dipahami bahwa perbedaan yang terdapat antara kedua gender ini pada kodratnya bahwa perempuan diciptakan karena laki-laki dan harus tunduk di bawah perkataan laki-laki. Dalam hal ini yang terutama memandang posisi perempuan dan laki-laki dalam rumah tangga. Sehingga perempuan harus mau dan bisa menghormati suaminya. Demikian suami harus mengasihi istrinya, karena kedudukannya adalah sejajar. Bukan di atas tetapi juga bukan di bawah.

2. Perempuan bertugas melahirkan anak, laki-laki harus bekerja untuk mencari makan

Kejadian 3:16 “Firman-Nya kepada perempuan itu: “Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak; dengan kesakitan engkau akan melahirkan anakmu; namun engkau akan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu.”

Kejadian 3:19 “dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu.”

Perbedaan laki-laki dan perempuan menurut Alkitab selanjutnya yaitu pada kodrat yang harus ditanggung seumur hidupnya. Seorang wanita harus melahirkan anak sementara pria harus bekerja keras mencari nafkah. Jangan sampai terbalik, karena secara alami laki-laki tidak bisa melahirkan. Hanya perempuan saja yang bisa melahirkan anak untuk memenuhi ayat Alkitab tentang keturunan. Sehingga jika di masa kini masih banyak yang ingin merubah gender, sebaiknya pahami yang tidak bisa diubah adalah kodratnya. Jika tidak maka Allah akan menjadi tidak berkenan pada kehidupan yang dijalani oleh perempuan dan laki-laki tersebut yang melawan kehendak Allah.

3. Perempuan dapat memelihara rambut panjang, tetapi laki-laki tidak

1 Korintus 11: 14-15 “Bukankah alam sendiri menyatakan kepadamu, bahwa adalah kehinaan bagi laki-laki, jika ia berambut panjang tetapi bahwa adalah kehormatan bagi perempuan, jika ia berambut panjang? Sebab rambut diberikan kepada perempuan untuk menjadi penudung.”

Dari ayat tersebut di atas maka sudah jelas bahwa perempuan boleh memanjangkan rambut namun laki-laki tidak. Hal ini juga yang membuat kurang pantas jika perempuan mencukur habis rambutnya dan laki-laki memanjangkan rambutnya. Karena hal ini tidak sesuai dengan firman Allah. Hendaknya baik laki-laki maupun perempuan memahami hal ini sepenuhnya supaya tidak mengecewakan Allah dalam kehidupannya sehari-hari. Karena di masa sekarang yang serba modern sering kita dapati kenyataan yang berbeda. Banyak wanita memotong habis rambutnya untuk mode, demikian juga banyak laki-laki merasa bangga memiliki rambut panjang yang terurai hingga pinggang. Padahal jika sebagai umat Kristen seharusnya mereka sadar bahwa hal ini tidak sesuai dengan firman maupun kehendak Allah.

4. Laki-Laki Adalah Kepala Dari Perempuan, Perempuan Tidak Sebaiknya Memerintah Laki-Laki

Sponsors Link

1 Korintus 11:3 “Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.”

1 Timotius 2:12 “Aku tidak mengizinkan perempuan mengajar dan juga tidak mengizinkannya memerintah laki-laki; hendaklah ia berdiam diri.”

Melalui ayat di atas dikatakan bahwa laki-laki adalah kepala dari perempuan. Oleh sebab itu mereka memiliki peranan berbeda dalam hidup sehari-hari dan dalam hirarki kepemimpinan. Dikatakan bahwa tidak pantas jika perempuan mengepalai atau memerintah laki-laki. Hal ini tidak sesuai firman Tuhan. Oleh sebab itu sebagai seorang wanita hendaknya memahami kodrat dan kehendak Tuhan seutuhnya bahwa dalam karir ataupun pekerjaan ada baiknya menjadi pemimpin adalah tugas laki-laki, bukan tugas wanita. Jangan hanya mengedepankan emansipasi tetapi tidak memahami inti dari kodrat serta keinginan Allah yang nyata melalui firmanNya pada setiap wanita maupun laki-laki di bumi ini.

Itulah beberapa perbedaan laki-laki dan perempuan menurut Alkitab. Sudah jelas bahwa laki-laki dan perempuan memiliki peranan yang berbeda. Mereka masing-masing juga memiliki hak dan kewajiban sendiri dalam hidup di dunia. Oleh sebab itu pahami arti bersyukur dalam Alkitab melalui tekun berdoa. Sehingga apapun gender yang Allah berikan, maka sudah tugas umat Kristen untuk melakukan kewajiban sesuai dengan jenis kelamin tersebut. Baik perempuan maupun laki-laki, hendaknya semua bersyukur pada Allah dan mohon pimpinan karunia Roh Kudus setiap waktu. Sehingga hidupnya memuliakan Allah dan senantiasa menjadi makna garam dan terang dunia. Amin.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kristen