Sponsors Link

Perbedaan Nabi dan Rasul Menurut Kristen Dengan Penjelasan Terlengkap

Sponsors Link

Perbedaan nabi dan rasul menurut Kristen, hal ini mungkin paling sering didengar bahkan ditanyakan beberapa kalangan. Memang tidak ada salahnya juga seseorang yang menanyakan hal ini untuk tujuan apa dan ditanyakan kepada siapa yang jelas berbagi dan saling memberi dalam ajaran agama juga sudah dituliskan harus dilakukan. Maka dari itulah akan dibahas mengenai dari pengertian perbedaan nabi dan rasul menurut Kristen. Bahkan dalam alkitab juga jelas seorang nabi yang meramalkan kelahiran yesus.

ads

Pengertian Nabi Menurut Kristen dan Alkitab

Nabi pada awalnya ialah seorang yang laki-laki ataupun seorang peremuan atau sering dikenal dengan (Nabiah) yang mana telah menerima Firman Allah. Serta seorang nabi pada awalnya menyebarkan kabar gembira di wilayah dan sekitar Israel saja. bahkan ada nabi yang menjadi contoh serta teladan dalam ajaran agama kristen, ayat nabi musa menurut alkitab.Pengertian lainnya nabi ialah orang yang memiliki tugas untuk menyampaikan pesan yang diterima dari Tuhan. Seorang nabi berbicara juga atas apa yang mereka terima salah satunya atas otoritas. Apapun itu pesannya baik itu yang bersifat enak didengan maupun tidak maka harus tetap disampaikan. Tetapi dalam ajaran agama Kristen, perlu diketahui jika seorang nabi bukan hanya diutus atas kehendak Tuhan melainkan ada juga yang bukan berasal dari ajaran Tuhan sehingga sering disampaikan dalam Alkitab mengenai nabi palsu. bisa juga mengetahui ciri ciri nabi palsu dalam alkitab.

Ayat yang berkaitan dengan nabi palsu dalam Alkitab

  • Matius 12:11 mengatakan “Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.”
  • Matius 24:34 mengatakan “Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.”

Matius Sangat jelas disini dikatakan bila seorang nabi tidak semuanya yang menyampaikan pesan berasal dari Tuhan, hal tersebut dikarenakan jika adanya nabi palsu maka pesan yang disampaikan jelas akan bertentangan dengan ajaran Tuhan Yesus. Dari dalam Alkitab juga memperjelas jika nabi palsu benar jika memang ada, hanya saja bagaimana kita sebagai orang percaya bisa membedakan dari perbedaan nabi pilihan Tuhan dan Nabi Palsu yang bertentangan dengan ajaranNya. Salah satu nabi yang teladan terdapat dalam Alkitab ialah keteladanan yeremia. Dalam Alkitab yeremia menjadi salah satu nabi utusan Allah. Selain yeremia nabi lainnya yang dipilih ialah daud, yang mana karakter daud inilah yang menjadikan dirinya dipilih Allah.

Pengertian Rasul Menurut Kristen dan Alkitab

Rasul ialah merupakan seseorang yang diutus untuk pergi. Pergi disini berarti yang diuntuk menyampaikan ajaran Tuhan Yesus dan disampaikan kepada seluruh umat yang percaya. Rasul juga seseorang yang dipilih Allah untuk memberitakan kebenaran Firman Tuhan.

Ayat alkitab tentang Rasul

  • Matius 10:2 mengatakan “Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya”
  • Markus 6:30 mengatakan “Kemudian rasul-rasul o  itu kembali berkumpul dengan Yesus dan memberitahukan kepada-Nya semua yang mereka kerjakan dan ajarkan.”
  • Lukas 6:13 mengatakan “Ketika hari siang, Ia memanggil murid-murid-Nya kepada-Nya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang, yang disebut-Nya rasul”

Dari dalam Alkitab jelas sekali meyampaikan bila Rasul ialah seseorang yang dipilih untuk menyempaikan kabar gembira yakni kabar kebenaran Tuhan Yesus kepada seluruh anak-anaknya agar percaya dan terus yakin akan ajaranNya. Rasul yang dipilih Tuhan Yesus juga jelas akan berkaitan dengan hal berikut ini diantaranya:

  1. Rasul akan menjadi seorang saksi kematian Tuhan yesus dan telah bangkit dari antara orang mati
  2. Diberikan tugas oleh Tuhan untuk pewartaan Injil atau mengajarkan kebenaran yang berasal dari padaNya.
Sponsors Link

Dalam abad baru dan jaman sekarang seorang rasul memang bukan lagi memiliki tampilan seperti rasul pada zaman Tuhan Yesus masih bersama-sama dengan muridnya. Namun sekarang rasul lebih dikenal dengan orang yang membagikan semua kebenaran Firman Tuhan. Para rasul juga ialah saksi Gereja dalam Kristus. Gereja yang benar ialah yang juga memiliki ajaran sesuai dengan ajaran Tuhan Yesus. Namun akan berbeda dengan gereja yang hanya dijadikan kedok semata yang mana jelas tidak berlandaskan akan Firman Tuhan.

  • Roma 10:2-3 mengatakan “sebab aku dapat memberi kesaksian tentang mereka, bahwa mereka sungguh-sungguh giat untuk Allah, tetapi tanpa pengertian yang benar”. Ayat 3 “ sebab, oleh karena mereka tidak mengenal kebenaran Allah dan oleh karena mereka berusaha untuk mendirikan kebenaran mereka sendiri, maka mereka tidak takluk kepada kebenaran Allah”

Jadi pada intinya yakni, sebuah gereja yang berlandaskan dan di dalamnya terdapat beberapa pengajar akan bisa dikatakan sebagai seorang Rasul bila mana dalam ajaran yang mereka berikan berlandaskan atas Firman Tuhan. Bukan hanya mengajarkan dan mendirikan sebuah kebenaran yang berasal dari pemikiran sendiri saja, yang mana hal tersebut sangat bertantang dengan ajaranNya. Ditekankan juga, semua Gereja itu bagus untuk dipilih jika ingin beribadah dan belajar akan kebenaran Firman Tuhan, tapi harus dengan benar. bahkan dalam ayat alkitab tentang memilih pemimpin Dengan benar itu wajib dilakukan, yang mana jangan sampai menyimpang dengan ketetapan dalam ajaran Tuhan. Disini dimaksudkan dengan ajaran yang betul-betul sesuai dengan Injil Taurat dan tidak pernah menyimpang dari ajaran yang sudah diberikan Tuhan Yesus sebelumnya seperti pernah diajarkan kepada murid-murid pilihanNya. Sertaorang kristen harus mengucap syukur dalam keadaan apapun, baik itu yang diajarkan dalam gereja maupun yang sudah dituliskan dalam Alkitab. pemimpin yang benar bukan hanya yang bisa memimpin dari segi perintah saja melainkan memberikan contoh sederhana yakni selalu bersyukur. Jadilah seorang Rasul yang berlandaskan dengan Firman Tuhan, dan terus ajarkan semua kebenaran Firman Tuhan tanpa menggunakan pemikiran sendiri melainkan meminta petunjuk padaNya baik itu pemahaman maupun hikmat. Agar apa yang keluar dari dalam mulut bisa menjadi berkat untuk orang lain.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Info Kristen