Sponsors Link

5 Perbedaan Pentakosta dan HKBP Yang Jarang Dipahami

Sponsors Link

Banyak orang Kristen mungkin tidak memahami perbedaan pentakosta dan HKBP. Oleh sebab itu sering kali orang Kristen beranggapan bahwa semua gereja adalah sama adanya. Apalagi gereja merupakan satu tubuh Kristus, sehingga antara gereja yang satu dengan yang lain seharusnya tidak memiliki perbedaan yang mendasar. Akan tetapi jika ditelaah secara lebih detail, ternyata ada beberapa perbedaan di antara kedua jenis ciri-ciri gereja anglikan tersebut. Oleh karena itu jika merasa penasaran atau ingin tahu lebih lanjut, berikut ini beberapa perbedaan Pentakosta dan HKBP yang patut untuk diketahui sebagai informasi yang penting.

ads

1. Tata Ibadah

Hal pertama yang cukup mendasar yaitu tata cara ibadah gereja Pentakosta dengan gereja HKBP. Umumnya gereja Pentakosta memiliki tata ibadah yang dimulai dengan pujian dan penyembahan lalu khotbah dan berkat ibadah. Sedangkan tata ibadah gereja HKBP maka ibadah dijalankan berdasarkan liturgi yang telah disusun dalam bentuk buletin. Oleh sebab itu ibadah pada gereja Pentakosta cenderung lebih tidak terbatas sesuai arahan dari Roh Kudus dan pemimpin pujian.

2. Penyembahan

Dalam gereja Pentakosta terdapat pujian dan penyembahan yang benar menurut Alkitab kepada Allah. Sedangkan umumnya gereja HKBP hanya berpatok pada pujian. Adapun tidak ada yang salah di antara keduanya, hanya penafsiran tata ibadah dari Alkitab yang membuat keduanya memiliki prinsip sendiri dalam liturgi atau ibadahnya.

3. Khotbah

Perbedaan Pentakosta dan HKBP selanjutnya yaitu pada khotbah yang diucapkan dan disampaikan oleh pendeta. Umumnya cara penyampaian HKBP bisa dengan menggunakan bahasa daerah Batak. Sedangkan Pentakosta merupakan multi suku sehingga menggunakan bahasa Indonesia. Oleh sebab itu umumnya HKBP mayoritas merupakan jemaat gereja yang bersuku Batak.

4. Pujian

Selanjutnya perbedaan juga terletak dari jenis perbedaan pujian dan penyembahan dalam liturgi yang dinyanyikan kepada Allah. Dalam gereja Pentakosta maka pujian yang dinaikkan berupa lagu rohani yang sesuai dan berbahasa Indonesia. Sementara karena gereja HKBP sedikit banyak dipengaruhi oleh kultur budaya Batak, maka pujian juga dinyanyikan dalam bahasa suku tersebut. Walaupun pada perkembangannya mulai terdapat gereja HKBP yang menggunakan bahasa Indonesia untuk memudahkan generasi saat ini mengikuti jalannya ibadah.

5. Jemaat

Kemudian dari segi jemaat dan cara berpakaian juga sedikit berbeda. Umumnya pada gereja Pentakosta yang multi suku maka jemaatnya beraneka ragam dan mengenakan pakaian yang beragam. Lain halnya HKBP yang merupakan gereja dari suku Batak. Sehingga tidak heran jika didominasi oleh suku tersebut termasuk sebagian jemaat saat ibadah menggunakan pakaian adat suku Batak.

Itulah beberapa perbedaan Pentakosta dan HKBP yang paling mendasar. Tentunya dengan mengetahui perbedaan tersebut bukan membuat perseteruan dan menyalahkan antara aliran gereja satu dengan yang lain. Ingatlah bahwa dalam pimpinan karunia Roh Kudus maka semua gereja adalah satu adanya di dalam Kristus Yesus Tuhan kita. Oleh sebab itu beribadah di mana saja sejatinya tetap sesuai dengan firman Allah. Yang membedakan hanya masalah kenyamanan dalam melakukan tata ibadah dan tradisi saja. Sehingga sebaiknya pilih yang paling sesuai dengan keinginan, hati dan pikiran kita dengan terlebih dahulu melakukan cara berdoa yang benar kepada Allah.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gereja
Search
Sharing Kristen

Kebiasaan Unik Perayaan Natal Yang wajib dilakukan umat kristiani !