Sponsors Link

3 Perbedaan Perpuluhan dan Persembahan Yang Paling Mendasar

Sponsors Link

Seringkali sebagai orang kristen, kita ingin tahu lebih jelas apa itu perpuluhan maupun persembahan. Apakah hal itu wajib dan harus untuk kita lakukan atau tidak ? seringkali pertanyaan seperti itu sering terbesit di pikiran tiap orang kristen. Arti persepuluhan atau perpuluhan adalah sepersepuluh bagian dari berkat yang Tuhan berikan kepada kita yang harus kita kembalikan pada Tuhan. Imamat 27:30 Demikian juga segala persembahan persepuluhan dari tanah, baik dari hasil benih di tanah maupun dari buah pohon-pohonan, adalah milik TUHAN; itulah persembahan kudus bagi TUHAN.

ads

Matius 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, Matius 28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

Persepuluhan dan Persembahan Menurut Alkitab

Pemberian yang dilakukan, semuanya harus didasarkan dengan rasa hati yang tulus, seperti kisah seorang janda yang memberikan keseluruhan dari apa yang dia miliki kepada Tuhan, Yesus sendiri berkata kepada menjadi murid Kristus, bahwa perbedaan perpuluhan dan persembahan melihat hati untuk memberi, dimana Janda itu memberikan seluruh yang dia punya untuk dipersembahkan, berikut ulasan ayat alkitab tentang persembahan dan persepuluhan:

  1. Lukas 21:1 Ketika Yesus mengangkat muka-Nya, Ia melihat orang-orang kaya memasukkan persembahan mereka ke dalam peti persembahan.
  2. Lukas 21:2 Ia melihat juga seorang janda miskin memasukkan dua peser ke dalam peti itu.
  3. Lukas 21:3 Lalu Ia berkata: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu.
  4. Lukas 21:4 Sebab mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya. “

Sebenarnya bukanlah sebuah perbedaan perpuluhan dan persembahan, karna pada dasarnya semua hal itu dilakukan sebagai wujud hukum taurat bentuk ucapan syukur & rasa terima kasih kita atas segala berkat, penyertaan, dan anugerah Tuhan dalam seluruh hidup kita. Inilah berikut beberapa 3 perbedaan dari persepuluhan dan persembahan sebagai berikut:

  • Persepuluh dari berkat yang kita terima adalah minimum jumlah yang ingin kita kembalikan pada Tuhan, dan perpuluhan pada dasarnya adalah kewajiban untuk kita yang harus dilakukan sebagai orang kristen sebagaimana yang Tuhan telah perintahkan dalam firmanNya.
  • Lalu apa itu persembahan ? Apakah itu bukan suatu kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap orang kristen ? Sebenarnya persembahan dan perpuluhan sama pentingnya seperti yang Tuhan seringkali ajarkan dalam firmanNya, perpuluhan merupakan hal yang wajib kita kembalikan.
  • Tuhan atas segala berkat yang telah diberikan bagi kita, sedangkan persembahan merupakan hal yang sama pentingnya sebagai arti bersyukur dalam Alkitab kita kepada Tuhan atas segala anugerah & penyertaanNya dalam kehidupan kita.

Lalu persepuluhan & persembahan digunakan untuk apa ?

Persepuluhan dan persembahan yang kita berikan memiliki manfaat yang besar dalam memperluas berita kerajaan sorga, diantaranya :

  1. Membantu pelayanan dan perintisan hamba-hamba Tuhan di daerah-daerah.
  2. Membantu tugas & pelayanan hamba Tuhan dalam aktivitas peribadatan.
  3. Membantu dana kegiatan & pelayanan tujuan kita ke Gereja.
  4. Membantu kehidupan hamba-hamba Tuhan.
  5. Memperluas perkabaran injil & pemberitaan firman serta masih banyak hal lainnya dalam menyebarkan kabar baik dan keselamatan ke tiap-tiap orang yang belum mengenal akan Yesus.

Karena pada akhirnya kesemua hal baik perbedaan perpuluhan dan persembahan maupun persembahan untuk memperluas kerajaan sorga & menjangkau banyak jiwa-jiwa untuk dimenangkan demi kemuliaan nama Tuhan. Cek artikel kami yang lain tentang kehidupan kerohanian kristen, Tuhan Yesus memberkati.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 21st, October 2017 / 05:39 Oleh :
Kategori : Kristen