Peristiwa Gempa Bumi Saat Yesus Disalibkan

√ Quality Checked Pass quality & checking

Mungkin Anda sudah mendengar berkali-kali bahwa penyaliban Yesus Kristus merupakan salah satu hari penting di dalam sejarah manusia. Pada dasarnya, ada empat peristiwa penting yang terjadi di muka bumi ini. Pertama adalah Allah menciptakan manusia pertama. Kedua adalah hari kejatuhan pada saat manusia jatuh ke dalam dosa sehingga menyebabkan kematian dan juga kehancuran. Peristiwa ketiga adalah air bah atau Tsunami yang diturunkan pada zaman Nuh. Terakhir adalah hari penyaliban Yesus Kristus hingga mati di kota Yerusalem.

Pada saat peristiwa ituterjadi, banyak kejadian-kejadian aneh yang terjadi. Beberapa orang bahkanmenyebutkan bahwa peristiwa tersebut adalah mujizat Yesus karenaterjadinya penyaliban Yesus itu sendiri. Di Antara beberapa peristiwa yangterjadi, gempa bumi termasuk di antaranya. Pada saat itu, banyak orang yang terkaget-kagetdan tidak percaya mengapa tempat suci seperti Yerusalem mengalami gempa bumiyang cukup dahsyat? Beberapa hal mengenai Gempa bumi saat Yesus disalibkan bisadilihat pada ulasan berikut ini.

  • Tertulis dalam surat Matius

Tentunya berbagai peristiwatersebut tidak diungkapkan secara mengada-ada. semuanya sudha tercantum padaAlkitab. Mengenai peristiwa gempa bumi ini sudah ada di dalam surat Matius27:51. Bunyinya sendiri sebagi berikut.

“ Dan lihatlah tabir bait suci tersebut. Telah terbelahmenjadi dua dari atas hingga ke bawah. Terjadi gempa bumi sehingga bukit-bukitbatu pun terlihat sampai membelah.”

Pada ayat tersebut telahdiperlihatkan cukup jelas bahwa kejadian gempa bumi saat itu cukup dahsyat. Bahkandiperjelas dengan adanya bukit yang terbelah karena saking besarnya gempatersebut. Tentu saja banyak orang yang kalang kabut karena kejadian gempa bumidi Yerusalem, terutama para tentara Romawi.

  • Berhubungan dengan tabir Bait Suci

Perlu diketahui bahwasebelum gempa bumi itu terjadi, ada sebuah peristiwa besar lainnya ketikapenyaliban Yesus Kristus. Peristiwa tersebut adalah terkoyaknya tirai baitsuci. Untuk diketahui bahwa tirai tersebut sangat besar dan juga luas sehinggahampir mustahil jika sampai terkoyak atau terbelah.

Menurut Dr. John R. Ricedalam bukunya yang berjudul The King ofThe Jews: A Commentary on Mattewi menyebutkan bahwa di tempat kubustersebut atau bisa dikatakan ruang utama bait itu panjangnya sekitar 90 kaki, lebarnya30 kaki, dan tingginya bisa mencapai 90 Meter. Di dalam ruang kudus tersebuttelah dibagi menjadi dua bagian.

Dari pernyataan tersebutbisa kita simpulkan juga bahwa betapa besar dan tingginya tabir bait sucitersebut. Tidak ada hujan atau petir, tiba-tiba saja tabir tersebut terbelahmenjadi dua padahal tidak boleh ada seorang pun yang memasuki ruangan tersebutselain Imam Besar dan itu pun hanya satu tahun sekali.

  • Pendapat para ahli

Mengenai peristiwa gempadahsyat ketika penyaliban Yesus juga mengundang banyak pendapat dari berbagaiahli. Salah satunya adalah dari Alfred Edersheim. Menurut beliau yang telahmenulisnya pada buku The Life and Timesof Jesus the Messiah, gempa bumi yang terjadi berhubungan dengan robeknyatabir bait suci. Edersheim juga lebih menekankan bahwa tabir yang tebalnya bisasama dengan telapak tangan manusia itu sangat mustahil terbelah tanpa adanyakekuatan yang besar.

Pada saat Yesus Kristustelah mati, tabir tersebut sudha terbelah. Dari poeristiwa tersebut bisamenjadi tanda bahwa Yesus merupakan pernatara Allah dengan manusia. Hal inijuga terrukis dalam surat I Timothy 2:5 yang bunyinya seperti dibawah ini.

“ Oleh karena Allah itu Esa,Dia (Yesus) menjadi perantara Allah dan juga manusia. Dia itu adalah YesusKristus.”

Demikianlah beberapapenjelasan tentang gempa bumi saat Yesus Disalibkan yang mengejutkan. Peristiwaajaib yang terjadi pada saat Yesus disalibkan telah menjadi bukti nyatabahwa Yesus merupakan Anak Allah yang istimewa. Beliau mati untuk dapat menebusdosa-dosa umat manusia. Pada saat kebangkitan Yesus terjadi pun itu tidakterlepas dari peristiwa Yesus disalib. Oleh sebab itu, Yesus selalu berpesankepada umatnya agat terus mengasihi orang-orang yang memang membenci diri-Nya.Anda juga bisa membaca beberapa artikel menarik lainnya seperti apayang dialami pada rasul saat Yesus wafat, dan juga tanda-tanda akhir zaman.Semoga kita semua selalu terlindungi dan diberkati.

fbWhatsappTwitterLinkedIn