Sponsors Link

Rosenmontag: Asal Usul, Tujuannya, dan Tata Perayaannya

Sponsors Link

Sebagian besar umat Kristen bisa jadi kurang memahami atau bahkan tidak mengetahui apa itu Rosenmontag. Termasuk apa saja yang menjadi asal usul, tujuan, dan tata perayaan hari tersebut. Terutama di Indonesia, Rosenmontag ini tidak dilakukan atau dirayakan di sebagian besar unsur-unsur liturgi gereja yang ada di sini. Namun pada dasarnya ini adalah suatu tata perayaan dan acara yang dilakukan di negara lain. Jika ingin tahu lebih jelasnya, simak berikut ini beberapa informasi tentang Rosenmontag, asal usul, tujuannya, dan tata perayaannya.

ads

Asal Usul Rosenmontag

Jika belum tau apa sebenarnya Rosenmontag ini, sebenarnya ini adalah sebuah karnaval yang diselenggarakan pada hari tepatnya sehari sebelum Rabu Abu. Karnaval yang diselenggarakan pada hari Selasa tersebut merupakan acara yang dilakukan oleh negara Jerman. Sehingga tak heran jika menyambut tata perayaan tri hari suci setiap tahunnya, maka masyarakat di situ sibuk merayakan dan menyelenggarakan Rosenmontag. Rosenmontag sendiri adalah berarti Rose Monday dalam bahasa Inggrisnya. Walaupun demikian acara ini tidak dilakukan pada hari Senin namun lebih tepatnya sering kali jatuh pada sehari sebelum tri hari suci untuk memahami lebih dalam makna ibadah Rabu Abu tersebut. Nama ini sebenarnya mengacu pada Rosensonntag, yaitu sebenarnya hari pada minggu keempat pada rangkaian masa pra Paskah dan merupakan titik pertengahan dari waktu puasa yang umum dilakukan saat menjelang Paskah.

Umumnya pada masa ini para pastor di daerah yang disebutkan di atas membagikan mawar emas pada para pelayan Tuhan yang dianggap telah mengabdikan diri sepenuhnya mengikuti ajaran Yesus dan mampu menunjukkan contoh perilaku sebagai terang dan garam dunia seutuhnya terutama pada para jemaat. Mawar yang diberkati ini sebagai tanda perhatian dari pihak gereja pada pelayan Tuhan yang setia. Oleh sebab itu tradisi ini dilakukan dari tahun ke tahun di gereja Katolik dan pada akhirnya menjadi sebuah perayaan yang tergabung pada masa-masa menjelang Paskah. Kasih yang besar yang telah ditunjukkan para pelayan Tuhan ini seharusnya tidak dilupakan begitu saja melainkan dapat diberikan penghargaan melalui tindakan tersebut. Sehingga dapat menjadi motivasi para pelayan tersebut untuk senantiasa makin giat dalam melayani Allah dan sesama.

Tujuan Rosenmontag

Perayaan Rosenmontag ini memiliki beberapa tujuan yang hampir sama dengan prinsip perayaan tri hari suci. Oleh sebab itu walaupun tidak dilakukan di semua negara, namun bagi masyarakat Jerman acara ini sangat berarti dan sama pentingnya dengan rangkaian tata ibadah tri hari suci sendiri. Sehingga tak heran jika walaupun rangkaian acara tidak hanya berupa ibadah dan terdapat karnaval, tetapi setiap tahun perayaan ini selalu dilakukan masyarakat sekitar Jerman dengan maksimal. Tak jarang bahwa hal ini termasuk pawai dan karnaval yang ditunggu-tunggu, terutama oleh anak-anak yang menyukai karnaval serta aneka macam makanan dan acara menarik di dalamnya.

Adapun tujuan dari Rosenmontag tak lain yaitu untuk menghargai pula mereka yang telah bekerja melayani Tuhan. Oleh sebab itu menetapkan tradisi ini sebagai bagian dari perayaan gereja Katolik di area Jerman dianggap bukan sesuatu yang buruk dan justru positif. Pada akhirnya hari ini menjadi salah satu perayaan penting yang disertai dengan karnaval dimana bunga mawar ini sebenarnya juga merupakan simbol kesetaraan antara wanita dan laki-laki. Apalagi Alkitab sendiri mengingatkan bahwa wanita diciptakan dari tulang rusuk laki-laki, bukan untuk direndahkan tapi juga tidak ditinggikan. Yang lebih tepat yaitu setara.

Tata Perayaan Rosenmontag

Bagi yang ingin tahu bagaimana sebenarnya tata perayaan Rosenmontag tersebut, maka ada beberapa hal yang bisa memberikan informasi berkaitan dengan hari tersebut. Pada dasarnya walaupun tidak tercantum resmi sebagai bagian liturgi ibadah gereja, namun acara ini patut untuk dilestarikan karena tujuannya dalam menjadi bagian dari perayaan penyaliban Yesus. Sehingga walaupun lebih banyak berupa karnaval, acara ini memberikan makna yang baik dan positif bagi umat Kristen dan Katolik di Jerman. Adapun berikut ini tata perayaannya yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tata perayaan ibadah gereja Katolik pada umumnya:

Sponsors Link

  • Diawali dengan para imam yang masuk dalam gereja untuk pembukaan ibadah disertai dengan nyanyian dari para jemaat.
  • Selanjutnya pengucapan doa dan pembacaan injil pembuka.
  • Lalu disambut kembali oleh kidung pujian.
  • Masuk dalam tata ibadah inti, yaitu pembacaan khotbah dan kemudian beralih pada persiapan buah-buah komuni sakramen ekaristi.
  • Selanjutnya yaitu komuni yang dilakukan jemaat.
  • Baru setelahnya diselipkan pemberian mawar emas pada para pelayan gereja yang dianggap telah lama melayani tersebut.
  • Ibadah selanjutnya adalah persembahan yang diiringi oleh nyanyian dan pujian.
  • Kemudian doa terakhir yang diucapkan oleh imam dan penutup berupa bacaan ayat beserta pujian
  • Lalu para imam kembali meninggalkan ruangan dan jemaat dapat berdoa dan selesai dalam beribadah.

Itulah sedikit informasi yang berkaitan dengan Rosenmontag. Termasuk informasi tentang asal usulnya, tujuan, serta bagaimana tata perayaan hari tersebut. Hal ini sangat baik untuk memberikan informasi berkaitan dengan beberapa perayaan gereja di daerah atau negara lain. Sehingga memperkaya informasi akan tata ibadah dan pengetahuan kita sebagai umat Kristen.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Perayaan Kristen