Sejak Kapan Salib Menjadi Lambang Kristen Hingga Kini

√ Quality Checked Pass quality & checking

Bagi beberapa orang diluarumat Kristen dan Katolik, melihat ada seseorang yang menggunakan tanda salibsudah menunjukan bahwa orang tersebut beragama Kristen atau Katolik. Jika Anda bertanyakepada mereka pun, maka jawabannya rata-rata adalah salib merupakan simbol bagiUmat Kristen.

Ditambah lagi, Yesus mati diatas kayu salib sehingga melambangkan kasih sayang Tuhan. Hal inilah yangmembuat kita bertanya-tanya apakah lambang salib ini memang hanya dimiliki olehumat Kristen saja? lalu bagaimana Salib telah menjadi simbol yang identikdengan Kristen? Untuk menjawabnya, berikut ulasannya.

Sejarah Salib

Jika kita melihatperkembangan sejarah salib, maka mungkin Anda sedikit kaget karena salibbukanlah simbol pertama umat Kristen. Bahkan penggunaan salib sebagai simbolmerupakan salah satu yang tertua di dunia jauh sebelum Yesus hadir. Saat awalmuncul agama Kristen, mereka tidak menggunakan salib untuk simbol utama.kebanyakan menggunakan lambang hewan seperti ikan dan juga ank domba.

Beberapa agama kuno,khususnya di Asia sudah menggunakan salib sebagai simbol mereka. Selain itu, salibsering digunakan sebagai cara untuk menghukum para penjahat. Di Mesir sendirisalib sudah dikenal sebagai objek penyembahan. Hal ini berkaitan dengan adanyaritual penyembahan terhadap Dewa Matahari. Bahkan ada juga penelitian yangmembertahukan bahwa simbol salib juga dianggap sebagai “Simbol Kehidupan” danjuga “Sang Pemberi Hidup”.

Bentuk salib

Bentuk salib pada masa itupun berbeda-beda di setiap negara. Jika Anda mengira bentuk salib yang digunakanumat Kristen sama dengan negara lannya, maka Anda keliru. Hal ini kembali lagipada budaya dan kebiasaan dari masyarakat setempat. Contohnya saja kita lihatpada masyarakat Persia atau daerah Mesir. Bahkan bentuk salib pada mayarakatYunani mempunyai bentuk yang empat sisinya sama.

Istilah tersebut seringdisebut sebagai equal arms. Keempat sisi yang sama tersebut sering dianggapsama dengan elemen dasar bumi, yakni Bumi udara, air dan juga api. Maka dariitu simbol salib bisa juga memiliki bentuk yang tidak sama setiap negaraseperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Untuk masyarakat Roma sendiri,simbol salib tidak hanya digunakan dalam proses penyembahan pada para dewasaja. Simbol salib pun digunakan juga untuk memberi hukuman yang paling keji padamasa itu. Ketika masa pemerintahan Roma, hukuman salib sering digunakan untukpara penjahat dan juga golongan budak yang termasuk golongan rakyat bawah.

Simbol Salib untuk Umat Kristen

Pada tahun 312-312 M, Mkonstantin yang telah menguasai Romawi telah memberikan kemudahan bagi gereja. Padazaman itu, gereja lebih banyak ditindas dan banyak orang-orang Kristen dibunuh.Selain itu, umat Kristen pada zaman Romawi banyak yang diberhentikan dari berbagaibentuk jabatan dalam pemerintah. Hal tersebut dilakukan sebagai rasa terimakasihnya karena melalui tanda salib dia berhasil memenangkan pertempuran denganMaximius.

Kejadian tersebut telahmenjadi tanda dengan dikeluarkannya “Edict of Milan” yang memungkinkan jaminankebebasan beragama, khususnya untuk agama Kristen. Sejak saat itu tanda salibmenjadi sebuah tanda yang sangat penting. Tidak hanya penting untuk piha gerejasaja tetapi juga bagi pemerintahan Romawi itu sendiri.

Seiring dengan kekuasaanRomawi yang semakin luas, perluasan agama Kristen pun semakin diagungkan. Ditambahlagi simbol Salib pun sudah dianggap sebagai lambang kepercayaan gereja dankekuasaan dalam kekaisaran Romawi. Puncaknya simbol salib ini terjadi pada masaperang salib yang berlangsung lebih dari 200 tahun.

Saat itu, khutbah tentangsalib dari Paus membuat prajurit Romawi semangat untuk berperang. Dampak perang salibtersebut telah memberikan dua sejarah penting, pertama pemimpin gerejamengalami kegagalan perang, dan kedua tanda salib menjadi tanda yang sangatpenting untuk umat Kristen,

Demikian beberapa sejarahsalib menjadi lambang ataupun simbolKristen. Dari ulasan di atas, kita bisa tarik kesimpulan bahwa salib padaawalnya bukanlah simbol pertama bagi umat Kristen. Namun seiring dengab  berjalannya waktu dan adanya latar belakangreformasi gereja, salib menjadi simbol kuat untuk umat Kristen saat ini. meskipunbegitu tanda salib Kristen sedikit berbeda dengan tanda salib Katolik. TentunyaAnda harus memahami seperti apa sejarah Agama Kristendari dulu hingga sekarang. Semoga Anda semua diberkati oleh Tuhan.

fbWhatsappTwitterLinkedIn