Sponsors Link

Sejarah Gereja Masehi Advent: Asal Usul, Pendiri dan Ajarannya

Sponsors Link

Mempelajari bagaimana sejarah gereja Masehi Advent merupakan salah satu hal yang menarik. Tentu sebagai orang Kristen kita mengenal berbagai macam jenis dan ajaran gereja yang mana berbeda satu dengan yang lain. Misalnya saja perbedaan gereja bethel dan patekosta atau misalnya perbedaan gereja karismatik dengan protestan. Sehingga tidak heran jika gereja memiliki beberapa cara dalam menyampaikan liturgi dan tata ibadahnya masing-masing. Demikian halnya gereja Masehi Advent yang menarik untuk diikuti asal usul serta latar belakang ajarannya. Bagi yang tertarik lebih lanjut, berikut di bawah ini sekilas tentang  sejarah gereja Masehi Advent.

Asal Usul Gereja Masehi Advent

Sejarah gereja Masehi Advent ini dimulai salah satunya dari asal usul berdirinya gereja tersebut. Bila dilihat dari sejarahnya, maka gereja ini awalnya berdiri seputar tahun 1831 oleh William Miller yang awalnya menantikan kedatangan Yesus untuk kedua kalinya. Saat hal ini tidak terkunjung terjadi maka banyak yang meyakini kembali untuk berpegang pada ajaran lama di Perjanjian Lama atau tujuan hukum Taurat pada mulanya. Dari sinilah muncul pimpinan lainnya seperti Ellen White yang membangun cikal bakal berdirinya gereja Masehi Advent di dunia.

Pendiri Gereja Masehi Advent

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa gereja ini berawal dari inisiatif Wiliam Miller dan kemudian diteruskan oleh penasihat utama gereja pada saat awal mula gereja ini berdiri yaitu Ellen White. Dengan adanya para pemimpin ini maka gereja Advent pada akhirnya berkembang menjadi gereja dengan jumlah pengikut yang cukup banyak di dunia. Tidak sedikit yang percaya akan hukum yang diberikan Allah pada masa Perjanjian Lama untuk menjadi pedoman serta tuntunan hidup orang percaya. Walau sepenuhnya tidak salah, namun aliran ini cukup banyak berbeda dibanding dengan aliran gereja yang lainnya.

Ajaran Gereja Masehi Advent

Bila dilihat lebih jauh dari prinsip ajaran dari gereja yang satu ini, maka gereja Masehi Advent termasuk yang memegang teguh ajaran-ajaran Allah yang diberikan pada masa Perjanjian Lama. Sehingga banyak yang berpkir bahwa gereja ini jauh lebih kaku dan lebih konvensional. Berbagai macam kontroversi hubungan Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru tidak menyurutkan ajaran gereja untuk tetap teguh memegang apa yang mereka yakini tersebut di tengah munculnya banyak gereja lain dengan aliran yang berbeda. Keyakinan seperti misalnya menjalankan jenis puasa dalam Kristen serta tidak mengonsumsi makanan tertentu misalnya hewan berkuku belah ataupun hewan berbuku-buku, membuat gereja ini memiliki banyak jemaat yang militan terhadap firman Allah dan dianggap kaku terhadap perintah yang Allah berikan pada umatNya.

Demikianlah sekilas tentang sejarah gereja Masehi Advent. Tentunya dengan memahami hal ini maka sebagai umat Kristen akan tetap merasa bersatu walaupun berbeda dalam pengajaran maupun sejarah gerejanya. Intinya setiap gereja meyakini akan penyaliban Yesus serta janji keselamatan dalam Alkitab yang Tuhan berikan. Oleh sebab itu tidak peduli di gereja mana saja, tentunya hal ini tidak akan jauh berbeda jika beribadah. Sepanjang mempercayai Tuhan Yesus sebagai juru selamat yang hidup. Amin.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Gereja