Sponsors Link

Sejarah Kristen Pentakosta yang Banyak Belum di Ketahui

Sponsors Link

Pentakosta atau yang di Indonesia lebih di kenal dengan Pantekosta adalah salah satu dari aliran agama Kristen. Berbeda dengan aliran agama kristen lainnya, seperti Kristen Protestan, Katolik dan Karismatik, Kristen Pentakosta lebih mementingkan ajarannya kepada kasih karunia Roh Kudus. Walapun ajaran Kristen Pentakosta dan Kristen Protestan berbeda, namun sama seperti aliran ajaran agama kristen lainnya, ajaran ajaran Kristen Pentakosta di dasarkan kepada ajaran ajaran alkitab.

ads

Asal-Usul Kristen Pentakosta

Istilah pentakostal sendiri mulai di gunakan sekitar tahun 1847. Akan tetapi, praktek ajaran kristen pentakosta telah ada sebelumnya. Ajaran – ajaran yang menenkankan pada kasih kasih karunia roh telah ada dalam ajaran alkitab, seperti yang tertulis pada kitab 1 korintus pasal 14 ayat 3 , sebagai berikut :

  • Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah . Sebab tidak ada seorangpun yang mengerti bahasanya;oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia. 
  • Penekanan pada bahasa roh adalah salah satu dari ajaran yang ikuti oleh para umat yamg memeluk Kristen Pentakosta.

Pentakosta modern sendiri muncul pada sekitar tahun 1901. Di Eropa dan Amerika, ajaran sejarah Kristen Pentakosta sendiri muncul pada sekitar tahun 1906. Pada saat itu seorang pemuda bernama Edward Lee yang bertempat tinggal di Los Angeles, mengatakan bahwa dirinya di penuhi oleh kuasa Roh Kudus dan kemudian mulai berbahasa roh. Klaim Edward Lee ini kemudian memenuhi koran Los Angeles Times pada waktu itu.

Tahun Awal 1906

Pada awal April 1906 Edward Lee mengambarkan pengalamannya yang di penuhi oleh Rok Kudus hingga berbahasa roh. Seminggu setelah kejadian tersebut, Edward Lee kemudian di beritakan pada koran Los Angeles Times. Setelah kejadian tersebut sebuah gerakan kecil mulai terbentuk dan mereka lalu menyewa sebuah gedung yang sudah tidak di gunakan lagi dengan menamakannya sebagai  African Methodist Episcopal Church. Di situ lah terbentuknya aliran kristen Pentakosta yang sekarang di kenal semua orang.

Pada awalnya, gerakan ini diikuti oleh semua orang baik dari ras kulit putih atau maupun dari ras kulit hitam. Kristen Pentakosta di kenal sebagai iman yang hidup di antara kaum miskin dan yang dapat menjangkau kehidupan sehari – hari semua orang. Dan sejarah Kristen Pentakosta tidak hanya menawarkan harapan tetapi juga menawarkan cara hidup yangb baru. Sejak saat itu jumlah umat pengikut ciri-ciri agama Kristen Protestan pentakosta terus bertambah di Amerika Serikat hingga mencapai sekitar 20 juta umat.

Ciri – Ciri Umum Pentakosta

Ajaran Kristen Pentakosta adalah ajaran agama Kristen yang lebih cenderung ke kasih karunia roh kudus. Namun tidak hanya itu ada banyak hal ini yang dapat menjadi ciri – ciri dari sejarah Kristen Pentakosta, sebagai berikut:

  • Sangat menekan pada kasih karunia roh, salah satu contohnya adalah kemampuan untuk berbahasa roh. Walaupun begitu, bahasa roh hanya salah satu dari ciri ciri umat kristen pentakosta bukan untuk menjadi tanda keselamatan
  • Pembaharuan infrastruktur seperti lagu – lagu rohani yang jauh lebih modern
  • Tidak seperti ajaran kristen katolik atau pun protestan, kalangan umat Kristen Pentakosta mengizinkan kaum wanita untuk mengikuti pelayanan dalam gereja tertua di dunia.
  • Nilai kekeluargaan lebih di tekankan di antara kalangan umat sejarah Kristen Pentakosta.

Walaupun ada beberapa perbedaan Kristen Pantekosta dan Protestan seperti kristen katolik, protestan and pentakosta, semua ajaran ajaran tersebut adalah berbasis dengan Alkitab dan janji Tuhan bagi orang percaya sebagai juru selamat dan sebagai Putra Tunggal Allah.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 25th, October 2017 / 08:01 Oleh :
Kategori : Kristen