Sponsors Link

Sejarah Singkat Sakramen Ekaristi Dengan Penjelasan Terlengkap

Sponsors Link

Bagi orang Katolik, belum tentu semua mengerti akan sejarah sakramen ekaristi. Sebagai salah satu sakramen gereja anglikan yang cukup penting, kebanyakan orang melakukan tata perayaan sakramen ekaristi ini tanpa tahu bagaimana sakramen ini dilakukan dan tercetus pada awal mulanya. Oleh sebab itu sangat penting untuk mengetahui latar belakang peristiwa termasuk sejarah dan makna dari sebuah sakramen. Karena pada dasarnya sakramen ini tidak dilakukan tanpa dasar serta tujuan yang jelas. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini sekilas mengenai sejarah sakramen ekaristi.

Latar Belakang Sakramen Ekaristi

Salah satu latar belakang yang mendorong adanya sakramen ini tak lain yaitu peristiwa serta makna perjamuan kudus bagi umat protestan dan katolik atau perjamuan malam terakhir Tuhan Yesus berserta murid-murinya sebelum Dia disalibkan. Dimana di dalam Alkitab jelas bahwa Tuhan Yesus ingin dikenang melalui upacara penerimaan tubuh dan darahNya pada malam sebelum Dia diserahkan. Oleh sebab itu semua orang Kristen tentunya melakukan hal tersebut dalam berbagai bentuk. Dan di dalam agama Katolik hal ini dituangkan dalam bentuk buah-buah komuni sakramen ekaristi. Yaitu sakramen untuk menerima tubuh dan darah Kristen yang dirupakan dalam bentuk roti dan anggur.

Sejarah Sakramen Ekaristi

Secara lebih jelasnya mengenai sejarah sakramen ekaristi ini sendiri di dalam agama Katolik memiliki pula sejarah yang cukup panjang. Dimulai dari pernyataan tentang perjamuan malan terakhir pada kisah-kisah orang-orang kudus dan tokoh-tokoh Alkitab sesudah Tuhan Yesus naik ke surga. Lalu dilanjutkan oleh kisah-kisah yang dituliskan dari para Santo dan Santa mengenai tubuh dan darah Yesus serta betapa pentingnya untuk mengingat hal tersebut dalam ibadah gereja mingguan. Hal ini pada akhirnya mendorong rekonsiliasi Vatikan untuk mencetuskan sakramen ekaristi yang diberikan sebagai peringatan akan tubuh dan darah Yesus yang melambangkan pengorbanan yang besar di kayu salib.

Dari sini maka sakramen ekaristi menjadi sebuah sakramen yang wajib diberikan selain dari sakramen yang lainnya seperti misalnya sakramen baptis ataupun tujuan sakramen krisma. Karena justru hal ini tertuang secara langsung di dalam Alkitab dan tertulis di berbagai Injil yang ada di masa Perjanjian Baru. Berbekal semangat untuk memaknai tubuh dan darah Kristus yang sepenuhnya inilah, maka pihak gereja Katolik memberikan sakramen ini sebagai bagian dari ibadah mingguan dan liturgi pada gereja Katolik. Sehingga pada akhirnya apa yang Tuhan Yesus inginkan pada murid-muridNya tetap berjalan hingga saat ini. Sebagai pengikut Yesus yang setia, tentu memaknai sakramen ekaristi ini juga sangat dalam sehingga tercetus sejarah panjang dari lahirnya sakramen itu sendiri.

Itulah beberapa informasi menarik berkaitan dengan sejarah sakramen ekaristi. Sangat penting bagi orang Katolik untuk memahami lebih dulu sejarah dan latar belakang pemberian sakramen ini sebelum melaksanakannya. Karena melalui pemahaman akan sejarahnya maka dapat dimaknai pula arti serta tujuannya. Sehingga dengan demikian maka apapun sakramen yang dilakukan dapat menguatkan iman dan kepercayaan kita sepenuhnya lebih dalam pada Tuhan. Termasuk akan cinta serta janji keselamatan dalam Alkitab yang diberikan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Sakramen