Sponsors Link

Sejarah Sekolah Minggu Di Indonesia yang Menarik untuk Anda Baca!

Sponsors Link

Sekolah minggu ialah merupakan salah satu kegiatan sekolah yang dilakukan tepat pada hari minggu. Sekolah minggu ini biasanya didapati dari ajaran agama Kristen bahkan sampai saat ini masih terus dilakukan. Sekolah minggu ini biasanya diajar oleh beberapa guru yang sudah paham akan ajaran agama Kristen sehingga dengan pemahaman yang mereka miliki tersebut akan diajarkan kembali kepada kalangan anak-anak kecil yang mana di sebut sebagai anak sekolah minggu. Sekolah minggu tidaklah lepas dari membentuk karakter yang baik, bahkan bisa mencontoh tokoh Alkitab yang menghormati orang tua. itu semua juga tidak terepas dari ayat Alkitab tentang menghormati orang tua. Namun bukan hanya ditujukan pada seorang anak saja melainkan terdapat juga ayat Alkitab untuk orang tua yang harus diketahui bila ingin menjadi pendamping anak-anak agar lebih baik lagi.

ads

Pelayanan Sekolah Minggu Dalam Ajaran Agama Kristen

Pelayanan sekolah minggu seperti yang diajarkan dalam ajaran agama Kristen sebenarnya sudah terdapat juga didalam Alkitab yang mana terdapat pada Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Pada perjanjian Lama sekolah minggu jelas sudah diajarkan yang mana sebagai yang tertulis didalam Alkitab.

Ulangan 6:4-7 4Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa! 5Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu. 6Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, 7haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.”

Dari ayat ini sangat jelas mengajarkan bila kita sebagai orang yang percaya dan paham akan pentingnya pengenala akan Tuhan Yesus, maka sangat diharuskan untuk membagikan pengetahuan tersebut kepada semua anak-anak yang ada saat ini secara khusus bagi orang percaya atau orang Kristen. Terlebih harus mengenal cara mendidik anak menurut iman Kristen. Bahkan pengajaran akan Alkitab bukan hanya melalui sekolah minggu saja melainkan juga diajarkan dari berbagai macam cara diantaranya pada saat perjalanan, pada saat berbaring bahkan pada saat bangun seperti penjelasan ayat Alkitab diatas. Disinilah juga sangat diperlukan peranan orang tua dalam mendidik anak menurut Alkitab.

Sekolah minggu menurut Perjanjian Baru dalam Alkitab

Bukan hanya perjanjian lama saja yang mengajarkan akan sekolah minggu melainkan juga sudah dituangkan dalam perjanjian baru yang mana bisa anda ketahui sebagai berikut ini.

1 Timotius 3:15 “Jadi jika aku terlambat, sudahlah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat dari Allah yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran.”

Pada masa perjajian lama mendidik anak dilakukan di sinagoge, namun tepat pada perjanjian baru sudah dialihkan pada sebuah gereja yang mana sebagai tempat semua jemaat Tuhan berkumpul. Dalam ayat diatas juga dijelaskan jika anak-anak diartikan sebagai dasar atau sebagai tiang penopang sebuah kebenaran. Maka dari itulah sangat penting mengadakan sekolah minggu hal ini agar anak-anak mendapatkan konsep yang benar terkait dengan kebenaran Tuhan dalam keseharian kita, dan bisa menumbuhkan keluarga Kristen yang lebih baik lagi nantinya. Bukan keluarga yang hanya menyakiti anak, karena hal tersebut sudah tertuang dalam Alkitab. Cobalah pahami apa arti memukul anak menurut Alkitab.

Perkembangan Sekolah Minggu Menurut Alkitab

Pada awalnya sekolah minggu ini ada sampai saat ini tidaklah terlepas dari pelayanan yang dilakukan beberapa misionaris diwaktu yang terdahulu. Bahkan pelayanan yang dilakukan misionaris tersebut masuk di wilayah Indonesia dan sampai saat ini masih bertahan yakni sekolah minggu dalam ajaran agama Kristen. Pada awalnya sekolah minggu ini sangat berkembang dibeberapa negara seperti di Eropa maupun Amerika. Bahkan dari perkembangan tersebut juga dikenal hingga saat ini di Indonesia. Besarnya perkembangan dari sekolah minggu ini juga sebenarnya tidak terlepas dari mengikuti ajaran yang sudah di tetapkan Allah didalam Alkitab yakni dalam ayat berikut ini:

Sponsors Link

Matius 19:14 “Tetapi Yesus berkata: “Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga.”

Jelas sekali begitu penting serta besar peran anak kecil di hadapa Allah, yang mana dalam perkataan Allah menjelaskan bila anak kecil ialah empunya Kerajaan Sorga. Maka dari itulah akan sangat penting penanaman konsep pada anak-anak salah satunya penanaman konsep akan pemahaman terhadap Kristus Yesus. Dengan konsep yang benar dan didasari dengan ajaran Alkitab jelas anak-anak akan bertumbuh dan menjadi dewasa sesuai dengan keinginan Allah dan berkenan dihadapanNya.

Matius 18:13 “lalu berkata: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.”

Disini sangat jelas lagi bila diajarkan sikap seorang anak kecil merupakan sebuah sikap yang sangat disukai oleh Tuhan Yesus yang mana merupakan sikap yang layak masuk kedalam kerajaan sorga. Bukan hanya mengajarkan sekolah minggu dengan rutinitas semata saja bagi kita semua melainkan bagaimana kita juga bisa belajar dari sikap yang dimiliki seorang anak kecil yang mana sangat jelas dalam ayat diatas disampaikan jika sikap seperti itu ialah salah satu cara untuk masuk kedalam kerajaan surga. Itulah hal yang termasuk dalam sejarah sekolah minggu. Baik yang dijelaskan menurut pemahaman penelitan bahkan sampai pada pemahaman dalam ajaran Alkitab.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kristen