Siapa yang Telah Menyalibkan Yesus Kristus

√ Quality Checked Pass quality & checking

Sekitar 2000 tahun lalu, adasebuah tragedi yang cukup memilukan Untuk umat manusia. Hal itu bisa terjadiketika seseorang manusia atau bisa juga spesial yang bernama Yesus Kristusdijatuhi hukuman mati dan akhirnya disalib di atas bukit Golgota.  Padahal di mata para rakyat biasa, sosok Yesustelah dianggap sebagai nabi yang sangat besar. Tidak hanay itu saja, Yesus Kristuspun juga dianggap sebagai Mesias atau penyelamat.

Akan tetapi, peristiwapenyaliban Yesus Kristus tetap menjadi perbincangan yang sering dibahas hinggakini. Bahkan ada juga yang masih menjadi bahan perdebatan adalah siapa yangmengikat Yesus ketika disalibkan? Pertanyaan ini cukup menjadi perhatian karenamemang jarang dibahas. Berikut ini ada daftar kemungkinan orang-orang yangterlibat dalam penyaliban Yesus.

1. Pemimpin Agama Israel

Kemungkinan yang pertamaadalah para pemimpin Agama di Israel yang bertanggung jawab dalam penyalibanYesus. Hal ini memang diperkuat dalam surat Matius 26:3-4 yang berbunyi sebagaiberikut.

“Mereka berkumpul di sebuah istana besar yang bernamaKayafas. Di dalamnya, mereka sering merundingkan berbagai rencana agar bisamenangkap Yesus dengan cara menipu dan juga langsung membubuhnya”.

Dari isi ayat di atas, kitabisa melihat bahwa sudah ada rencana untuk melakukan penyaliban terhadapkeberadaan Yesus. Hal itu pun semain dipertegas dengan penyataan para pemimpinYahudi yang menuntut orang-orang Romawi agar Yesus Kristus segera dihukum mati.

2. Bangsa Romawi

Bagian selanjutnyakemungkinan telah melakukan penyaliban Yesus adalah para Bangsa Romawi. Hal tersebutjuga tertulis dalam surat Matius 27:27-37.

“Di atas Kepala Yesus telah terpasang sebuah tuliasa yangmenyatakan dia adalah raja para orang Yahudi. ditambah lagi pada bagian ataskepala Yesus Kristus juga terdapat tulisan juga yang berbunyi inilah Isa sangraja Bani Israil.”

Dari isi surat diatas bisadikatakan pernyataan para bangsa Romawi untuk menjerumuskan Yesus semakintinggi. Ditambah lagi, proses penyaliban merupakan salah satu metode eksekusiyang dilakukan oleh bangsa Romawi di bawah kekuasaan Pontius Pilatus. BerdasarkanMatius 27:27-35 telah disebutkan bahwa para tentara Romawi menancapkan paku kebagian tangan dan kaki sekaligus mendirikan salib.

3. Masyarakat Israel

Kemungkinan yang ketiga adalah para masyarakat Israel. Khususnya pada beberapa orang yang meneriakan penyaliban Yesus dengan kencang pada saat Yesus sedang diadili oleh Pilatus. Bahkan beberapa orang Israel tersebut lebih memilih untuk memebebaskan seorang pencuri yang bernama barabas dibandingkan Yesus itu sendiri. Hal ini telah disebutkan pada surat Matius 27:21.

Petrus pun telah menegaskanpada Kisah Para rasul 2: 22-23 yang berbunyi sebagai berikut:

“Wahai orang-orang Israel, dengarkanlah perkataan ini.Maksud dari perkataanku adalah Yesus yang berasal dari Nazaret. Dia merupakanseseorang yang sudah ditentukan oleh Allah. Dia juga telah diyatakan padamubahwa kekuatan dan mujizat yang dilakukan oleh Allah dengan perantaraan diantara kamu. Padahal dia telah diserahkan oleh Allah berdasarkan maksud danrencananya.”

Bahkan penyaliban Yesussendiri merupakan sebuah konspirasi yang melibatkan banyak pihak. Yakni Roma,Herodes, dan juga para pemimpin Yahudi serta beberapa orang Israel. Hal tersebutmemang masih diperdebatkan hingga sekarang sehingga masih belum dibuktikansecara data.

Demikianlahtentang siapa yang telah melakukan penyaliban pada Yesus Kristus. Dari ulasantersebut bisa kita lihat bahwa poenyaliban Yesus sendiri masih belum dipastikansecara jelas. Hal tersbeut memang wajar mengingat sumber satu-satunya tentangperistiwa itu adalah Alkitab saja. Sementara itu data-data yang lain tentanginformasi Yesus Kristus masih sedikit.

Anda pun bisa membaca informasi lainnya tentang Yesus Kristus seperti peristiwa Ajaib yang terjadi saat Yesus disalibkan,  apa yang dialami pada Rasul ketika Yesus wafat, Mengapa Yesus disalib bersama dua penjahat, dan masih banyak lagi kisah lainnya tentang penyaliban Yesus. Meskipun begitu, kita tetap percaya bahwa Yesus akan bangkit pada suatu saat nanti. Mengapa Yesus Harus bangkit akan dijelaskan lebih rinci pada ayat Alkitab tentang kebangkitan Yesus. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda semua. Tuhan akan selalu memberkati para umatnya yang rajin.

fbWhatsappTwitterLinkedIn