Sponsors Link

3 Sikap Orang Kristen Terhadap Pemilu yang Wajib Ditiru

Sponsors Link

Sikap orang Kristen terhadap Pemilu bisa jadi merupakan salah satu hal yang harus dipertimbangkan akhir-akhir ini. Tentunya Tuhan sendiri tidak pernah melarang umatNya dan membiarkan prinsip gereja terhadap politik tetap terjalin seiring dan seirama dengan jalannya pemerintahan suatu negara. Tetapi yang ditekankan dalam hal ini yaitu pentingnya tetap mengundang tujuan karunia Roh Kudus supaya tidak salah dalam berbuat dan mengambil keputusan. Apalagi karena banyak tokoh agama yang dijadikan pandangan banyak orang dalam hal ini. Oleh sebab itu supaya lebih jelasnya, berikut ini sedikit penjelasan mengenai sikap orang Kristen terhadap Pemilu akhir-akhir ini yang sebaiknya ditanggapi sebaik mungkin.

ads

Ajaran Alkitab Tentang Pemilu

Memang Alkitab sendiri tidak memberikan gambaran yang jelas mengenai Pemilu. Namun di dalam firman Tuhan itu juga tidak melarang umatNya untuk tidak melaksanakan Pemilu. Sudah jelas bahwa Alkitab ingin supaya kita semua tetap tunduk pada pemerintahan yang berlaku. Dimana hal ini telah berlangsung sejak jaman dahulu kala bahkan saat masa kehidupan tokoh-tokoh Alkitab. Dengan demikian akan lebih mudah untuk umat Kristen memahami bahwa keikutsertaan terhadap Pemilu pastinya tidak ada salahnya. Namun sangat penting untuk memastikan bahwa setiap langkah yang dipilih dan diambil tidak menyimpang dari ajaran Tuhan atau tidak berpihak pada sifat dosa menurut Alkitab yang dibenci Allah. Sehingga dengan demikian umat Kristen bisa bebas menentukan pilihannya namun tetap dalam koridor yang benar dan tepat sesuai firman Allah di dalam hidup orang percaya.

Sikap Terhadap Pemilu

Tentunya sebagai orang Kristen ada beberapa hal yang harus dijadikan pedoman dalam memilih sikap terhadap terlaksananya pemilihan umum atau Pemilu di Indonesia saat ini. Beberapa hal di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Utamakan rasa jujur dan adil dalam pelaksanaan Pemilu, terutama bila dipercaya untuk menjadi bagian dari peristiwa tersebut. Sikap orang Kristen terhadap Pemilu sebaiknya jangan mengikuti arus yang terjadi dan salah dalam keberpihakan. Oleh sebab itu sangat penting berdoa dan meminta Tuhan sendiri yang tunjukkan mana yang harus dipilih untuk kebaikan bangsa dan negara kita di kemudian hari.
  • Pastikan untuk tidak lepas dari ketaatan dan ketakutan pada Allah. Karena dalam pengertian takut akan Tuhan maka akan lebih mudah untuk tidak gampang diperdaya dan terpancing emosi dalam situasi politik yang ada sekarang ini. Tetaplah menjadi bijaksana dalam mengambil sikap terutama dengan sesama yang berbeda pandangan politik.
  • Tetap utamakan kasih dalam situasi politik saat ini, dimana bisa jadi banyak orang yang berubah sikap dan menjadi tidak baik di mata banyak orang. Tidak perlu terpancing emosi namun tetap berlaku penuh kasih.

Itulah sedikit penjelasan mengenai sikap orang Kristen terhadap Pemilu yang saat ini terjadi di Indonesia. Tentunya sangat penting untuk tetap memberikan contoh perilaku sebagai terang dan garam dunia. Dalam keadaan yang membuat banyak orang lain berbuat tidak rasional karena dalam masa Pemilu, sangat penting supaya anak-anak Tuhan tetap mengutamakan buah-buah Roh Kudus meskipun berkecimpung di dunia politik. Sehingga nama Tuhan tetap dipermuliakan sebaik mungkin melalui cermin perbuatan sehari-hari umatNya.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Kristen