Sponsors Link

Spiritualitas Kristiani: Arti, Konsep, Sifat, dan Tanda-Tandanya

Sponsors Link

Mendengar kata spiritual atau spiritualitas mungkin yang ada dalam benak pikiran yakni yang berkaitan dengan dunia lain atau alam bawah sadar. Namun disini bukan mengacu pada hal tersebut melainkan yang mengaju pada spiritualitas kristiani yang termasuk dalam penyerahan diri secara penuh kepada Tuhan Yesus. Jiwa spiritualitas kristiani sebenarnya memang layak kita lakukan yang mana juga sudah diwajibkan dan tertulis dalam kitab suci. Arti dari sifat spiritualitas kristiani ialah merupakan sebuah kelahiran baru atau lahir kembali menurut Alkitab, yang ada di dalam jiwa masing-masing anak Allah dan merupakan cara bagaimana mengijinkan Roh Kudus masuk dalam kehidupan dan memimpin serta menguasai seluruh kehidupan kita.

ads

Spiritualitas Kristiani menurut pandangan Alkitab

Efesus 1:13 mengatakan 13Di dalam Dia kamu juga–karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu–di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.

Disini dijelaskan bila kita dilahirkan kembali, bahkan merupkan ayat Alkitab tentang berserah, maka harus menerima Roh Kudus yang telah memetaraikan semua umat yang percaya untuk tujuan penebusan. Dengan demikian sangat jelas jika spiritualitas kristiani itu sangat diperlukan dalam pribadi masing-masing.

Konsep Spiritualitas Kristiani Menurut Alkitab

Konsep dari spiritualitas kristiani sebenarnya juga sudah tertuang di dalam Alkitab yang mana disini dimaksudkan dengan sebuah rumusan bahkan pedoman yang harus dilakukan agar relasi dengan Tuhan Yesus semakin baik. Bahkan anda dan saya bisa mengetahui ayat Alkitab tentang hidup. Dengan adanya kedekatan relasi dengan Tuhan seperti ini jelas akan membuat hidup akan lebih baik dan sesuai dengan ajaran yang sudah diberikan Tuhan Yesus kepada semua anak-anaknya.

1 Petrus 1:16 mengatakan “sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.”

Dari ayat tersebut menjelaskan dan mengajarkan kita agar memiliki sebuah komitmen yang mengharuskan untuk serupa dengan Kristus. Dari hal tersebutlah yang akan membuat pribadi kita semakin kudus serta layak untuk tinggal di rumah Bapa.

Sifat Spiritualitas Kristiani Menurut Alkitab

Ketika kita diajarkan agar serupa dengan kristus dan bukan serupa dengan dunia, maka dari sifat spiritualitas kristiani yang ada dalam diri seseorang akan mencapai sebuah sifat yang baru yang mana dengan memiliki ciri khas seperti Bapa yang di surga.

Galatia 5:22 mengatakan “Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,”

Ketika kita sudah memiliki spiritualitas kristiani yang mana ingin serupa dengan perbuatan Allah dan tidak melanggar dari aturan yang sudah diberikanNya, maka jelas kita akan memiliki dari buah roh yang sudah dijelaskan dalam Alkitab. Semua buah roh diatas jelas merupakan sifat yang sudah Allah miliki dan sangat wajar serta diharuskan kita memilikinya juga.Jadi pada intinya spiritulitas kristiani ialah merupakan sebuah kehidupan yang didasari dengan sebuah iman yang mana tertuju kepada Tuhan Yesus. Atau hal yang berkaitan dengan pengertian takut akan Tuhan Dengan iman yang ada dalam diri kita, dan yakin akan semua perbuatanNya,  maka dengan demikian berarti manusia atau kita sudah menerima semua karunia Roh yakni merupakan sebuah Roh Kudus.

Memiliki sifat spiritualitas kristiani berarti berupaya menjadi serupa dengan Allah dan menerapkan semua sifat yang pernah Tuhan ajarkan kepada anak-anaknya selama ini dan tidak mengabaikan dari semua perintah yang diajarkanNya. Dengan memilih Allah tinggal didalam pribadi kehidupan kita, hal ini sama artinya dengan memperbaharui kehidupan yang lama menjadi baru kembali dan tidak membiarkan kehidupan lama yang buruk menguasai jiwa kita dan berakibat menjauhkan dari pada Allah. Namun belajar memahami ciri-ciri kerajaan Allah setiap saat. Hal yang ditekankan juga disini jika spiritualitas kristiani bukan sebuah sifat yang dinilai dan berada diluar jiwa melainkan yang berada dalam pribadi masing-masing dan menjadi kebiasaan setiap harinya terutama selalu ingin memiliki kedekatan dengan Tuhan Yesus.

Sponsors Link

Tanda-Tanda Dari Spiritualitas Kristiani

Merupakan Persekutuan Dengan Allah Atau Membangun Keintiman Dengan Allah. Spiritualitas kristiani jelas merupakan suatu sifat yang begitu intim dengan Tuhan Yesus. Persekutuan yang dimaksudkan disini yakni dengan begitu dekatnya dengan Allah setiap waktu tanpa adanya alasan menyimpang dari pada jalanNya.

Yohanes 10:30 mengatakan “ Aku dan Bapa adalah satu”. Dalam ayat ini jelas mengajarkan bila kita harus satu dengan Allah dan membuat sifat kita harus serupa dengan sifat Allah.

Yohanes 17:11 mengatakan “Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.”

Disini dijelaska meskipun Tuhan sudah tidak ada di dalam dunia seperti dulunya, namun kita diajarkan agar tetap menjadi satu yakni menjadi satu dengan pribadi Allah dan bisa menjadi layak di hadapan Allah. Tujuan dari spiritualitas kristiani sebenarnya tidak hanya diberikan pada satu orang saja melainkan ditujukan kepada seluruh umat manusia yang mana sebagai orang percaya terlebih kita sebagai orang kristiani. Dengan menanmkan sifat spiritualitas kristiani berarti kita sudah menjalankan dari apa yang sudah diperintahkan Allah untuk kita seperti yang dituliskan di dalam Alkitab.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Kristen