Sponsors Link

5 Syarat Pernikahan di HKBP yang Benar dan Tepat

Sponsors Link

Prinsip dasar pernikahan kristen merupakan sesuatu yang penting, oleh sebab itu harus berdoa terlebih dahulu sebelum memutuskan. Demikian halnya bagi orang-orang kristen Batak yang berjemaat di HKBP. Syarat pernikahan di HKBP ini umumnya merupakan salah satu hal yang tidak banyak diketahui oleh calon pengantin. Hal ini karena minimnya informasi yang berkaitan dengan hal tersebut. Maka dari itu bagi pasangan yang ingin menikah di gereja HKBP termasuk mengikuti jalannya tata ibadah gereja HKBP, pastinya butuh untuk mengetahui lebih dahulu bagaimana syarat yang harus dipersiapkan supaya dapat melakukan pemberkatan nikah di gereja tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini beberapa syarat pernikahan di HKBP untuk informasi calon pengantin kristen.

ads

1. Beritahu Sekretariat Gereja

Yang paling pertama harus dilakukan yaitu memberi tahu pada pihak gereja bahwa hendak melakukan pernikahan di gereja tersebut. Umumnya hal ini tidak dilakukan tiba-tiba tapi sebaiknya beberapa bulan sebelumnya. Sehingga dapat dilakukan persiapan yang tepat untuk acara tersebut nantinya. Hal ini karena upacara pemberkatan pernikahan tentunya harus diatur sebaik mungkin supaya tidak menghalangi atau bentrok dengan berbagai macam aktivitas maupun kegiatan gereja yang lainnya.

2. Melakukan Perjanjian Nikah

Selanjutnya setelah itu calon pengantin harus menyediakan waktu untuk melakukan perjanjian nikah. Hal ini umumnya dilakukan 2 minggu sebelum melangsungkan pernikahan. Sebelumnya calon pengantin wajib mengisi formulir pernikahan secara lengkap sebelum melakukan janji pernikahan kristen tersebut. Sehingga dapat diperoleh keyakinan yang penuh dari kedua belah pihak, baik calon suami maupun calon istri, untuk serius melakukan upacara pernikahan dan hidup berkeluarga melalui hubungan suami istri dalam kristen sesuai kehendak Allah dalam pernikahan yang sejati.

3. Konseling Pra Nikah

Setelah melakukan janji pernikahan maka bagian utama berikutnya yang harus dilakukan yaitu menjalani konseling pra nikah. Disini kedua calon pengantin wajib untuk memberikan informasi kepada pelayan Tuhan akan seluk beluk kehidupan sebelum pernikahan nanti beserta komitmen yang harus dijalani. Oleh sebab itu sebaiknya jangan lupa cara berdoa dalam roh dengan tekun pada saat menjalani hal ini supaya dapat tetap membesarkan dan menguatkan hati untuk tetap konsisten menjalani pernikahan.

4. Lengkapi Administrasi Catatan Sipil

Berikutnya yang tidak kalah penting yaitu urusan administrasi yang akan diperlukan untuk ke catatan sipil. Hal ini meliputi berbagai macam surat dan kelengkapan yang harus diserahkan ke pihak gereja sebagai bahan untuk pencatatan pada catatan sipil nantinya. Tentunya tanpa kelengkapan syarat pernikahan kristen yang berkaitan dengan pemerintah, maka pernikahan tetap tidak dianggap sah oleh negara.

5. Persiapan Pemberkatan

Terakhir lakukan persiapan upacara pemberkatan pernikahan beberapa hari sebelumnya. Sehingga calon pengantin tidak merasa bingung pada hari pemberkatan dan memahami apa saja yang sebaiknya dilakukan.

Itulah beberapa syarat pernikahan di HKBP yang sebaiknya diikuti dengan baik bagi calon pengantin yang hendak menikah di gereja tersebut. Hendaknya jangan lupa untuk meminta tuntunan karunia Roh Kudus supaya memperoleh penyertaan dari awal hingga akhir jalannya acara. Sehingga tidak kurang suatu apapun dan memperoleh berkat pernikahan yang diharapkan dari Tuhan. Amin.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Gereja
Search
Sharing Kristen

Kebiasaan Unik Perayaan Natal Yang wajib dilakukan umat kristiani !