Tanda Yang Terjadi Pada Saat Detik Detik Kematian Yesus

√ Quality Checked Pass quality & checking

Pada saat Yesus masih ada didunia ini, banyak sekali MujizatYesus yang sering diperlihatkan. Contohnya saja dengan kesembuhan padabeberap orang yang terkena penyakit, hingga berbagai keajaiban lainnya. Akantetapi, hal tersebut sedikit berkurang karena Yesus wafat dalam keadaandisalib. Tak pelak peristiwa tersebut dikatakan sebagai Jumat Agung.

Makna Jumat Agung tersebutsering dikatakan sebagai kematian Yesus Kristus. Berbicara mengenai kematianYesus, banyak tanda-tanda unik yang terjadi selama perjalanannya. Untukmengetahui apa saja tanda-tanda tersebut saat menjelang detik-detik kematianYesus, berikut ulasannya.

1. Perempuan meminyaki Yesus dengan Parfum

Hal pertama yang terjadipada Yesus saat menjelang kematiannya adalah diberikan parfum oleh paraperempuan. Hal ini juga disebutkan pada surat Matius 26:12-13. Isi suratnyalebih kurang sebagai berikut.

“Sebab dengan cara mencurahkan minyak itu ke dalamtubuhku, dia membuat suatu persiapan untuk sebuah hiburan tersendiri. Aku punberkata padanya : Sesungguhnya di mana pun Injil ini diberitakan pada dunia, haltersbeut akan selalu diingat dan disebutkan pada Injil”.

Di dalam surat tersebuttelah dijelaskan bahwa perempuan yang memberikan parfum tersebut dilakukan agarterhindar dari para penindasan terhadap Yesus Kristus. Pada saat itu, paraMurid Yesus sedikit mengeluhkan cara perempuan itu memberikan parfum karenamenggunakan minya wangi yang cukup mahal. Namun, kata perempuan tersebut adalahdalam mengikuti jalan Tuhan, maka harus memberikan berbagai hal terbaik. Salah satunyaadalah dengan memberikan parfum yang bernilai tinggi.

2. Perjamuan Yesus dengan murid.

Tanda yang kedua adalah pada saat Yesus melakukan pertemuan dengan para muridnya. Di dalam pertemuan tersebut, Yesus mengajak para muridnya untuk makan bersama-sama. Akan tetapi pada saat itu, Yesus tidak hanya sekadar makan bersama saja. Di sana juga beliau memperingatkan kembali bahwa waktu penebusan dosa semakin dekat. Hal ini diperkuat pada Surat Matius 26:18 yang isisnya sebagai berikut:

“Yesus menjawab bahwa pergila kamu ke kota si Anu. Beliaujuga mengatakan bahwa sampaikanlah pesan guru mengenai waktunya akan segerahadir. Di dalam rumah Anu, aku ingin merayakan sebuah Paskah bersama paramuridku”.

Isi dari surat tersebutcukup jelas menggambarkan Yesus yang ingin menyampaikan sebuah kabar tentangwaktu penebusan yang hampir tiba. Oleh sebab itu, beliau juga menginginkan satupermintaan, yakni melaksanakan paskahsebelum waktunya tiba. Namun, ternyata di dalam perkumpulan makan-makantersebut, Tuhan juga memberitahukan bahwa ada dua orang yang menyangkal haritersebut, bahkan berusaha untuk menjual-Nya.

3. Peringatan dari Yesus

Tanda selanjutnya adalahsebuah peringatan dari Yesus Kristus pada murid-muridnya bahwa untuk bisa dudukbersama dengan Bapa di surga, maka murid tersebut harus bisa melayani padabeberapa orang dan bukan malah sebaliknya. Hal ini juga secara tersirat adadalam Matius 20:28.

“Tidak jauh berbeda dengan anak manusia lainnya,mereka  ada bukan untuk dilayani. Akan tetapiuntuk bisa memberikan pelayanan dan juga memberikan nyawa-Nya sebagai tebusanpada banyak orang”.

Dari isi surat di atas, kitabisa melihat bahwa untuk bisa masuk surga-Nya Bapa, maka setiap muridnya harusmemberikan pelayanan sebaik mungkin untuk manusia lainnya. Bahkan jikamemungkinkan, nyawa sekalipun bisa diberikan. Hal tersebut akan memberikannilai lebih di mata Tuhan.

4. Petrus dan Yudas melakukan pengkhianatan

Tanda yang terakhirsekaligus yang paling menyedihkan ketika menjelang kematian Yesus adalahpenangkapan dan penyalibannya. Pada saat itu, Yudas mencium Yesus dan setelahitu menjualnya pada para tentara Romawi. Bagian selanjutnya  adalah Petrus yang berkhianat dengan tidakmengenal Yesus saat ditanya oleh perempuan. Bahkan penyangkalan tersebutterjadi sampai tiga kali. Hal tersebut tertulis dalam surat Matius 26:74-75.

“Petrus mulai mengutukbahkan bersumpah bahwa dia tidak mengenali Yesus sama sekali. Di saat itu jugaAyam pun mulai berkokok. Petrus pun mulai teringat dengan perkataan Yesus bahwasaat ayam belum berkokok, dia telah menyangkalnya sampai tiga kali. Yesus punkeluar dengan sedihnya.”

Demikianlah beberapa tandayang terjadi pada detik-detik Kematian Yesus. Untuk informasi yang lebihbanyak, Anda bisa pelajari sumber lain tentang mengapaYesus disalib dengan dua penjahat, peristiwaajaib saat Yesus disalibkan, Penyaliban Yesus mendatangkankebahagiaan, dan masih banyak lagi. Semoga Anda semua diberkati.   

fbWhatsappTwitterLinkedIn