Sponsors Link

Taruk Dalam Alkitab: Arti, Makna Dan Pandangannya

Sponsors Link

Bagi orang Kristen memahami arti, makna dan pandangannya taruk dalam Alkitab bisa jadi bukan hal yang dianggap penting. Hal ini karena tidak banyak umat Kristen yang memahami hal tersebut. Apalagi di dalam Alkitab kata taruk ini tidak banyak diulang. Namun bukan berarti bahwa kata tersebut tidak memiliki makna yang penting. Tuhan selalu punya makna dalam menyatakan sesuatu. Termasuk saat memakai kata taruk di dalam firmanNya. Oleh sebab itu, memahami kata ini juga perlu dilakukan. Jangan lupa untuk waktu yang tepat untuk berdosa Kristen saat hendak membaca firman Allah. Paling tidak hal ini membantu untuk memberikan pandangan serta informasi yang lebih jelas akan firman Allah. Untuk detailnya, berikut ini beberapa penjelasan mengenai arti, makna dan pandangannya taruk dalam Alkitab.

ads

Arti  Taruk Dalam Alkitab

Adapun arti kata taruk itu sendiri tidak dijelaskan secara langsung di dalam Alkitab. Namun dengan tips rajin membaca Alkitab serta berusaha mencari tahu tentang firman Allah, maka dapat kita temukan informasi bahwa kamus Alkitab menyatakan taruk tidak ubahnya sama dengan arti kata tunas. Misalnya saja seperti yang tersirat dalam ayat berikut ini.

Yesaya 53:2 “Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya. “

Dari ayat di atas maka dapat disimpulkan bahwa taruk ini bisa berarti tunas. Dan kata tunas juga bisa berarti luas bukan hanya mengenai tunas tanaman atau benih saja. Namun lebih kepada arti tunas pilihan yang ditetapkan Allah untuk bertumbuh dan berkembang menjadi lebih baik sesuai janji yang Allah berikan. Sehingga perlu hikmat Tuhan untuk mengartikan kata tersebut sesuai dengan keinginan dan maksud Allah yang sesungguhnya. Hendaknya lakukan cara berdoa dalam roh supaya memahami dengan jelas arti kata taruk ini yang sesungguhnya sesuai firman Allah. Dengan demikian tidak salah dalam mengartikan ayat maupun kata taruk di dalam Alkitab sepenuhnya.

Makna Taruk Dalam Alkitab

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa taruk ini merupakan sama halnya dengan tunas. Adapun taruk ini memiliki makna yang baik dan lebih spesifik digunakan oleh Allah dalam Alkitab. Dalam banyak ilustrasi Alkitab maupun banyak kisah perumpamaan di Alkitab, tunas ini digambarkan sebagai sesuatu benih yang dikembangkan untuk tujuan yang baik. Demikian halnya dengan taruk yang dianggap berbuah baik. Seperti yang tertulis dalam beberapa ayat yang ada di Alkitab di bawah ini.

Roma 15:12 “Dan selanjutnya kata Yesaya: “Taruk dari pangkal Isai akan terbit, dan Ia akan bangkit untuk memerintah bangsa-bangsa, dan kepada-Nyalah bangsa-bangsa akan menaruh harapan”

Yehezkiel 17:5 “Ia mengambil sebuah dari taruk-taruk tanah itu dan menanamnya di ladang yang sudah sedia ditaburi; ia menempatkannya dekat air yang berlimpah-limpah seperti pohon gandarusa”

Dari ayat di atas, maka dikatakan bahwa taruk ini lebih kepada tunas yang baik dan diharapkan untuk bertumbuh. Sama halnya dengan umat Kristen yang Tuhan inginkan untuk selalu bertumbuh dan tidak berada pada pemikiran yang tetap dan sama. Melalui firman, maka hendaknya umat Kristen terus mengalami pertumbuhan iman dan makin memahami apa saja janji keselamatan yang diberikan Allah serta dapat mengapresiasikannya dalam hidup sehari-hari melalui contoh hidupnya pada orang lain di sekitar. Hal ini dapat membuat apa yang Allah inginkan terjadi pada diri umatNya dapat terlaksana sepenuhnya. Ketika seseorang yang awalnya masih tunas, tumbuh dan kemudian berbuah sesuai dengan kehendak Allah hingga mendapatkan hidup kekal yang disediakan Allah kelak.

Pandangan Taruk Dalam Alkitab

Taruk di dalam Alkitab ini juga memiliki pandangan yang cukup spesifik lainnya. Tidak hanya berarti tunas atau bahkan tunas unggulan, tetapi secara tidak langsung mengacu pada apa yang dipilih dan ditetapkan oleh Allah untuk menjadi sesuatu yang besar. Sehingga bisa dibilang ini adalah bagian yang terbaik yang Allah berikan. Supaya pada kenyataannya nanti dapat menjadi sesuatu hal yang membawa dan melaksanakan makna garam dan terang dunia bagi sesama yang ada di dunia. Pandangan taruk ini juga berarti bahwa Allah hanya menghasilkan sesuatu yang baik saja dan bukan yang buruk. Ingatlah bahwa rencana Allah selalu damai sejahtera dan tidak akan menimbulkan kondisi yang buruk bagi umatNya.

Yang paling penting yaitu memiliki iman bahwa apa yang Tuhan telah janjikan dan sedang dijalani merupakan hasil kasih karunia Allah sendiri. Sehingga tunas yang bertumbuh sempurna juga bukan karena semata kerja keras manusia, tetapi karena kemurahan Allah. Itulah tadi arti, makna dan pandangannya taruk dalam Alkitab. Hendaknya setelah membaca apa yang diutarakan di atas, maka umat Kristen memahami lebih jelas dan mengerti apa yang Tuhan ingin sampaikan melalui perkataan tersebut. Sehingga saat membaca firman dan menemukan kata taruk ini, tidak mengalami kebingungan atau tidak memahami apa yang menjadi maksud Allah. Dengan perantaraan tujuan karunia Roh Kudus, tentunya memahami firman Tuhan tersebut juga menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Amin.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kristen