Tips Memberi Kado Natal Untuk Sahabat

√ Quality Checked Pass quality & checking

Apa yang terlintas di pikiranmu tentang bulan Desember? Tentu saja Natal. Orang-orang mulai menjual dan membeli pernak-pernik Natal, lagu-lagu bernuansa Natal diputar di penjuru kota, serta kesibukan mempersiapkan event Natal di gereja masing-masing, menjadi tanda bahwa sebentar lagi Natal telah tiba.

Ada satu hal yang tentu saja tidak boleh kita lupakan di hari Natal, yaitu kado spesial untuk orang yang juga spesial. Mereka yang sudah mengisi hari-harimu di sebelas bulan yang telah lalu, sudahkah kalian menyiapkan kado Natal bagi mereka? Terutama mereka yang telah hadir sebagai ‘saudara tapi tak sedarah’, yang kita sebut sebagai sahabat.

Kalau belum, ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan dalam menyiapkan kado Natal untuk sahabat:

1. Pilih barang yang paling mereka sukai
Yang namanya bersahabat, sudah pasti tahu apa yang disukai oleh sahabat kalian masing-masing. Paling mudahnya kalian bisa lihat dari hobi sahabat kalian. Kalau mereka punya hobi traveling, mungkin kalian bisa menyiapkan benda-benda untuk jalan-jalan seperti tongsis, sampul paspor, sunglasses, dan lainnya.
Kalau mereka suka artis atau grup musik tertentu, lebih mudah lagi. Kalian bisa menyiapkan album, poster, atau merchandise artis tersebut sebagai hadiah.

2. Pilih barang yang mereka butuhkan
Kebanyakan orang tidak mau pusing saat memberikan kado Natal. Bagi mereka cukup membeli benda-benda berbau Natal yang sudah pasti dijual di toko-toko terdekat. Pertanyaannya, apakah benda tersebut dibutuhkan oleh si penerima?

Mulailah berpikir tentang apa yang dibutuhkan sahabatmu, yang mungkin belum sempat ia beli sendiri. Atau bahkan barang yang tanpa mereka sadari, sangat mereka butuhkan sebenarnya. Seharusnya sebagai sahabat kalian tahu harus memberi apa. Kalau masih bingung atau merasa sahabat kalian sudah memiliki semua yang mereka butuhkan, coba saja cari barang yang paling sering ia gunakan. Contohnya tumbler, buku agenda, earphone, atau peralatan make up.

3. Gunakan hobi atau talenta yang kalian punya
Ini bisa diterapkan buat kalian yang budgetnya tipis. Hadiah nggak selalu harus dibeli bukan? Buat kalian yang punya suara bagus, kalian bisa merekam suara kalian pada saat menyanyikan lagu kesukaan sahabat kalian. Rekamannya bisa kalian kirim ke sahabat kalian. Sudah pasti sahabat kalian akan sangat senang mendengar suara emasmu menyanyikan lagu kesukaannya.

Atau buat kalian yang suka foto atau bikin-bikin video. Kalian bisa kumpulkan foto-foto bersama sahabat kalian selama satu tahun ini, dan mengubahnya menjadi video. Atau buat kalian yang punya tangan kreatif, bisa deh bikin album handmade atau pernak-pernik handmade lainnya. Dijamin, sahabat kalian pasti terkesan karena menerima hadiah yang kalian buat dan usahakan sendiri.

4. Jangan lupa tulis surat
Seringkali orang lupa menulis surat saat memberikan hadiah, padahal surat bisa menjadi bagian terpenting dari kado kalian. Lagipula, surat tidak selalu harus berisi tentang kesan, pesan, atau kata-kata indah yang harus kalian rangkai sedemikian rupa. Isi dari sebuah surat bisa menyesuaikan orang yang menulis atau yang akan membaca.

Buat kalian yang tidak jago merangkai kata-kata, sekarang zaman serba canggih di mana kalian bisa menanyakan segala sesuatu lewat internet. Kalian bisa browsing contoh surat yang mungkin bisa menginspirasi kalian. Atau mudahnya, tulis saja harapan untuk sahabat kalian di tahun yang akan mendatang. Ingatkan mereka akan apa yang sudah dilewati di tahun ini, dan beri mereka semangat untuk siap menghadapi tahun yang akan datang. Selain itu mengutip beberapa ayat-ayat Alkitab tentang hari Natal juga merupakan ide yang sangat baik untuk diterapkan.

5. Sediakan waktu untuk makan dan berdoa bersama
Ini cukup penting untuk dilakukan, mengingat arti Natal yang sesungguhnya bukan hanya sekedar memberi dan menerima kado. Natal adalah hari kelahiran Sang Juru Selamat, di mana kita bisa berbagi sukacita tersebut kepada para sahabat. Terutama bagi sahabat kalian yang belum percaya. Siapa tahu kita bisa punya kesempatan untuk memberitakan Injil di hari Natal.

Ajak mereka untuk makan bersama, sharing tentang satu tahun yang sudah berlalu, dan bahas wishlist kalian di tahun yang baru. Terakhir, ajak sahabat kalian untuk berdoa bersama, atau setidaknya doakan dan berkati sahabat kalian lewat doa tersebut. Dijamin, sahabat kalian pasti akan sangat terkesan dengan apa yang kalian lakukan di moment Natal ini.

fbWhatsappTwitterLinkedIn