7 Tips Memilih Gereja Yang Tepat Untuk Diikuti Jemaat Baru

√ Quality Checked Pass quality & checking

Bagi yang hendak pindah ke gereja lain, biasanya akan berpikir apa saja tips memilih gereja yang tepat. Sebenarnya secara umum semua gereja harusnya sama apabila mengajarkan firman Allah dan kebenaran akan penyaliban Yesus. Hanya pada beberapa poin seperti aliran dan tata cara ibadah gereja pentakosta maupun gereja protestan dan katolik bisa berbeda. Jemaat juga memiliki kenyamanan tersendiri untuk memilih mana gereja yang sesuai. Oleh karena itu supaya tidak bingung berikut tips memilih gereja yang tepat dan sudah pasti tidak salah langkah.

1. Visi Misi

Pertama, sebaiknya pahami visi dan misi gereja yang hendak dipilih. Pastikan sesuai dengan visi dan misi kita. Oleh sebab itu ada baiknya manfaat berdoa bagi orang Kristen dalam memilih mana tempat kita beribadah yang tepat. Libatkan Tuhan untuk menunjukkan mana gereja yang tepat bagi kita.

2. Bertumbuh

Selanjutnya pastikan gereja yang dituju memberikan kesempatan jemaat untuk bertumbuh dan berbuah di dalam Kristus. Sehingga ada peningkatan iman dan kerohanian kita saat berpindah ke tempat yang baru. Tanpa pertumbuhan rohani maka tentu ibadah kita tidak maksimal adanya.

3. Hangat

Pastikan memilih gereja yang hangat serta mengasihi jemaat sepenuhnya. Prinsip kasih tentang Alkitab ini sangat penting dalam menyambut jemaat supaya jauh lebih nyaman untuk bergabung dan tidak merasa terasingkan.

4. Berbuah

Tips memilih gereja yang tepat selanjutnya yaitu memastikan bahwa selama berada di tempat tersebut dapat berbuah dan menghasilkan di antaranya buah-buah Roh Kudus. Hal ini cukup penting karena gereja akan menjadi gagal saat jemaatnya berhenti berbuah bagi orang lain yang ada di sekitarnya.

5. Komunitas

Tips selanjutnya yaitu pastikan untuk melakukan pengecekan apakah gereja yang dituju memiliki komunitas yang sepadan. Misalnya dengan usia yang sama antar jemaat atau kepentingan yang hampir sama seperti bisnis dan perdagangan. Lebih mudah untuk berbicara dengan komunitas yang serupa termasuk dalam memilih gereja yang tepat. Melalui kesamaan kesukaan atau kegiatan bisa membuat jemaat makin akrab satu dengan yang lain dan penuh kasih di antaranya.

6. Pelayanan

Kemudian tips yang lain yaitu melihat apa saja bentuk pelayanan yang diberikan gereja ke jemaat. Terutama jika jemaat memerlukan pelayanan khusus yang berbeda. Seperti misalnya konseling ataupun masalah yang lainnya. Dengan melihat pelayanan para anggota gereja maka makin jelas dalam menilai salah tidaknya gereja yang kita pilih.

7. Jarak

Terakhir mempertimbangkan jarak juga menjadi hal yang cukup penting. Sehingga tidak membuat kita merasa malas beribadah hanya karena jarak yang jauh dan macet. Pilih yang dekat dengan rumah sehingga tidak menyusahkan saat hendak berangkat ibadah ataupun mengikuti pertemuan gereja lain yang ada dan diminati.

Itulah beberapa tips memilih gereja yang tepat supaya tidak salah dalam memilih komunitas jemaat yang sesuai pula. Dengan berada di gereja yang sesuai dengan hati dan pikiran kita, tentu akan lebih nyaman saat menjalankan sikap-sikap liturgi bersama jemaat yang lain. Sehingga nantinya tidak ada masalah lebih lanjut dan sesuai dengan aliran gereja yang diharapkan.

fbWhatsappTwitterLinkedIn