Sponsors Link

7 Tokoh Alkitab Yang Tidak Berputus Asa Dan Patut Umat Kristiani Diteladani

Sponsors Link

Sering kali di dalam Alkitab dikisahkan kehidupan orang percaya dari berbagai jaman mulai di Perjanjian Lama hingga di Perjanjian Baru. Termasuk kisah para tokoh Alkitab yang tidak berputus asa. Ada banyak cerita positif yang ditunjukkan oleh Alkitab terutama di sisi para tokoh tersebut bergantung pada kekuatan karunia Roh Kudus dalam menjalani pergumulan mereka. Tentunya sikap ini menjadi contoh yang baik untuk umat Kristen di masa kini supaya dapat menjadi contoh perilaku sebagai terang dan garam dunia. Sehingga dapat mempermuliakan nama Tuhan sebaik mungkin.

Adapun tentunya hal ini membuat kita merasa penasaran, sebenarnya siapa saja tokoh yang telah berhasil bertahan dalam mengalami kesulitan dan pantang menyerah maupun memilih berserah pada Allah. Oleh sebab itu sebaiknya simak berikut ini beberapa tokoh Kristen yang memperjuangkan kebenaran dalam Alkitab serta tidak berputus asa dan patut untuk kita teladani dalam kehidupan kita sehari-hari.

1. Abraham

Tokoh yang satu ini pastinya banyak yang mengenali. Sebagai tokoh Alkitab yang memiliki banyak kisah di Perjanjian Lama, Abraham dikisahkan dijanjikan oleh Allah keturunan seperti bintang di langit. Namun hingga usianya lanjut hal tersebut masih belum terjadi. Namun, Abraham pantang menyerah dan tekun melakukan doa meminta keturunan di dalam Alkitab, sehingga Tuhan mengabulkan doanya dan memberinya keturunan seperti yang telah dijanjikan. Bahkan hingga saat ini keturunannya benar-benar seperti bintang di langit.

2. Daniel

Tokoh yang satu ini juga terkenal dengan kisahnya yang dilempar ke gua singa. Dalam hal ini Daniel tidak menyerah dan terus bertahan memuliakan Allah. Bahkan Daniel tidak gentar sedikit saja. Sehingga apa yang Daniel lakukan ini diperhatikan oleh Allah dan membuat Allah menyelamatkan Daniel secara terang-terangan di hadapan orang fasik. Daniel berhasil lolos dari gua singa dan berhasil membuat nama Allah dipermuliakan di depan banyak orang. Oleh sebab itu hingga saat ini kisah Daniel ini menjadi inspirasi banyak orang Kristen yang sedang mengalami pergumulan.

3. Yusuf

Siapa juga yang tidak tahu kisah Yusuf yang dibuang oleh saudara-saudaranya ke tanah Mesir. Namun demikian Yusuf tetap percaya bahwa Allah menyertai dia. Hingga bahkan saat dipenjara, Yusuf juga pantang menyerah dan tidak berputus asa. Hingga pada akhirnya karakter Yusuf dalam Alkitab ini dapat berhasil menjadi tangan kanan Firaun dan menjadi orang yang dihormati di tanah Mesir. Bahkan semua mimpinya menjadi kenyataan dan dia menjadi dihormati oleh seluruh keluarganya sekalipun.

4. Nuh

Demikian halnya Nabi Nuh yang telah sering kita dengar kisahnya di dalam Alkitab. Nabi Nuh yang mendengarkan perintah Tuhan untuk membangun bahtera pada akhirnya diselamatkan oleh Allah karena imannya tersebut. Sementara banyak orang yang mencemooh apa yang Nuh kerjakan, tetapi dia dan keluarganya tetap percaya akan perkataan dan firman Allah. Sehingga saat murka Allah tiba maka Nuh dan seisi rumahnya adalah satu-satunya umat manusia yang pada masa tersebut diselamatkan Allah dari musibah air bah.

5. Musa

Selanjutnya ada pula Musa yang pantang menyerah membawa umat Israel keluar dari tanah Mesir menuju tanah Kanaan seperti yang telah Allah janjikan. Walaupun Bangsa Israel bersungut-sungut dan selalu membangkang, tetapi Musa tidak pernah menyerah berjuang memimpin bangsa tersebut untuk memasuki tanah perjanjian yang telah diberikan Allah pada mereka. Oleh sebab itu sebaiknya kita lihat teladan serta karakter Musa dalam Alkitab ini jika kita mengalami hal atau masa yang sulit. Percaya bahwa Allah selalu menyertai umatNya kapan saja dan dimana saja.

6. Paulus

Kemudian ada pula Paulus yang di masa Perjanjian Baru pantang menyerah memberitakan firman Allah. Sekalipun ada banyak halangan dan rintangan, namun Paulus terus memberitakan firman Allah ke seluruh penjuru dunia. Ia tidak pernah menyerah walau dicemooh, ditangkap ataupun dianiaya. Keteladanan ini yang patut kita contoh, dimana Paulus berani selalu membela kebenaran yang dinyatakan dalam firman Allah dan memberitakan Injil seperti apa yang Allah inginkan dalam hidup kita umatNya.

7. Daud

Demikan juga tokoh Daud di dalam Alkitab. Siapa yang tidak ingat kisah Daud kecil melawan Goliath yang besar. Pemikiran positif Daud telah mengantarkan dia meraih kemenangan dan berhasil memuliakan nama Allah di tengah-tengah orang fasik. Dengan berhasil mengalahkan Goliath, maka hal ini menjadi bukti nyata bahwa Allah tidak pernah meninggalkan orang yang percaya kepadaNya. Namun sebaliknya, Allah akan senatiasa memberikan perlindungan pada siapa saja yang percaya serta bertahan di dalam namaNya. Oleh sebab itu contohlah karakter Daud yang pantang menyerah dan tetap berani berusaha di dalam Tuhan.

Itulah beberapa tokoh Alkitab yang tidak berputus asa dan memberikan inspirasi pada banyak orang Kristen untuk bertahan dalam kesusahan. Karena terbukti penyertaan Tuhan selalu datang bersama orang percaya. Sehingga dengan cara berdoa yang benar dan mempercayakan pada Allah, maka tentu segala sesuatu tidak ada yang tak mungkin bagi Dia. Itulah mengapa orang Kristen pantang berputus asa dan tetap berserah dalam Tuhan. Sehingga hidup orang percaya senantiasa penuh berkat dan kasih karunia Allah, amin.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kristen