Sponsors Link

10 Tokoh Kristen yang Memperjuangkan Kebenaran di Dunia

Sponsors Link

Kebenaran merupakan hal yang selalu Yesus perjuangkan selama masa pelayanannya. Perjuangannya ini menjadi keteladanan Yesus Kristus untuk kita. Setelah ia mati di salib, dikuburkan, bangkit, dan naik ke Sorga, kebenaran menjadi tugas murid-murid-Nya dan setiap orang yang mengikut Kristus. Namun, seiring berkembangnya zaman, kebenaran semakin sulit untuk diperjuangkan. Sudah terlalu banyak orang yang jatuh kepada dosa dan sulit untuk kembali kepada kebenaran.

Kita sudah sepatutnya bersyukur menjadi pribadi yang boleh mengerti tentang kebenaran berkat anugerah dari Allah. Namun, Allah tidak ingin kebenaran tersebut berhenti di kita. Ia ingin kita pun ikut memperjuangkan kebenaran. Kita dapat belajar dari beberapa tokoh Kristen yang memperjuangkan kebenaran berikut.

  • Ignatius Joseph Kasimo

Ignatius Joseph Kasimo merupakan seorang beragama Katolik yang dianugerahi gelar pahlawan nasional. Gelar ini diberikan sebagai salah satu pelaku sejaran pergerakan awal untuk kemerdekaan Indonesia oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sebagai seorang Katolik, Kasimo ikut berjuang atas nama pluralisme dan Pancasila di Indonesia. Meskipun politik dikenal sebagai bidang yang kotor, Kasimo tetap berpolitik dengan etika dan bermartabat. Ia menjadi teladan pemimpin yang jujur, berani, dan konsisten. Sepanjang hidupnya, ia berkali-kali menjadi menteri dan memegang prinsip gereja terhadap politik.

Kasimo merupakan tokoh Kristen yang memperjuangkan kebenaran mengenai golongan katolik. Berkatnya, bangsa Indonesia pun percaya bahwa golongan Katolik merupakan bagian dari bangsa Indonesia, tidak melekat pada kolonialisme. Kasimo pun pernah membela buruh pertanian yang ditindas ketika ia menjadi mandor perkebunan karet.

  • Martin Luther

Sejarah terpisahnya Katolik dan Protestan dimulai dari pergerakan Martin Luther. Ia merupakan seorang ahli teologi dan pendiri gereja Lutheran. Martin Luther dikenal memperjuangkan kebenaran agar gereja kembali mengikuti ajaran-ajaran yang tertulis dalam Alkitab. Sebagai seorang profesor, Martin Luther juga dikenal sebagai sosok yang memulai penyebaran Alkitab dengan berbagai terjemahan bahasa.

Gebrakan kebenaran paling terkenal yang Martin Luther lakukan adalah penjualan indulgensia. Indulgensia merupakan surat pengampunan dosa. Imam-imam Roma zaman dahulu menjual indulgensia untuk merenobasi Basilika St. Petrus di Roma. Mereka mengatakan bahwa ketika uang diberikan, mereka akan diampuni. Tentu hal ini tidak sesuai dengan ajaran Kitab Suci yang mengajarkan bahwa keselamatan hanya datang dari kasih Allah. Martin Luther memperjuangkan kebenaran mengenai hal ini.

  • John Wesley

John Wesley merupakan seorang teolog Inggris yang lahir dari hubungan Samuel Wesley, pendeta gereja Anglikan, dan Susanna Annesley. Meskipun ia seorang anak pendeta gereja Anglikan, tokoh Kristen yang memperjuangkan kebenaran ini dikenal sebagai seorang pendiri gereja Metodis yang memberikan cerita baru bagi sejarah gereja. Ia memperjuangkan kebenaran bahwa ada jaminan untuk setiap manusia yang sudah kembali kepada Allah mengenai keselamatan. Namun, meskipun sudah mendapatkan keselamatan, manusia tetap perlu berjuang dalam proses pengudusan sepanjang kehidupannya.

Setidaknya, melalui perjuangan kebenaran ini, Wesley memberikan tiga dasar pemikiran. Pertama, manusia perlu memiliki transformasi kehidupan bahkan setelah menerima keselamatan. Kedua, transformasi kehidupan hanya dapat dilakukan melalui anugerah Kristus. Ketiga, transformasi kehidupan menghasilkan kasih sebagai esensi kehidupan yang baru.

  • Ulrich Zwingli

Ulrich Zwingli dikenal sebagai seorang yang mendirikan Gereja Reformasi Swiss. Ulrich Zwingli mendalami agama Kristen secara terpisah dengan Martin Luther. Meskipun terpisah, ia mendapatkan kesimpulan-kesimpulan yang sama. Ia pun menjadi tokoh Kristen yang memperjuangkan kebenaran dan memberikan peninggalan reformasi gereja di Swiss.

  • John Calvin

John Calvin merupakan tokoh Kristen yang memperjuangkan kebenaran reformasi juga selain Martin Luther dan Ulrich Zwingli. Ia merupakan seorang teolog Kristen dari Prancis yang kemudian dikaitkan dengan sistem teologi Kristen Calvinisme. Teologi Kristen Calvinisme berbeda dengan Lutheran sesuai perbedaan gereja Lutheran dan Calvinis. Salah satu bentuk perjuangan kebenaran yang ia lakukan adalah menuliskan tafsiran-tefsiran dari beberapa kitab yang tertulis dalam Alkitab.

  • John Knox

Ada banyak tokoh Kristen yang memperjuangkan kebenaran reformasi Kristen. Di Skotlandia, terdapat enam tokoh reformasi dan salah satu tokoh reformasi yang dikenal adalah John Knox. John Knox merupakan salah satu murid John Calvin sehingga ikut memperjuangkan teologi Calvinisme. Secara khusus, ia berjuang tentang kebenaran bahwa kekristenan tidaklah merupakan bagian terpisah dari kemerdekaan nasional.

  • Albertus Soegijapranata

Albertus Soegijapranata merupakan seorang tokoh Kristen yang memperjuangkan kebenaran yang awalnya dikenal sebagai Soegija. Ia merupakan seorang uskup agung dari Indonesia pertama. Meskipun ia seorang Katolik, ia dikenal juga sebagai seorang yang pro-nasionalis. Soegijapranata sendiri sebenarnya berasal dari keluarga Muslim. Namun, ketertarikannya dengan agama Katolik membawanya kepada kebenaran dan kemudian dibaptis. Sikap pro-nasionalisnya membuat Soegijapranata memperjuangkan kebenaran kepada umat Katolik untuk memberikan peran gereja dalam masyarakat.

  • Romo Kurris

Romo Kurris merupakan seorang romo yang berasal dari belanda lalu dikirim ke Indonesia. Ia kemudian menjadi seorang imam di Yogyakarta.

  • Thomas dari Aquino

Thomas dari Aquino merupakan seorang tokoh Kristen yang memperjuangkan kebenaran melalui ajaran filsafatnya. Ia merupakan seorang tokoh skolastik. Melalui sistem metafisika, ia berusaha memperjuangkan kebenaran mengenai keberadaan Allah.

  • Paus Yohanes Paulus II

Paus Yohanes Paulus II memiliki nama asli Karol Jozef Wojtyla. Ia berasal dari Polandia dan kemudian menjadi Paus, Uskup Roma, dan kepala Gereja Katolik Roma. Ia pun memimpin negara Kota Vatikan. Paus Yohanes Paulus II merupakan Paus pertama yang tidak berasal dari Italia sejak Paus Adrianus VI. Ia memperjuangkan kebenaran dengan berusaha menghilangkan komunisme dan kapitalisme yang tidak terkendali. Ia pun berjuang untuk melawan aborsi.

Itulah beberapa tokoh Kristen yang memperjuangkan kebenaran. Tokoh-tokoh ini mengajarkan kepada kita bahwa kebenaran merupakan sesuatu yang perlu dan bisa kita perjuangkan. Hambatan pasti selalu datang. Tentangan selalu ada dan kita akan terus menerimanya. Namun, sebagai seorang pengikut Kristus, kita tidak seharusnya goyah terhadap hal tersebut.

Seringkali kita takut tidak memiliki orang lain yang akan menemani kita, bersama dengan kita. Namun, bukankah lebih mengerikan terpisah dari Allah dibandingkan terpisah dari manusia? Lagipula, seperti tokoh-tokoh tersebut, tidak ada seorangpun yang berjuang sendirian. Selalu ada orang lain yang Allah berikan untuk membantu kita. Kiranya segala kemuliaan bagi nama Allah. Tuhan memberkati.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kristen