Tokoh Martir Kristen Di Dunia Yang Terkenal

√ Quality Checked Pass quality & checking

Bagi sebagian orang, mungkin masih belum begitu kenal dengan istilah Martir ini. Hal tersebut masih bisa dimaklumi karena kisah seorang Martir sendiri cukup jarang dibahas. Padahal orang-orang ini juga berjasa dalam membela kebenaran serta selalu menjaga keimanannya. Jika dalam tata kebahasaan, martir adalah orang-orang yang rela mempertaruhkan nyawanya demi membela agama dan juga keimanannya.

You may even save your These solutions are extremely It might seem like the job of an expensive, professional, but it is Additionally, if you are In this manner, I will make best online paper writing services ideas about how to address those issues.

making your own study paper then you should learn exactly the same way others do. truly the least difficult kind of paper to purchase. important and are well worth the cash you cover them. money and time by performing your contrast online.

Di dalam konteks umatKristen sendiri ada beberapa tokoh Martir yang juga rela mati demi membelakebenaran Tuhan. Hal ini bisa dibaca pada kisah dalam Alkitab. Untuk mengetahuisiapa saja orang-orang tersebut, berikut ulasannya untuk Anda.

1. Habel

Martir pertama yang terkenaldan sering disebutkan dalam alkitab adalah Habel. Secara riwayatnya, Habelmeruapakan anak kedua dari pasangan Adam dan Hawa. Sedangkan anak pertamamereka adalah Kain. Secara pekerjaannya, Kain adalah seorang petani sedangkanHabel merupakan peternak kambing dan domba.

Pada suatu hari, Kain danjuga Habel memberikan persembahan kepada Tuhan. Isi persembahannya un tidakjauh-jauh dari perkerjaan mereka sendiri seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.Akan tetapi, saat persembahan itu diserahkan pada Tuhan, Dia hanya menerimapemberian dari Habel. Sedangkan persembahan milik Kain justru ditolak.

Alasan Tuhan menolakpersembahan dari Kain ternyata bukan karena isinya, melainkan isi hati dari Kainitu sendiri. Tuhan mengetahui kalau Kain memberikan persembahan hanya karenamerasa tidak berkenan saja. Persembahan milik Habel justru diterima karena diasangat tulus memberikannya pada Tuhan.

Akibat ditolakpersembahannya oleh Tuhan, Kain pun menjadi sangat iri hati pada adiknya tersebut.Sampai pada akhirnya Kain melakukan perbuatan yang termasuk dosa besar, yaknimembunuh Habel. Tuhan pun sangat murka dengan kelakuan Kain yang tetap mengelaktidak mengakui perbuatannya. Sampai Tuhan pun mengutuk dan juga menghukum Kaindengan tanah yang nantinya tidak menghasilkan buah sama sekali. Kain punmenjadi pengembara di muka Bumi.

Kisah pembunuhan yangdilakukan Kain terhadap Habel merupakan pertama kalinya yang pernah tercatatdalam Alkitab. Hal tersebut juga menandakan Habel sebagai tokoh Martir pertamayang yang ada dalam Alkitab. Untuk kisah lengkap Martir bisa dibaca padaKejadian 1: 4-16. Di dalam Matius 23:25, Tuhan pun dengan jelas menyebut Habelsebagai orang yang benar dan juga sebagai kisah pembunuhan pertama pada orang-orangbenar.

2. Ahimelekh Bin Ahitub

Tokoh Martir kedua yang jugaterkenal di dunia adalah Ahimelekh Bin Ahitub. Ahimelekh merupakan seorang imamyang ada di zaman Daud. Tugas seorang imam adalah mempersembahkan korban-korbankepada Tuhan sebagai rasa pengampunan dosa berbagai umat dan juga dosa dirinyasendiri. Tugas imam juga sering dimintai tolong untuk dapat mencari kehendakTuhan melalui batu urim dan juga batu tumim yang biasanya ada dalam baju efod. Bisadikatakan Imam merupakan penghubung antara Tuhan dan juga para umatnya.

Hal tersebut juga dikakukanoleh Ahimelekh bin Ahitub. Dia serng diminta bantuan oleh Daud yang saat itumerupakan raja Israel. Meskipun Daud telah diurapi oleh Tuhan sebagai raja,akan tetapi dia belum dapat menduduki tahta kerajaan. Hal tersebut dikarenakanSaul masih menjadi raja meskipun Tuhan menolak dia. Saul pun bahkan seringmencari Daud agar dapat membunuhnya.

Daud pun meminta pertolonganpada Ahimelekh agar bisa mendapatkan petunjuk Tuhan. Ahimelekh pun memberikanroti dan juga senjata bernama Goliat. Senjata tersebut pernah dikalahkan olehDaud. Ketika hal itu didengar oleh Saul, dia sangat marah karena Ahimelek lebihmelindungi Daud. Akhirnya Saul pun memerintahkan anak buahnya untuk membunuhAhimelekh dan juga seluruh keluarganya.

Ahimelekh pun meninggalkarena peristiwa itu. Bagi Ahimelekh, dia tahu bahwa Daud merupakan pilihanTuhan. Sehingga, dia pun tetap mempertahankan kebenarannya pada Tuhan meskipunharus mempertaruhkan nyawanya. Oleh sebab itu, Ahimelekh masuh sebagai tokohMartir Kristen yang terkenal di dunia. Anda juga bisa membaca beberapa kisahAhimelekh dalam Samuel 22:1-23.

Itulah tokoh-tokoh MartirKristen di dunia yang terkenal. Untuk Anda yang ingin mengetahui beberapa tokoh-tokoh alkitab yangbisa dijadikan teladan, Anda bisa membacanya pada sumber lain atau padaAlkitab. Anda juga bisa membaca beberapa referensi lainnya seperto tokohalkitab yang menghormati orang tua, tokoh alkitabyang bersikap adil, Tokoh Alkitab yangrendah hati, dan masih banyak lagi. Semoga Tuhan selalu memberkati Anda semua.

fbWhatsappTwitterLinkedIn