Sponsors Link

5 Tujuan Ibadah Umat Kristen Menurut Alkitab

Sponsors Link

Apakah yang terlintas di pemikiran anda ketikan mendengarkan kata ibadah? Bagi kebanyakan orang ketika mendengar kata ibadah maka mereka akan segera menghubungkannya dengan berbagai macam ritual formal dan beberapa ritual yang bersifat kaku, membosankan, dan juga sangatlah tidak menarik. Hal ini yang menyebabkan banyak keluarga, termasuk keluarga Kristen menjadi jarang atau bahkan tidak pernah ikut serta untuk melakukan ibadah Kristen di gereja atau pun di dalam keluarganya sendiri. Padahal ibadah Kristen baik di gereja atau pun di dalam keluarga adalah salah satu dari perintah Yesus Kristus sendiri. (baca juga: Karakter Kristus)

ads

Allah sangat mencintai dan menyanyangyi keluarga dan ibadah kristen adalah salah satu cara untuk memperkuat ikatan dalam keluarga tersebut. Dengan absennya ibadah Kristen dari dalam keluarga Kristen atau pun secara individu maka hal tersebut dapat menyebabkan menjadi lemahnya keluarga Kristen dan juga seorang individu tersebut dalam menghadapi serangan terhadap moral dan spiritual keluarga yang dilakukan secara terus – menerus dari pihak musuh. Anggota keluarga dapat menjadi di karena kan oleh absennya ibadah kristen sehingga tidak ada kasih Tuhan yang dapat mengikat dan mempersatukan mereka secara keluarga. Keluarga Kristen atau pun seorang individu yang tidak sering melakukan ibadah  Kristen juga dapat dengan mudah terpengaruh oleh nafsu duniawi yang dapat menggerogoti dan juga merusak kehidupan rohani mereka. Dan sebaliknya, jika sebuah keluarga Kristen atau pun seorang individu rajin untuk mengikuti ibadah Kristen maka mereka akan dapat semakin mengasihi Tuhan. (baca juga: Manfaat berdoa bagi orang Kristen)

Artikel Terkait:

Pentingkah ibadah kristen tersebut dan apa saja kah tujuan dari ibadah Kristen tersebut. Sebelum kita melihat tujuan – tujuan dari ibadah Kristen, berikut adalah kutipan Firman Allah yang di tulis di dalam kitab Mazmur pasal 19 ayat 8 sampai 10 dan yang berbunyi sebagai berikut:

Titah Tuhan itu tepat, menyukakan hati; perintah Tuhan itu murni, membuat mata bercahaya. Takut akan Tuhan itu suci, tetap ada untuk selamanya; hukum-hukum Tuhan itu benar, adil semuanya, lebih indah dari pada emas, bahkan dari pada banyak emas tua; dan lebih manis dari pada madu, bahkan dari pada madu tetesan dari sarang lebah.” (baca juga: Etika Kristen)

Berikut adalah ada beberapa tujuan-tujuan ibadah Kristen, yang biasa kita lakukan pada adanya ibadah yang sering dilakukan:

1. Untuk membuat hidup kita lebih terarah

Tujuan paling pertama dari ibadah kristen adalah untuk membuat hidup kita lebih terarah dan lebih diarahkan kepada kasih dan perintah Tuhan. Ketika kita memilki waktu khusus bersama dengan Tuhan setiap hari nya, maka hidup kita pun menjadi terlindungi dari segala macam dosa, perpecahan di antara keluarga atau sesama umat kristiani dan kita juga terlindungi dari segala macam serangan yang di lakukan oleh pihak musuh. (baca juga: Penyaliban Yesus)

2. Terikat dalam kasih Kristus

Tujuan ibadah kristen yang kedua adalah untuk menjaga persatuan di antara anggota keluarga dan sesama umat kristian yang di satu kan dan  diikat di dalam kasih Kristus. Jika ada perselisihan di antara keluarga atau pun umat kristiani maka dengan ibadah kristen, perselishan itu pun akan dapat di percepat pemulihan nya dan membawa situasi yang harmonis di dalam keluargan dan sesama umat kristani. Hal ini juga di sampaikan pada kitab Filemon pasal 1 ayat 6, yaitu, (baca juga: HAM menurut iman Kristen)

Dan aku berdoa, agar persekutuanmu di dalam iman turut mengerjakan pengetahuan akan yang baik diantara kita untuk Kristus.

Sponsors Link

3. Pertumbuhan Rohani

Tujuan ketiga dari ibadah kristen adalah untuk membuat anggota keluarga atau pun secara individu untuk bertumbuh secara rohani. Anak-anak yang di ajarkan untuk melakukan ibadah Kristen sejak dini dapat mempunyai kenangan indah dalam hal bimbingan orangtua mereka dan juga dalam hal iman dan Firman Tuhan. Anak – anak yang telah terbiasa membaca Firman Tuhan dari usia dini akan lebih mudah untuk mengembangkan kepekaan  merekah terhadap hal-hal rohani dan juga dapat mengontrol perilaku mereka ketika telah tumbuh dewasa. Selain pada anak – anak hal tersebut juga dapat terjadi pada orang dewasa. (baca juga: Perbedaan perjanjian lama dan perjanjian baru)

Artikel lainnya:

4. Tetap pada jalan kebenaran

Sponsors Link

Tujuan dari ibadah kristen selanjutnya agar membuat umat kristiani tetap pada jalan yang benar dan yang menuju kebenaran. Anak-anak yang di ajakan secara rutin tentang ibadah Kristen akan lebih mudah dan  menjadi lebih peka terhadap hal hal yang benar dan juga jalan kebenaran. Mereka dapat menjadi kritis dalam menilai segala hal yang mengenai hal -hal rohani mulai dari pengalaman mereka. Sehingga dampak dari tujuan ibadah kristen ini adalah mereka lebih dapat mudah untuk memahami tentang kebenaran dan lebih mudah bagi kita untuk mengajarkan mereka. (baca juga: Arti persepuluhan –  Poligami menurut Alkitab)

5. Persekutuan Keluarga

Tujuan terakhir dari ibadah kristen adalah untuk menjaga persekutuan di antara seluruh keluarga dan di antara umat kristian untuk membuat seluruh anggota keluarga dan seluruh umat kristiani lebih kuat dalam menghadapi tekanan hidup dan juga tekanan dari pihak musuh. Persekutuan di antara keluarga atau pun di antara umat kristian  memiliki kesempatan untuk dapat saling memperhatikan dan saling mendukung satu sama lain. Dan persekutuan ini juga dapat memberikan nilai lebih yaitu membantu kebutuhan emosi dan rohani  di dalam krisis dan di antara seluruh anggota keluarga atau pun di antara umat beriman. (baca juga: Makna pentakosta bagi orang Kristen)

Demikian lah tujuan dari ibadah kristen. Jika anda masih merasa bahwa ibadah kristen adalah hal yang membosankan semoga setelah membaca artikel ini anda menjadi lebih bersemangat untuk mengikuti ibadah kristen. Tuhan memberkati.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 26th, September 2017 / 08:49 Oleh :
Kategori : Kristen