Sponsors Link

5 Tujuan Melakukan Persepuluhan Setiap Bulan yang Paling Benar

Sponsors Link

Ketika kita ke gereja, tentu kita sadar bahwa persembahan masuk di dalam unsur-unsur liturgi gereja. Kalau kita perhatikan dengan lebih baik lagi, gereja biasanya menyediakan amplop persembahan khusus. Salah satu persembahan khusus yang ditawarkan adalah persepuluhan. Namun, apa itu persepuluhan?Arti persepuluhan merupakan persembahan yang secara khusus diberikan setiap bulannya. Persepuluhan biasanya berupa sepersepuluh dari penghasilan kita. Ketika kita mendapatkan penghasilan sejuta, maka kita akan memberikan persepuluhan sebesar seratus ribu. Namun, mengenai persepuluhan ini, banyak orang sering mengabaikannya. Banyak orang merasa memberikan persembahan setiap minggu sudahlah cukup. Berikut beberapa tujuan melakukan persepuluhan.

  • Kita melakukan persepuluhan karena perintah Tuhan

Amsal 3:9 Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu,

Sebagai seorang Kristen, kita sudah sepatutnya mematuhi segala perintah Tuhan. Dalam Alkitab, terdapat salah satu perintah Allah untuk memuliakan Tuhan dengan hasil pertama dari segala penghasilan kita. Setiap bulan kita telah diberikan penghasilan dan berkat dari Allah. Allah meminta kita mengembalikan hasil pertama dari penghasilan tersebut untuk memuliakan Allah. Hal ini merupakan sebuah perintah jadi sudah seharusnya kita mematuhinya. Namun, kita mungkin bertanya-tanya, seberapa banyak yang harus kita berikan?

Ulangan 14:22-23 “Haruslah engkau benar-benar mempersembahkan sepersepuluh dari hasil benih yang tumbuh di ladangmu, tahun demi tahun.

Allah tidak menginginkan seluruh penghasilan kita. Bagaimanapun, penggunaan uang menurut Alkitab menyatakan bahwa kita masih perlu memenuhi kebutuhan fisik di dunia ini. Oleh karena itu, Allah meminta kita merelakan sepersepuluh dari hasil penghasilan kita. Dengan sepersepuluh ini, tujuan melakukan persepuluhan adalah bentuk kepatuhan kita kepada Allah.

  • Kita melakukan persepuluhan sebagai bentuk rasa syukur

Mazmur 24:1 Tuhanlah yang empunya bumi serta segala isinya, dan dunia serta yang diam di dalamnya.

Imamat 27:30 Demikian juga segala persembahan persepuluhan dari tanah, baik dari hasil benih di tanah maupun dari buah pohon-pohonan, adalah milik TUHAN; itulah persembahan kudus bagi TUHAN.

Allah kita adalah Allah yang memberi. Segala yang kita miliki di dunia ini bukanlah milik kita sendiri, tetapi milik Allah. Allah hanya memberikan “pinjaman” kepada kita agar kita dapat memuliakan Allah melalui apa yang kita miliki. Uang yang kita terima pun juga merupakan milik Allah.  Kita sebagai orang Kristen harus mengucap syukur bahwa Allah masih mau memberikan apa yang seharusnya Ia miliki untuk kita. Oleh karena itu, tujuan melakukan persepuluhan adalah bentuk rasa syukur kita bahwa Allah sudah memberi bahkan mencukupkan kebutuhan kita.

  • Kita melakukan persepuluhan sebagai rasa hormat kita pada Allah

Maleakhi 3:8 Bolehkah manusia menipu Allah? Namun kamu menipu Aku. Tetapi kamu berkata: “Dengan cara bagaimanakah kami menipu Engkau?” Mengenai persembahan persepuluhan dan persembahan khusus!

Kita adalah manusia yang penuh dengan keterbatasan. Tentu kita tidak dapat menyaingi Allah yang begitu Maha Kuasa. Kita ingat bahwa Allah memerintahkan kita untuk memberikan persepuluhan. Alkitab menyatakan bahwa ketika kita tidak melakukan persepuluhan, kita berarti sudah menipu Allah. Kita berusaha tetap menyimpan bagian yang seharusnya kembali dimiliki Allah seakan-akan Allah tidak akan mengetahui perbuatan kita. Tentu hal ini bukanlah tindakan yang tepat karena itu berarti kita tidak menghormati kemahakuasaan Allah. Inilah yang menjadi tujuan melakukan persepuluhan, bahwa kita menunjukkan rasa hormat kita pada Allah.

  • Kita melakukan persepuluhan untuk membantu pelayan di gereja

1 Korintus 9:13 Tidak tahukah kamu, bahwa mereka yang melayani dalam tempat kudus mendapat penghidupannya dari tempat kudus itu dan bahwa mereka yang melayani mezbah, mendapat bahagian mereka dari mezbah itu?

Bilangan 18:21 Mengenai bani Lewi, sesungguhnya Aku berikan kepada mereka segala persembahan persepuluhan di antara orang Israel sebagai milik pusakanya, untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan pada Kemah Pertemuan.

Sebagai seorang Kristen, Allah rindu hidup kita menjadi berkat. Kita tentu dapat menjadi berkat melalui apapun, baik itu pekerjaan kita ataupun kehidupan kita sehari-hari. Ada beberapa orang yang dipanggil Allah untuk memberikan seluruh hidupnya untuk melayani di gereja. Ada yang menjadi pendeta atau ada yang menjadi penjaga gereja. Mereka memberikan seluruh waktunya untuk gereja, sehingga tidak memiliki sumber penghasilan di luar gereja. Namun, ada juga orang yang melayani di gereja, tetapi juga bekerja seperti penatua atau majelis.

Kita sudah sepatutnya menghargai apa yang mereka kerjakan. Mereka sudah bersedia untuk membantu kita dapat beribadah dengan nyaman. Oleh karena itu, gereja perlu membantu memberikan penghasilan kepada para pelayan ini untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Penghasilan tersebut bisa didapatkan melalui persembahan berupa persepuluhan yang diberikan sebagai salah satu tanggung jawab jemaat terhadap gereja. Terkadang gereja mengkhususkan persepuluhan untuk menjadi bagian para pelayan gereja.

  • Kita melakukan persepuluhan untuk membantu pelayanan yang gereja lakukan

Maleakhi 3:10 Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

Namun, uang yang gereja miliki tidak hanya dipakai untuk membiayai para pelayan gereja. Bagaimanapun, setiap bentuk-bentuk pelayanan di gereja yang dilakukan mulai dari ibadah, lawatan, dan lain sebagainya juga membutuhkan dana. Oleh karena itu, persembahan termasuk persepuluhan pun sering dipakai untuk membantu pelayanan yang dilakukan oleh gereja. Persepuluhan akan membantu gereja untuk dapat melakukan pelayanan yang lebih baik lagi bagi jemaat.

Itulah beberapa tujuan melakukan persepuluhan. Apapun tujuan kita melakukan persepuluhan, ingatlah bahwa kita perlu melihat kembali hati kita. Allah rindu kita memberikan persepuluhan dengan hati yang penuh ketulusan dan keikhlasan. Kita juga harus memiliki ciri-ciri rendah hati menurut Alkitab ketika kita memberikan persepuluhan. Kita sudah sepatutnya bersukacita dan bersyukur ketika memberikannya. Kita tidak perlu takut akan merasa kekurangan ketika kita sudah memberikan persepuluhan. Ingatlah bahwa Allah berkuasa untuk memenuhi segala kebutuhan kita. Kiranya segala kemuliaan Allah. Tuhan memberkati.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Hukum Kristen