Sponsors Link

8 Ukuran Pertumbuhan Rohani Dalam Karakter Iman-Nya

Sponsors Link

Pertumbuhan rohani dalam agama Kristen adalah salah satu yang paling susah untuk di hitung.  Seperti yang di kutip pada kitab Petrus pasal 3 ayat 14, umat kristen dipanggil  ”untuk berusaha supaya kedapatan tak bercacat dan tak ternoda dihadapannya, dalam perdamaian dengan Dia.” Yang di maksud dengan berusaha adalah untuk selalu waspada dan tetap memfokuskan pikiran kita kepada Yesus Kristus sebagai sang juru selamat dan Putra tunggal Allah. Pertumbuhan rohani juga dapat dilihat dari buah buah roh kudus.

ads

Pertumbuhan rohani tidak dapat di hitung secara kuantitatif, akan tetapi pertumbuhan rohani dapat dilihat dari buah – buah rohani yang ada pada diri seorang umat seiring dengan berjalannya waktu. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menjadi tolak ukur pertumbuhan rohani seseorang:

1. Kerinduan untuk mengenal Tuhan

Tolak ukur pertama pada pertumbuhan rohani adalah kerinduan yang amat sangat besar terhadap Allah dan putra tunggal-Nya Yesus Kristus. Kerinduan ini dapat di tunjukan melalui doa, membaca alkitab dan juga pelayanan.

2. Semakin sadar akan dosa

Dengan pertumbuhannya rohani seseorang dapat di ukur dengan seberapa cepat mereka sadar akan dosa mereka dan meminta pengampunan atau pun penebusan dosa tersebut terhadap Yesus Kristus.

3. Kerinduan akan firman tuhan

Dengan semakin bertumbuhnya rohani seorang umat kristiani maka mereka akan sering membaca firman tuhan. Hal ini didasarkan pada kesadaran bahwa firman Tuhan adalah perintah Tuhan.

4. Pertobatan sejati

Pertobatan sejati adalah pertobatan yang dilakukan begitu mengetahui atau pun menyadari dosa mereka. Cara bertobat orang kristen sejati mengerti bahwa kasih karunia dari Tuhan melalui kematian dan kebangkitan Yesus Kristus, Putra Tunggal-Nya bukan untuk di salah gunakan.

5. Sukacita

Pertumbuhan rohani di tandai dengan perasaan suka cita di tengah peperangan rohani. Walaupun masalah atau godaan semakin besar, seseorang dengan pertumbuhan rohani yang matang akan selalu bersuka cita terhadap Tuhan dan janji – janji- Nya.

6. Bersyukur

Selain bersuka cita, pertumbuhan rohani juga di tandai dengan rasa bersyukur pada saat di timpa masalah. Arti bersyukur dalam alkitab adalah seseorang dengan pertumbuhan rohani yang matang melihat ujian dan cobaan yang di laluinya sebagai kesempatan untuk bertumbuh dan bersyukur atas pertumbuhan tersebut, bukan untuk putus asa.

7. Pelayanan

Umat kristen yang memilki pertumbuhan rohani yang bagus juga memilki niat atau pun dorongan untuk melakukan pelayanan. Walaupun biasanya pelayanan lebih cenderung di gereja, pelayanan yang sebenarnya tidak sebatas pelayanan yang di gereja saja, melaikan juga pelayanan yang di lakukan di luar gereja, seperti keluarga, sekolah atau pun tempat kerja. Pelayanan sejati adalah seperti yang di kutip pada kitab Markus pasal 8 ayat 34 berikut:

Sponsors Link

Kemudian Yesus memanggil orang banyak yang ada di situ bersama-sama dengan pengikut-pengikut-Nya. Lalu Ia berkata kepada mereka, “Orang yang mau mengikuti Aku, harus melupakan kepentingannya sendiri, kemudian memikul salibnya, dan terus mengikuti Aku.

Pelayanan selain menjadi salah satu ukuran pertumbuhan rohani juga merupakan salah dari ciri – ciri agama kristen protestan, agama kristen katolik dan ajaran agama kristen lainnya.

8. Iman

Iman yang berdiri teguh pada janji – janji allah dan juga kepercayaan pada Yesus Kristus sebagai juru selamat umat manusia dan putra tunggal Allah adalah salah satu ukuran pertumbuhan rohani. Dasar dari iman katolik, prosten, maupun ajaran agama kristen lainnya adalah berdasarkan alkitab dan kepercayaan pada juru selamat Yesus Kristus.

Demikianlah beberapa hal yang dapat menjadi tolak ukur pertumbuhan rohani pada umat kristiani.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 27th, October 2017 / 06:14 Oleh :
Kategori : Renungan Harian